Search
  • Admin

6 Tanda Kopling Mobil Mau Habis


Clutch Disk Mobil
Clutch Disk Mobil

Kopling mobil merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk diperhatikan dalam melakukan perawatan kendaraan. Kita sering mengenal komponen ini dengan sebutan clutch disc.


Clutch disc sendiri memiliki bentuk seperti piringan dan sangat penting untuk pemindah daya mesin mobil. Kegunaan alat ini yaitu membantu kinerja mesin untuk mengirim tenaga mesin mobil ke transmisi mobil.


Clutch disc atau kampas kopling juga menjadi salah satu penunjang agar mobil dapat berjalan dengan kondisi yang nyaman dan aman untuk pengendaranya.


Tanda-Tanda Kopling Mobil Mau Habis

Sering kali kampas kopling mengalami aus hingga sampai terbakar akibat dari masalah tertentu. Contohnya kesalahan pengguna dalam menggunakan sehingga clutch disc menjadi cepat aus.


Agar tunas friends dapat mengetahui apakah clutch disc kalian sudah mau habis, dibawah akan kami bagikan 6 tanda kopling mobil mau habis untuk Tunas Friends!


Akselerasi Lemah

Tanda pertama kampas kopling mobil kalian aus atau akan habis yaitu akselerasi lemah. Biasanya pengendara dapat merasakan hal ini ketika pengendara menginjak pedal gas mobil. Saat pedal gas diinjak mobil bukannya semakin melaju tetapi malah menimbulkan suara raungan pada mesin.


Baca juga: Tips cara mengemudikan mobil manual


Akselerasi melemah ini juga bisa dikatakan sebagai kondisi macet. Kondisi yang seperti ini sangat berbahaya, mengapa? Karena dapat menimbulkan kecelakaan pada saat di jalan raya, apalagi ketika mobil sedang di posisi tanjakan.


Berbau Gosong

Bau gosong merupakan tanda yang berikutnya ketika clutch disc aus atau sudah habis. Bau gosong ini merupakan bentuk efek yang timbul akibat dari clutch disc yang sudah hangus. Maka dari itu, kampas kopling yang sudah mulai hangus akan menimbulkan bau yang dapat tercium sampai ke dalam area kabin mobil.


Gesekan dari clutch disc yang terlalu sering sehingga sampai hangus menyebabkan timbulnya bau gosong yang tercium hingga masuk ke dalam area kabin mobil. Biasanya bau gosong sering timbul pada saat pengendara menggunakan mobil pada tanjakan maupun turunan yang cukup curam.


Baca juga: Inilah alasan mengapa minyak rem perlu diganti


Putaran Pada Mesin Tinggi

Putaran mesin yang tinggi juga menjadi salah satu tanda bahwa clutch disc mobil kalian habis. Pemicu dari putaran mesin mobil yang tinggi biasanya karena akselerasi mobil lemah dan cenderung licin pada permukaan kampas.


Ketika putaran mesin berada di luar kondisi normal, suhu mesin kendaraan dapat meningkat secara drastis. Jika kondisi mobil panas, hal tersebut akan sangat mengganggu penumpang dan juga terutama si pengendara.


Pemindah Gigi Terasa Keras

Selanjutnya, tanda saat clutch disc sudah habis yaitu tuas pemindah gigi terasa menjadi lebih kaku dan keras. Hal tersebut biasanya disebabkan dari mesin transmisi gigi mobil yang berputar secara terus-menerus.


Baca juga: Yuk, kenali tanda kampas rem mobil aus


Bahkan, saat mobil dalam keadaan netral, kerasnya tuas gigi ini dapat kalian rasakan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh transmisi gigi yang sulit terhubung. Penyebab dari sulitnya transmisi terhubung dikarenakan tidak tepatnya putaran mesin gigi.


Selip Kopling

Selip kopling juga merupakan salah satu tanda kopling mobil aus atau habis. Karena akibat dari kampas yang sudah tidak bisa lagi digunakan maka kondisi ini sangat lumrah terjadi pada mobil.


Hal tersebut merupakan hal yang sangat mengganggu pengendara, apalagi untuk pengendara yang kurang familiar dengan kerusakan ringan pada mobil.


Baca juga: Seberapa bahaya nya nyetir menggunakan sandal jepit?


Jarak Injak Pedal Kopling Lebih Pendek

Tanda yang terakhir yaitu jarak injak pedal kopling lebih pendek. Tipisnya kampas kopling dapat mengakibatkan memendeknya jarak injak pedal clutch disc.


Nah! Tunas Friends, itulah 6 tanda bahwa kopling mobil mau habis. Jangan sampai mobil kalian mengalami salah satu tanda diatas ya!


Jika mobil kalian mengalami salah satu tanda di atas, segeralah membawa mobil kalian untuk service di Tunas Toyota terdekat. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat ya untuk Tunas Friends!



0 comments