Search
  • Admin

Inilah Cara Merawat Busi Mobil agar Tidak Cepat Rusak


Merawat Busi Mobil
Merawat Busi Mobil

Busi pada mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil, karena busi memiliki fungsi untuk memberikan tenaga pada mobil. Selain itu busi juga memiliki peran penting kepada mesin mobil sebagai tempat pembakaran campuran bahan bakar dan udara didalam silinder mesin.


Ketika muncul permasalahan pada busi mobil, Tunas Friends mencoba untuk bisa membersihkan busi sebelum memutuskan untuk membeli busi baru. Apalagi harga busi cukup menguras kantong, jadi lebih baik membersihkan busi dan merawat busi dengan baik dibandingkan harus mengganti busi. Simaklah cara merawat busi mobil dibawah ini.


Periksalah Kondisi Busi Mobil

Pemeriksaan kondisi mobil menjadi langkah awal sebelum melakukan langkah-langkah berikutnya dalam proses merawat Busi mobil. Pemeriksaan kondisi busi mobil anda bisa dilakukan dua hingga tiga bulan sekali, pemeriksaan ini agar mengetahui apa yang terjadi pada busi mobil anda.


Baca juga: Kenali proses dan manfaat body repair mobil


Jika ada permasalahan atau kerusakan pada busi mobil, bisa segera melakukan pergantian pada busi mobil. Tetapi jika busi pada mobil hanya kotor, anda bisa membersihkan nya, agar proses pembakaran pada busi mobil bisa sempurna.


Identifikasi Kondisi Busi Mobil

Cara kedua merawat busi mobil yaitu dengan mengidentifikasi kondisi busi pada mobil. Hasil identifikasi biasanya menunjukan busi mobil anda rusak atau kotor.


Jika setelah di identifikasi terlihat bahwa busi mobil anda rusak, bisa melakukan penggantian busi. Sedangkan jika busi nya hanya kotor, anda bisa membersihkan busi tersebut.


Baca juga: 3 rekomendasi bengkel toyota di jakarta selatan


Membersihkan Busi Mobil yang Kotor

Untuk membersihkan busi hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bensin untuk merendam busi yang kotor, kemudian rendam lah busi selama 10 menit, hal ini dilakukan untuk meluruhkan kotoran yang ada pada busi.


Kemudian sikatlah kotoran yang menempel pada busi menggunakan sikat gigi. Jika elektrodanya masih kotor anda bisa membersihkan menggunakan amplas lalu keringkan dengan kompresor.


Baca juga: Ingin cat ulang mobil? inilah daftar bengkel cat mobil tunas toyota


Pengaturan Jarak Elektroda

Tahap keempatnya anda bisa lebih memperhatikan pengaturan jarak elektroda. Jarak elektroda ini harus diatur dengan tepat, agar percikan api yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan nya.


Jarak elektroda harus pas, jangan sampai elektroda terlalu dekat atau terlalu jauh. Hal seperti ini akan memengaruhi proses pembakaran. Jarak yang tepat untuk elektroda adalah 0,6 hingga 0,8 mm. Untuk mengatur jarak elektroda bisa menggunakan obeng minus atau besi yang pipih.


Baca juga: Total biaya servis mobil toyota avanza


Pasang Kembali Busi Mobil

Langkah yang terakhir dalam merawat busi yaitu dengan memasang kembali ke tempat semula. Cara untuk memasang busi yang baik anda bisa menggunakan tangan secara manual.


Kemudian jika businya terasa berat dan kencang baru gunakan kunci busi untuk mengencangkan nya. Pastikan busi terpasang sudah kencang, jika belum kencang hal tersebut bisa berdampak kepada kenyamanan kendaraan ketika di kemudikan.


Itulah beberapa tips untuk merawat dan memastikan kondisi busi tetap dalam kondisi yang baik. Kami lebih menyarankan Tunas Friends untuk melakukan service mobil Toyota secara berkala agar kondisi busi bisa lebih diketahui oleh ahlinya.


Baca juga: Simak! inilah promo service toyota terbaru


Dan apabila terjadi kerusakan, teknisi berpengalaman tentu mengetahui apa yang harus dilakukan dibanding melakukannya sendiri.


Untuk mengecek kondisi busi tunas friends bisa membawa mobil toyota kesayangan ke bengkel mobil toyota terdeka. Tunas Friends juga bisa melakukan booking servis via website resmi kami untuk lebih mempermudah proses servis.


Bukan hanya itu, apabila tunas friends melakukan booking servis melalui website kami, ada kesempatan memenangkan hadiah dengan totoah hadiah jutaa rupiah loh. Untuk informasi lebih lengkap silahkan klik link di bawah ini.



7 views0 comments