top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Tanda-Tanda Sudah Harus Ganti Oli Mobil

Diperbarui: 16 Agu 2023


ganti oli mobil
Ganti oli mobil

Tunas Friends sudah pernah ganti oli mobil? Beberapa dari kalian pasti sudah mengetahui betapa pentingnya ganti oli mobil secara rutin. Bukan tanpa alasan, oli mobil yang tidak diganti dalam jangka waktu lama, tentu akan mempengaruhi performa dan mesin mobil.


Jika Tunas Friends tidak melakukan ganti oli mobil di waktu yang seharusnya, maka mesin mobil bisa saja mengalami kerusakan dan performanya kian menurun ketika dipakai berkendara.



Tunas Friends perlu memperhatikan kondisi mobil yang setiap hari dikendarai. Semakin sering dipakai, maka mesin mobil semakin sering bekerja. Apalagi jika Tunas Friends tinggal di perkotaan yang terkenal dengan macetnya, jangka waktu ganti oli mobil juga bisa semakin cepat.


Lho, apa hubungannya? Mengapa begitu? Mari jawab pertanyaan tersebut satu persatu dalam ulasan berikut ini.



Kapan Harus Ganti Oli Mobil?

Sebenarnya, oli mobil memiliki masa bertahan yang cukup lama. Waktu yang paling ideal untuk mengganti oli adalah saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 10.000 KM dengan pemakaian normal. Atau, dalam kurun waktu 6-12 bulan, tergantung seberapa sering Tunas Friends memakainya untuk berjalan-jalan dan seberapa berat medan yang ditempuh.



Jika Tunas Friends setiap hari terbiasa melewati jalanan yang macet dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk sampai ke tempat tujuan, patokan 10.000 KM bisa berkurang menjadi 8.000 KM. Hal tersebut dikarenakan mesin terus bekerja dengan maksimal walaupun dalam keadaan berhenti (saat macet).



Selain itu, waktu penggantian oli mobil juga tergantung pada jenis oli apa yang dipakai. Apabila Tunas Friends menggunakan oli full sintetik, penggantian oli bisa di saat jarak tempuh mencapai 10.000 KM. Namun, apabila yang dipakai adalah oli dengan campuran mineral, penggantian oli hanya mencapai 5.000 KM.


Kapan Harus Ganti Oli Mobil Baru?

Sebagai tambahan, saat membeli mobil baru di dealer mobil resmi seperti Tunas Toyota, Tunas Friends akan diberikan buku manual berisi catatan tentang keadaan mobil yang baru saja dibeli.



Menyinggung pada poin sebelumnya, bahwa waktu penggantian oli tergantung pada jarak tempuh, kondisi jalan yang dilalui, dan jenis oli yang dipakai. Namun, bagi Tunas Friends yang baru membeli mobil, bacalah dengan saksama isi buku manual yang diberikan oleh dealer tersebut.


Biasanya, untuk mobil baru diwajibkan untuk mengganti oli untuk pertama kalinya apabila sudah mencapai 1.000 KM.



Selanjutnya, Tunas Friends bisa menggunakan tanggal dan kilometer tempuh sebagai patokan kapan harus mengganti oli. Jika sudah sampai pada jadwal servis (sesuai buku manual) tapi mobil Tunas Friends belum mencapai 10.000 KM, tidak ada salahnya Tunas Friends juga melakukan ganti oli mobil sekaligus.


Lebih mudahnya, terdapat beberapa hal yang menandai bahwa oli mobil harus diganti sesegera mungkin. Apa saja? Simak poin berikut ini!



Tanda-Tanda Sudah Harus Ganti Oli Mobil

Perubahan Warna pada Oli

Melihat perubahan warna oli bisa dijadikan langkah yang tepat untuk memeriksa apakah Tunas Friends perlu melakukan ganti oli mobil. Bagaimana tandanya? Jika oli sudah berubah warna menjadi hitam dan bertekstur encer, itu artinya oli sudah tidak bagus untuk dipakai dan harus segera diganti.



Memeriksa Tongkat Pengukur Oli

Kedua, memeriksa tongkat pengukur oli mesin. Sebelum memeriksanya, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan dingin. Lalu, buka kap mobil, Tunas Friends akan menemukan tongkat pengukur yang terhubung dengan tangki oli.



Tongkat pengukur ini berfungsi untuk mengetahui banyaknya sisa oli di dalam tangki. Tunas Friends bisa melihat batasnya pada tongkat pengukur setelah diangkat. Jika oli masih ada di bawah batas normal, segeralah menggantinya.



Mesin Terasa Kasar

Cara mudah lainnya yaitu apabila Tunas Friends menyadari bahwa getaran mesin mobil terasa kasar tidak seperti biasanya. Ini adalah pertanda bahwa Tunas Friends perlu ganti oli mobil.


Setelah mengganti oli, getaran mesin mobil akan terasa berbeda dan cenderung lebih mulus dibandingkan saat sebelum diganti.



Jarak Tempuh Mobil

Di awal sudah dijelaskan bahwa ideal jarak tempuh untuk mengganti oli mobil yaitu 10.000 KM dengan syarat pemakaian secara normal dan 5.000 KM untuk pemakaian tidak normal (karena macet). Supaya lebih mudah, Tunas Friends bisa menyamakan jadwal ganti oli mobil dengan jadwal servis mobil.



Kartu Pergantian Oli

Saat mengganti oli mobil di bengkel, Tunas Friends akan diberikan kartu khusus sebagai jadwal untuk mengganti oli di kurun waktu selanjutnya. Biasanya, teknisi bengkel menyarankan penggantian pada 5.000-10.000 KM.


Tapi, ini tidaklah mutlak. Ada beberapa faktor yang membuat penggantian oli jadi lebih lama yaitu oli mesin berkualitas, mobil dengan generasi baru, serta intensitas pemakaian rutin.



Tanda Peringatan Ganti Oli Menyala

Pada mobil generasi terbaru, terdapat tanda peringatan ganti oli yang biasanya muncul pada speedometer. Tanda peringatan ini akan menyala saat tekanan oli sudah dirasa cukup rendah. Jika sudah begini, Tunas Friends harus segera ke bengkel untuk mengganti oli.


Jangan sekali-kali diabaikan, sebab dampaknya bisa mempengaruhi keseluruhan mesin mobil. Bahkan, mesin mobil bisa mati mendadak dan mengalami kerusakan yang parah.



Itulah beberapa tanda yang bisa dijadikan patokan untuk mengganti oli mobil. Sebisa mungkin, gantilah oli mobil secara berkala baik #dirumahaja maupun langsung di bengkel.


Sebagai alternatif, Tunas Friends bisa memanfaatkan Tunas Home Service dari Tunas Toyota untuk mengganti oli mobil Anda #dirumahaja. Mau dapat pelayanan ganti oli mobil lebih cepat tanpa mengantri? Booking sekarang yuk!


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page