Search

Lengkap! Daftar Kode Plat Nomor Jakarta, Banten dan Jawa Barat

Updated: Apr 18


Kode Plat Nomor
Kode Plat Nomor

Plat Nomor mobil merupakan suatu identitas yang diberikan pihak kepolisian untuk menandakan suatu mobil. Plat nomer ini juga tidak hanya berfungsi sebagai identitas namun merupakan tanda bahwa mobil tersebut sudah memiliki izin untuk digunakan di jalanan.


Lalu, sudah taukah tunas friend mengenai kode plat nomor kendaraan yang berada di Jakarta, Banten dan Jawa Barat? Jika belum, berikut ini adalah daftar kode plat nomor kendaraan untuk kawasan tersebut.


Kode Plat Nomor Banten

Untuk beberapa kawasan yang berada di provinsi banten kode plat nomor yang digunakan adalah A. Beberapa daerah yang menggunakan kode ini antara lain Kota Serang ,Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, dan juga Kabupaten Tangerang.


Baca juga: Cara mengurus biaya plat nomor sementara stck


Kode Plat Nomor Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi

Ibu kota Jakarta serta beberapa daerah penyangganya menggunakan kode plat nomor berupa huruf B. Beberapa daerah penyangga ibukota seperti Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi, dan juga Kota Tangerang Selatan


Kode plat Nomor Jawa Barat

Berbeda dengan banten dan JaDeTaBek, Kode plat nomor di kawasan Jawa Barat dibedakan dalam beberapa wilayah. Plat D digunakan untuk beberapa kawasan yang berada di daerah Priangan tengah yang meliputi Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.


Baca juga: Sudah tau? Inilah Kepanjangan spbu


Plat Nomor Cirebon dan sekitarnya

Untuk plat nomor yang digunakan untuk kawasan cirebon, seperti Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan juga Kabupaten Kuningan plat yang digunakan adalah E.


Plat Nomor Bogor dan sekitarnya

Plat nomor F digunakan untuk beberapa daerah di kawasan bogor dan sekitarnya, seperti Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.


Baca juga: Harga plat nomor cantik mobil


Plat Nomor Purwakarta dan sekitarnya

Sedangkan beberapa kawasan di daerah karawang menggunakan plat nomor T, beberapa wilayah yang menggunakan kode plat ini antara lain Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang.


Plat Nomor Sumedang dan sekitarnya

Yang terakhir, daerah jawa barat bagian timur seperti Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut , Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, serta Kota Banjar menggunakan kode plat nomor Z.


Baca juga: Siap mudik? inilah daftar tarif tol trans jawa 2022 terbaru


Jadi, itulah beberapa kode plat nomor yang berada di kawasan Jawa Barat. Jadi mobil tunas friends menggunakan plat nomor dengan kode yang mana nih?

40 views0 comments