top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Inilah Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Habis, Kenali Tandanya dan segera Ganti!

Diperbarui: 2 Jun 2023


ciri kampas rem mobil habis
Kampas rem mobil

Sistem pengereman pada sebuah mobil memang menjadi hal yang sangat vital. Apabila bagian ini dibiarkan tentu akan sangat membahayakan. Salah satu bagian yang sangat penting adalah kampas rem mobil. Bagian ini perlu mendapatkan perhatian khusus terutama apabila kondisinya sudah mulai habis.



Lalu, seperti apakah ciri-ciri kampas rem mobil itu habis? dan tanda apa yang muncul ketika kampas rem mobil habis? untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan di bawah ini agar kita lebih memahami kondisi pengereman mobil.


Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Habis

Pada bagian pengereman mobil terdapat beberapa komponen, salah satu yang memiliki peran yang cukup penting adalah kampas. Komponen satu ini apabila kondisinya sudah tidak layak, akan berpengaruh pada sistem pengereman dan bila tetap dibiarkan akan memberikan dampak yang sangat berbahaya seperti rem blong.



Berikut ini beberapa tanda atau ciri ciri yang dapat kita rasakan apabila kondisi kampas rem mulai habis dan sudah tidak layak untuk digunakan.


  • Rem Tidak Pakem

Salah satu fungsi utama kampas rem ini adalah untuk menahan perputaran roda, apabila kondisi kampas rem sudah mulai habis tentu daya untuk menahan roda menjadi sangat berkurang.


Performa pengereman yang berkurang karena disebabkan kampas rem yang sudah habis inilah yang biasanya menyebabkan beberapa kecelakaan mobil terjadi. Maka dari itu, apabila kondisi pengereman terasa kurang pakem, segeralah lakukan pengecekan ke bengkel mobil terdekat


  • Muncul Suara Berdecit

Selain kondisi rem yang terasa kurang pakem, kondisi kampas yang habis juga dapat kita rasakan dari munculnya suara berdecit ketika kita sedang melakukan pengereman.



Seperti kita ketahui, salah satu bagian dari kampas rem adalah besi. Apabila bagian kampas sudah mulai menipis bahkan habis, gesekan antara besi tersebutlah yang akan menghasilkan suara berdecit pada mobil. Bila tunas friends mulai mendengar suara decitan ketika sedang melakukan pengereman, segeralah mengecek kondisi kampas rem.


  • Menekan Rem Menjadi Lebih Dalam

Ketika kondisi kampas rem sudah mulai habis, hal lain yang dapat kita rasakan adalah ketika sedang menginjak pedal rem akan terasa lebih dalam. Hal ini karena piston brake harus mendorong lebih dalam karena kondisi kampas yang habis.


Apabila kondisi kampas masih tebal, dorongan dari piston brake akan lebih sedikit karena permukaan rem sudah langsung dapat menahan perputaran roda, dan yang pada akhirnya kita tidak perlu menekan pedal rem terlalu dalam.



  • Pedal Rem Bergetar

Selain beberapa ciri di atas, pedal rem yang bergetar ketika sedang proses mengerem menjadi salah satu tanda bahwa kampas rem mobil anda sudah mulai habis. Hal ini disebabkan oleh permukaan atau ketebalan kampas yang sudah tidak merata.


Bila hal ini terus dibiarkan tentu akan sangat mempengaruhi kenyamanan ketika sedang mengendarai mobil. dan tentunya akan semakin berbahaya dan bukan tidak mungkin menyebabkan rem menjadi blong.



Itulah beberapa ciri ciri kampas rem mobil yang habis. Apabila tunas friends merasakan beberapa tanda di atas, segeralah membawa ke bengkel resmi terdekat. Apabila tunas friends memiliki mobil Toyota, bisa langsung membawa mobil toyota ke bengkel resmi kami yang tersedia di beberapa tempat.


Untuk lebih memudahkan, tunas friends bisa melakukan booking service terlebih dahulu di bengkel toyota kami dengan cara mengklik tombol di bawah ini, yuk, service mobil toyota sekarang agar kondisi mobil tetap prima ketika digunakan.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page