Search
  • Admin

Penting! Inilah Penyebab Rem Blong Pada Mobil

Updated: Jul 28


Penyebab Rem Blong
Penyebab Rem Blong

Rem Blong merupakan salah satu yang sering menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas, lalu sebenarnya apakah penyebab dari rem blong pada mobil ini? Yuk simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui penyebabnya dan agar kita bisa mengantisipasi terjadinya rem blong ini.


Apa Penyebab Rem Blong

Kondisi rem blong ini sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari kerusakan komponen hingga jarangnya melakukan perawatan pada mobil, maka dari itu melakukan servis mobil secara rutin sangatlah penting. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya rem blong pada sebuah mobil.


Masalah Pada Minyak Rem

Permasalah yang satu ini kerap menjadi permasalahan utama yang menjadi penyebab rem mobil blong. Mulai dari kualitas rem yang buruk, cairan minyak rem yang kurang, serta masalah kebocoran sering menjadi penyebab utama.


Baca juga: Inilah tanda kampas rem mobil aus


Jumlah minyak rem yang sedikit tentu akan mempengaruhi kerja dari sistem pengereman, selain itu kualitas minyak rem yang tidak bagus juga akan mempengaruhi dari kualitas pengereman, dan tidak menutup kemungkinan mengakibatkan rem menjadi blong.


Kanvas Atau Piston Rem Rusak

Setiap komponen tentu memiliki masa pakainya masing-masing, begitu pula dengan kanvas dan piston rem mobil, bila komponen yang satu ini tidak rutin dilakukan pengecekan dan dilakukan pergantian tentu bisa menjadi pemicu terjadinya rem blong.


Terlebih bagian rem merupakan komponen yang penting dalam sebuah mobil, perannya sangat penting dan juga selalu digunakan terus-menerus. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengecek bagian yang satu ini ketika melakukan perbaikan mobil.


Baca juga: Segera servis! inilah tanda busi mobil mulai rusak


Tips Mengatasi Rem Blong

Lalu bagaimana jika kita mengalami permasalahan pada rem ataupun mengalami rem blong? Berikut ini tips yang dapat dilakukan ketika terjadi rem blong pada mobil.


Hal yang pertama perlu dilakukan adalah untuk tidak terlalu panik ketika terjadi rem blong, kondisi panik tentu akan membuat situasi menjadi lebih berat dan berakibat fatal.


Setelah kondisi cukup tenang, cobalah untuk terus menginjak atau memompa pedal rem, dalam beberapa situasi hal ini dapat membantu pengereman bekerja kembali.


Baca juga: Simak inilah promo service toyota terbaru


Tidak lupa, ketika sudah merasakan rem blong segera menyalakan lampu hazard dan juga menyuarakan klakson mobil agar lingkungan sekitar mengetahui bahwa mobil anda dalam situasi darurat.


Menurunkan transmisi gigi dari tinggi kerendah secara bertahap juga dapat membantu pengurangan kecepatan dengan memanfaatkan engine brake, Selain itu menggunakan rem tangan secara perlahan juga dapat membantu mengurangi kecepatan.


Baca juga: Segera ke bengkel toyota, inilah tanda-tanda ring piston rusak


Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan apabila mengalami rem blong ketika dalam perjalanan. Tentu mencegah akan sangat lebih baik daripada menunggu kejadian yang tidak diinginkan, maka dari itu, selalu lakukan service toyota secara berkala agar kondisi rem tetap terjaga dengan baik.


Tunas Friends bisa langsung melakukan booking service via website kami agar lebih mudah dan cepat dalam melakukan servis toyota. Klik link di bawah ini untuk informasi lebih lengkap.



0 comments