Search
  • Admin

Segera Ke Bengkel Toyota! Inilah Tanda-Tanda Ring Piston Rusak

Updated: Aug 15


RIng Piston Mobil
RIng Piston Mobil

Ring piston merupakan salah satu part yang penting. Meskipun ukurannya kecil namun ring piston ini memiliki peranan yang cukup vital dalam mesin mobil. Apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan tentu akan berpengaruh kepada performa mobil.


Berikut ini adalah tanda-tanda yang muncul apabila ring piston perlu diganti ketika melakukan servis mobil.


Baca juga: Sudah tau definisi mekanik? Yuk kenali pekerjaan yang satu ini


Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Tanda yang satu ini sering sekali muncul karena diakibatkan oleh ring piston yang sudah mulai aus atau terkikis. Meskipun ring ini merupakan parts yang cukup awet, namun apabila kondisinya sudah usang perlu segera dilakukan pergantian.


Ring piston yang rusak akan membuat celah pada bagian piston dan silinder. Akibat celah inilah membuat oli masuk ke dalam ruang bakar mesin. Oli yang masuk ke ruang bakar ini mengakibatkan oli terbakar dan menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot.


Baca juga: Inilah cara merawat busi mobil agar tidak cepat rusak


Oli Mesin Menjadi Boros

Seperti penjelasan tadi, oli mesin yang masuk akibat celah yang ditimbulkan ring piston yang aus ini, lama-lama membuat volume oli menjadi semakin berkurang. Apabila dibiarkan terlalu lama dan tidak dilakukan servis tentu akan membuat oli habis dan bahkan akan merusak bagian mesin.


Selain itu apabila ring piston yang rusak tidak diganti dan dibiarkan tentu akan merusak bagian lainnya, salah satu yang juga akan terasa adalah suara mesin terasa menjadi lebih kasar ketika digunakan.


Baca juga: Servis mobil lebih mudah dengan booking servis via website tunas toyota


Suara mesin yang kasar ini tentu akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara dengan mobil tersebut.


Perlu diketahui, ring piston ini juga memiliki fungsi yang cukup penting untuk mengurangi gesekan pada dinding silinder. Dengan kualitas ring piston yang baik dan asli tentu performa mesin akan tetap terjaga dan membuat mobil semakin nyaman digunakan.


Baca juga: Inilah total biaya servis mobil toyota avanza


Itulah beberapa tanda-tanda yang muncul akibat ring piston yang mulai rusak. Apabila tunas friends menemui tanda-tanda tersebut pada mobil toyota kesayangan tunas friends semua. Segeralah bawa servis toyota mu ke bengkel toyota terdekat.


Untuk lebih mudahnya, Tunas Friends bisa melakukan booking service melalui website resmi tunas toyota. Selain menghemat waktu ketika akan servis mobil toyota, Tunas Friends juga memiliki kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah jutaan rupiah.


Baca juga: Cari bengkel toyota di tangerang? cek daftarnya disini


Klik link dibawah ini untuk informasi lebih lengkap mengenai servis mobil toyota dan juga booking service mobil toyota.


78 views0 comments