top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Seberapa Bahaya Nyetir menggunakan Sandal Jepit?

Diperbarui: 19 Jul 2022


Bahaya nyetir menggunaka sendal
Bahaya nyetir menggunaka sendal

Sudah taukah tunas friends, di beberapa Negara ternyata terdapat larangan menyetir dengan Sandal Jepit dengan alasan dapat membahayakan keselamatan si pengendara itu sendiri.


Di Inggris contohnya, pengendara yang kedapatan menggunakan sandal jepit bakal didenda hingga 5.000 Poundsterling atau kalau dirupiahkan setara dengan 86 juta’an.



Lalu, sebenarnya seberapa bahayanya jika kita nyetir pakai sandal jepit?


Sandal jepit dapat berpotensi menyangkut di pedal dan membuat pengendara sulit bereaksi cepat saat ingin mengerem. Perpindahan kaki dari pedal gas dan rem saat menggunakan sandal jepit bisa lebih lama dua kali lipat.



Dengan sandal jepit, perpindahan kaki dari pedal gas ke rem bisa berlangsung dalam 0,04 detik sementara jika pakai sepatu hanya 0,02 detik.


Selain itu tekanan yang diberikan saat menggunakan sandal jepit juga lebih kecil, sehingga dinilai lebih membahayakan ketika harus mengerem secara dadakan.


Rem tak terinjak penuh dan mobil berpotensi menabrak. Ada beberapa syarat alas kaki yang lebih aman digunakan saat menyetir ketimbang sandal jepit.



Misalkan ketebalan sol tak lebih dari 10mm, terdapat karet dibagian bawah sehingga menghindari selip ketika menginjak pedal tak membatasi pergerakan angkel kaki, tak terlalu besar dan bentuknya juga tak saling berhimpitan ketika kedua kaki menginjak pedal.


Ternyata bahaya dan tidak disarankan ya Tunas Friends. Sebaiknya memakai alas kaki seperti sepatu jika ingin menyetir kendaraan.




0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page