Search

Tips Cara Mengemudikan Mobil Manual


Cara mengemudi mobil manual
Cara mengemudi mobil manual

Untuk mengemudikan mobil bertransmisi manual memang perlu untuk dipelajari terlebih dahulu, baru setelah itu dipraktekan secara perlahan. Mengendarai mobil bertransmisi manual memang memerlukan latihan yang cukup rutin.


Namun dengan banyaknya latihan praktik, tentu saja Tunas Friends bisa dengan mudah dan cepat mengendarai mobil bertransmisi manual. Tetapi sebelum melakukan praktik, tunas friends sudah harus memiliki pengetahuan mengenai fitur dan ilmu dalam mengemudi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan yang bisa berakibat fatal. Berikut ini Tips Cara Mengemudikan Mobil Manual.


Cara Mengemudi Mobil Manual

Dalam mengendarai mobil manual terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dan dipahami, dimulai dari pengenalan fitur-fitur mobil hingga cara pengoprasiannya. Untuk lebih lengkapnya yuk disimak cara untuk mengemudi mobil manual di bawah ini.


Baca juga: Inilah cara mengendarai mobil matic


Mengenal Fitur-Fitur

Pertama, harus mengenal seluruh fitur yang ada pada mobil tersebut. Fitur yang paling utama yang harus dikenali yaitu gas, rem dan kopling. Fitur tersebut merupakan fitur yang sangat penting dalam mengemudi mobil manual, jika kalian mengabaikannya maka bisa berakibat fatal.


Letak tuas lampu sein, klakson dan lainnya juga perlu diketahui dan dihafal karena fitur tersebut juga termasuk fitur penting dalam berkendara. Pelajari juga bagaimana cara merubah posisi persneling dari gigi 1 sampai ke gigi selanjutnya.


Mengatur Posisi Kursi Mobil

Mengatur posisi kursi mobil sampai senyaman mungkin. Beberapa orang menyepelekan hal ini, padahal hal ini merupakan salah satu hal penting agar pada saat mengemudi kita merasa nyaman.


Baca juga: Muncul suara pada ruang mesin fortuner? segera bawa ke bengkel mobil toyota


Selain itu, posisi duduk juga memiliki pengaruh terhadap posisi kaki kita untuk menyentuh pedal gas, rem dan kopling. Pastikan kaki dapat menyentuh ketiga pedal tersebut sepenuhnya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.


Maka dari itu jangan lupa untuk mengatur posisi duduk terlebih dahulu ya sebelum berkendara!


Kenali Pedal Mobil Manual

Hal ini juga merupakan salah satu hal yang paling penting dalam mengendarai mobil bertransmisi manual. Pada transmisi manual terdapat 3 pedal yang memiliki fungsi yang berbeda. Maka dari itu kenali ketiga pedal tersebut beserta fungsinya.


Baca juga: Ingin toyota fortuner lama seperti baru lagi? lakukan cat ulang mobil disini


Pedal yang terletak di paling kanan merupakan pedal gas untuk memberikan tenaga pada mobil, pedal yang ada di tengah merupakan pedal rem untuk memperlambat kecepatan mobil.


Sedangkan pedal yang berada di paling kiri merupakan pedal kopling yang memiliki fungsi untuk memutus antara perputaran roda dengan mesin. Selain itu kopling juga memiliki fungsi untuk menambah dan mengurangi gigi tanpa merusak gear pada gearbox mobil.


Cara Menghidupkan Mobil

Pada mobil bertransmisi manual, hal ini juga perlu diperhatikan yaitu memeriksa tuas persneling apakah sudah dalam posisi netral atau belum. Cara memeriksanya yaitu dengan menggerakkan ke kanan dan ke kiri tuas persneling. Jika tuas bisa digerakkan dengan bebas, maka posisi gigi pada mobil tersebut sudah netral.


Baca juga: Kenali apa itu asuransi mobil TLO


Setelah tuas persneling sudah pada posisi netral, mulailah untuk menstarter mobil sambil menginjak penuh pedal kopling. Setelah mesin mobil nyala, lepas pedal kopling. Menginjak kopling pada saat starter mobil juga merupakan sebuah cara agar mobil tidak lompat jika kalian lupa melakukan langkah yang sebelumnya.


Mulai Menjalankan Mobil

Untuk menjalankan mobil, injak kopling dengan kaki kiri dan pindahkan tuas persneling ke gigi 1. Lepaskan kopling sedikit demi sedikit sambil menginjak pedal gas sampai mobil kalian mulai terasa maju. Setelah mobil maju sedikit demi sedikit, tambahkan gas secara perlahan dan lepas kopling dengan hati-hati.


Pindahkan Transmisi ke Gigi Lebih Tinggi

Setelah melepas kopling dan menambah gas secara perlahan, mulailah memindahkan transmisi ke gigi yang lebih tinggi. Saat RPM mesin mulai tinggi (RPM Mesin normal sekitar 2.500-3.000) atau suara mesin mobil sudah terdengar kencang, itu tandanya kalian perlu untuk mengganti gigi ke yang lebih tinggi.


Baca juga: Lengkap! daftar kode plat nomor jakarta, banten dan jawa barat


Angkat kaki dari pedal gas dan injak kopling. Sebelum memindahkan tuas persneling atau mengganti gigi, pastikan kamu sudah menginjak kopling sepenuhnya agar terhindar dari gear dalam gearbox bertabrakan. Agar perpindahan gigi mulus, gas dan kopling harus diatur secara bersamaan.


Pindhakah Transmisi ke Gigi Lebih Rendah

Tips yang terakhir adalah cara menurunkan gigi yang baik dan benar. Mulailah menurunkan gigi pada saat kecepatan berkurang dan RPM mulai rendah. Disaat itulah kalian akan merasakan getaran pada mobil.


Baca juga: Kenali tanda mobil calya perlu melakukan spooring dan balancing


Untuk memulai penggantian gigi, angkat kaki dari pedal gas dan injak kopling. Agar mesin mobil tidak menggerung, kalian harus mengangkat pedal gas terlebih dahulu baru setelah itu kalian menginjak kopling.


Injak kopling dengan penuh lalu setelah itu pindahkan tuas persneling ke gigi yang lebih rendah. Setelah memindahkan tuas persneling, lepas kopling secara perlahan agar tidak terjadi hentakan dan injak lagi gas perlahan untuk mengimbangi kecepatan mobil.

40 views0 comments