Search
  • Admin

Inilah Tanda Kampas Rem Mobil Aus

Updated: 5 days ago


Tanda kampas rem mobil aus
Tanda kampas rem mobil aus

Kampas rem merupakan salah satu kompenen yang penting dalam sebuah kendaraan. Peran komponen yang satu ini sangatlah penting untuk proses pengereman mobil.


Dengan fungsinya yang sangat penting itulah menjadikan bagian kampas rem ini komponen yang perlu diperhatikan kondisinya, hal ini tak terlepas juga dari jenis kampas rem yang merupakan salah satu bagian yang usia pemakaiannya singkat.


Baca juga: Harus tahu. Inilah 6 tanda kopling mobil mau habis


Dalam beberapa kasus, kampas rem yang kondisinya sudah tidak layak digunakan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan lalulintas. Utamanya diakibatkan rem blong.


Untuk itu, sebagai pemiliki mobil tunas friends perlu mengetahui mengenai tanda-tanda kampas rem yang sudah mulai aus, dan berapa lamakah usia dari kampas rem ini, untuk menjawab pertanyaan diatas, yuk simak ulasan di bawah ini.


Baca juga: Mengapa minyak rem mobil perlu diganti? Inilah jawabannya


Terdapat beberapa tanda yang dapat dirasakan ketika terjadinya kampas rem yang sudah mulai aus. Hal yang sering terasa yang pertama adalah munculnya bunyi pada saat menggunakan rem. Dan terasa adanya gesekan kasar pada bagian rem.


Kondisi dimana kemampuan cekramam rem menurun juga bisa terasa dan menjadi salah satu tanda lainnya dari kondisi kamvas rem yang mulai aus. Rem menjadi tidak terlalu optimal ketika melakukan pengereman.


Tanda lainnya yang dapat dirasakan ketika kondisi rem mobil mulai tidak layak digunakan adalah terasa getaran pada saat menginjak pedal rem, bila hal ini terjadi tentu mengemundi menjadi tidak nyaman dan bisa mengakibatkan hal yang lebih fatal salah satunya adalah rem blong.


Baca juga: Penting! inilah penyebab rem blong pada mobil


Apabila kondisi diatas sudah sangat mengganggu hal tersebut kemungkinan komponen kampas rem mobil sudah tidak layak atau aus dan pergantian kampas rem menjadi hal yang wajib bila hal tersebut sudah dirasakan.


Baca juga: Seberapa bahayanya nyetir menggunakan sandal jepit


Sekedar infromasi, penggunaan kampas rem ini biasanya akan bertahan sampai 65 ribu KM pada penggunaan normal pada mobil manual, dan pada mobil matic masa penggunaan kanpas rem ini biasanya berusia 40 ribu km.


Untuk mengentahui lebih detail mengenai usia pakai kampas rem dan kondisi kampas rem, bisa langsung ditanyakan pada bengkel toyota terdekat.


Selain itu apabila tunas friends mulai merasakan tanda-tanda diatas pada mobil toyota kesayangan, segeralah membawanya ke bengkel toyota. Untuk mempermudah proses servis, tunas friends bisa langsung mengklik tombol di bawah ini.



26 views0 comments

Recent Posts

See All