top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Ketahui Apa Itu Fungsi Kopling Mobil dan Ciri-Ciri Kerusakannya


Fungsi Kopling Mobil
Fungsi Kopling Mobil

Kopling mobil merupakan sebuah komponen yang memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Secara letak, kopling berada di antara mesin dan sistem transmisi.


Kopling sendiri mempunyai beberapa komponen utama yaitu roda penerus (flywheel), pelat kopling, dan yang terakhir ada unit plat penekan.



Kopling mobil memiliki cara kerja berupa ketika kita injak pedal kopling, ujung tuas kopling tersebut akan mendorong bantalan luncur kebelakang. Setelah itu Bantalan luncur itu akan menarik pelat tekan melawan tekanan pegas atau bergerak mundur.


Ketika pelat tekan bergerak mundur, plat kopling akan terbebas dari flywheel dan perpindahan daya akan terputus. Disaat tekanan pedal kopling dilepas, pegas kopling akan mendorong pelat tekan maju dan menjepit plat kopling dengan flywheel dan terjadi perpindahan daya dari mesin ke transmisi.



Agar Tunas Friend lebih paham, kami akan jelaskan apa fungsi dari kopling. Berikut ini fungsi kopling mobil yang perlu Tunas Friend tau.


Fungsi Utama Kopling Mobil

Salah satu bagian dari kopling adalah kampas, untuk fungsi kampas kopling mobil yang pertama adalah untuk memutuskan dan menyambung tenaga mesin ke roda melalui transmisi.


Selain itu kopling pada mobil berperan untuk mengangkat engine pada saat mobil akan bergerak. Hal ini akan membuat penggerakan mobil menjadi lebih halus dan lancar saat dikendarai.



Fungsi lainnya adalah dengan adanya kopling bisa mempermudah performa kendaraan saat tunas friends memindahkan gigi mobil. Perpindahan gigi mobil ini akan menjadi lebih halus saat mobil sedang berjalan atau digunakan.


Kopling juga dapat menunjang performa kendaraan dan mesin sehingga bisa bekerja dengan maksimal dan optimal. Fungsi kopling yang terakhir ini terbilang sangat penting karena bisa membantu saat Tunas Friends melakukan pengereman secara mendadak atau darurat.



Dari fungsi kopling di atas, Tunas Friends harus memastikan komponen kopling tersebut berfungsi dengan baik sebelum gunakan. Karena jika tidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan mobil rusak ataupun mogok di tengah jalan.


Ciri-Ciri Kopling Mobil Rusak

Lalu, sebenarnya apasajakh ciri-ciri kopling mobil yang sudah mulai rusak dan perlu dilakukan pergantian? berikut ini beberapa ciri-cirinya.


Ciri – ciri kopling harus diganti pertama yaitu Apabila akselerasi mesin terasa menurun. Disaat kampas kopling habis, biasanya tenaga yang dihasilkan dari rotasi mesin menjadi tidak tersalurkan dengan baik, dan biasanya bisa membuat mesin menjadi berdecit saat gas diinjak.



Lalu, ketika melakukan perpindahan perseneling dan mulai terasa berat menjadi ciri – ciri lainnya dari pertanda bahwa kopling harus segera diganti. Karena pada dasarnya perpindahan perseneling itu mudah dan tidak terasa berat.


Selain itu, kondisi kampas kopling yang habis akan membuat mesin berputar tanpa berhenti. Hal ini membuat transmisi sulit terhubung sehingga sulit untuk memindahkan perseneling pada kendaraan mobil manual.


Tanda lainnya adalah Kopling ngelos, hal ini biasanya diakibatkan karena rusaknya pada master kopling. Jika master kopling tidak bekerja dengan baik, bisa mengakibatkan kopling yang los atau jebol. Setelah itu bisa juga dari minyak kopling yang sudah habis pada tabung.



Bagaimana, sudahkah tunas friends melakukan pengecekan dan melakukan service kopling mobil kesayangan? Apabila tunas friends merasakan ciri-ciri kerusakan atau ingin mengecek kopling, tunas friends bisa langsung mendatangi bengkel Tunas Toyota.


Untuk lebih mudah, Tunas Friend saat ini bisa melakukan booking service melalui website resmi tunas toyota. Selain lebih mudah dan cepat, tunas friends bisa juga mendapatkan kesempatan memenangkan undian berhadiah jutaan rupiah. Yuk service mobil toyota mu sekarang, klik tombol di bawah ini.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page