top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Inilah Bagian dan Fungsi Knalpot Mobil!


Bagian kenalpot Mobil
Bagian kenalpot Mobil

Mendengar knalpot tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat baik untuk orang yang menyukai otomotif ataupun tidak, jika mendengar kata knalpot yang terbayang di kepala hanya pada ujung pipa kecil yang mengeluarkan asap dan muncul dari bagian belakang mobil.


Knalpot mobil merupakan exhaust system yang terdiri dari beberapa bagian yang dirancang agar proses pembuangan gas sisa pembakaran bisa lebih lancar dan minim polusi.



Jadi intinya fungsi exhaust system ini untuk membuang gas hasil pembakaran yang terjadi dalam silinder mesin. Selain itu exhaust system ini juga memiliki fungsi dapat menjaga performa mesin dan bisa mengurangi kandungan racun yang terdapat dari gas buang.


Yuk simak artikel ini hingga selesai untuk mengenal bagian dan mengetahui fungsi knalpot mobil!


6 Komponen Knalpot Mobil

Ternyata setiap bagian dari knalpot ini memiliki bagian dan fungsinya masing-masing, loh. Lalu apa saja fungsi dari setiap bagian dan komponen-komponen apa saja yang ada pada sebuah kendaraan? Berikut ini ulasannya.



Exhaust Manifold

Komponen pertama ada exhaust manifold. Komponen pertama ini merupakan kepala knalpot yang menampung atau mengumpulkan gas sisa pembakaran dari mobil.


Setelah itu gas sisa pembakaran nya dibuang melalui sirkuit knalpot. Proses ini akan berlangsung terus menerus selama mobil masih digunakan agar bisa mengumpulkan dan membuang gas.


Exhaust Pipe

Yang kedua ada Exhaust Pipe, jadi pada komponen ini gas sisa pembakaran yang sudah dikumpulkan akan di bawa ke pipa gas buang atau yang disebut Exhaust Pipe.



Exhaust pipe ini merupakan komponen yang menghubungan Exhaust Manifold dengan komponen lain nya. Setelah itu komponen ini akan mengalirkan gas buang ke komponen selanjutnya yaitu, Catalytic Converter, yang akan menyaring gas sebelum dibuang.


Catalytic Converter

Komponen knalpot mobil ketiga ada Catalytic Converter, komponen ini merupakan komponen yang memiliki fungsi sangat penting.


Seperti yang kita semua ketahui bahwa gas yang dikeluarkan oleh kendaraan itu memiliki kandungan zat yang berbahaya.



Pentingnya Catalytic Converter ini komponen ini bisa menyaring kandungan zat berbahaya tersebut sebelum dibuang, zat berbahaya yang harus di saring oleh catalytic converter ini adalah zat Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan Nitrogen Oksida (NOx).


Zat-zat tersebut sebelum dikeluarkan harus disaring terlebih dahulu, agar tidak menjadi polusi udara dan tidak berbahaya jika dihirup oleh makhluk hidup.


Resonator

Komponen berikutnya adalah resonator, komponen ini merupakan komponen yang memiliki peran sebagai meredam suara ledakan gas yang dikeluarkan dari knalpot itu sendiri.


Biasanya suara ledakan akan lebih keras terdengar jika pedal gas ditekan lebih dalam, komponen ini juga bisa memperlancar pembuangan gas. Posisi komponen resonator ini berada pada posisi dekat dengan Catalytic Converter dan dekat dengan Muffler.



Muffler

Muffler memiliki fungsi yang sama seperti komponen yang sebelumnya yaitu Resonator, selain itu Muffler memiliki fungsi utama sebagai peredam suara ketika knalpot mengeluarkan gas buang.


Jadi karena Muffler ini knalpot tidak akan berbunyi nyaring dan tidak mengganggu pengguna kendaraan lain atau masyarakat. Bentuk dari komponen Muffler ini seperti tabung yang berukuran sangat besar, letaknya berada di belakang knalpot mobil.


Suara getaran dapat teredam karena pada bagian Muffler ini terdapat sekat dan pipa yang berliku yang menjadi jalur gas buang.


Tailpipe

Komponen terakhir ini yang disebut Tailpipe atau kadang disebut Muffler Tip merupakan bagian terakhir dalam pembuangan gas.



Fungsi Tailpipe ini untuk memberikan tampilan yang lebih keren dan modis pada mobil, sebenarnya komponen ini aksesoris pemanis. Untuk beberapa model Tailpipe ini bukan hanya untuk aksesoris tapi bisa juga menyaring gas buang.


Itulah beberapa bagian dan fungsi dari sebuah knalpot mobil. Jika pada bagian knalpot ada kerusakan tentu secara langsung maupun tidak langsung akan mengganggu performa dari mobil.



Jika terasa ada masalah pada knalpot mobil tunas friends, segeralah membawanya ke bengkel mobil terdekat. Bila tunas friends menggunakan mobil toyota bisa langsung membawanya ke bengkel resmi tunas toyota.


Mengapa bengkel resmi tunas toyota? selain pelayanan prima dan mekanik, terdapat juga promo menarik berupa undian berhadiah jutaan rupiah loh jika melakukan booking service via website tunas toyota. Ingin informasi lebih lengkap? Klik link di bawah ini yah.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page