top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Cara Urus dan Daftar Harga Plat Nomor Cantik Mobil

Diperbarui: 10 Jan 2023


harga plat nomor cantik mobil

Plat nomor menjadi salah satu identitas yang harus dimiliki oleh kendaraan bermotor, khususnya mobil. Tidak jarang para pengendara mengistimewakan mobil kesayangannya dengan memberinya plat nomor cantik.


Biasanya, plat mobil cantik ini bisa disesuaikan dengan keinginan sehingga serinya pun tidak monoton dan terbilang unik. Namun, Tunas Friends harus bersedia merogoh kocek yang lebih dalam demi mendapatkan plat nomor custom.


Ada beberapa tahapan untuk membuat plat nomor kendaraan, Tunas Friends harus mengikutinya dengan tertib sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.



Pada artikel kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara membuat plat nomor mobil, cara memperpanjang plat nomor, lama masa berlakunya, hingga harga plat nomor cantik mobil. Mari simak ulasannya berikut ini.




Cara Urus Plat Nomor Cantik

Pertama ketahui dulu bagaimana cara mengurusnya. Tunas Friends perlu melakukan beberapa hal, mulai dari mempersiapkan dokumen, mengisi formulir, serta melakukan pembayaran.


Siapkan Dokumen untuk Urus Plat Nomor Mobil

Sebagai pemilik kendaraan, Tunas Friends wajib mengumpulkan berkas yang berisi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), bukti pembelian kendaraan, dan dokumen lampiran dari dealer lainnya.


Datang ke SAMSAT

Setelah selesai mempersiapkan dokumen, saatnya datang langsung ke kantor SAMSAT atau loket khusus yang mengurus Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan di Gedung Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (jika di Jakarta).



Tunas Friends harus datang sendiri sebagai pemilik kendaraan, sebab dalam proses pembuatannya tidak boleh diwakilkan oleh siapa pun.


Isi Formulir Khusus Plat Nomor Cantik Mobil

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan dengan lengkap sesuai kolom yang diberikan. Perlu diingat, jenis formulir NRKB (khusus) berbeda dengan formulir TNKB (umum).


Formulir TNKB merupakan formulir umum untuk proses pengurusan plat nomor biasa, sementara formulir NRKB merupakan formulir khusus yang ditujukan untuk proses pengurusan plat nomor cantik.


Pilih Plat Nomor Kendaraan yang Diinginkan

Lalu, isi plat nomor mobil yang Tunas Friends inginkan pada formulir. Jika sudah selesai mengisinya dengan lengkap, segera serahkan formulir tersebut kepada petugas yang ada di loket.


Petugas loket akan langsung memberitahu Tunas Friends tentang kesediaan plat nomor kendaraan yang diajukan. Apabila ternyata sudah terpakai, Tunas Friends harus menuliskan pilihan alternatif lainnya.



Pembayaran dan Pemesanan Diproses

Tahapan terakhir yaitu melakukan pembayaran. Setelah membayar, plat nomor yang diajukan akan langsung diproses oleh petugas loket.


Tunas Friends akan menerima sertifikat mengenai plat nomor mobil cantik sesuai dengan yang diajukan. Sertifikat ini merupakan bukti bahwa plat dengan nomor seri tersebut sudah resmi menjadi milik Tunas Friends selama beberapa tahun ke depan.



Harga Plat Nomor Cantik Mobil

Bagaimana dengan biayanya? Berapa harga plat nomor mobil yang dibuat sesuai keinginan? Apakah murah atau lebih mahal?


Plat Nomor 1 Digit

Apabila plat hanya terdiri dari 1 digit angka tanpa tambahan huruf satupun di belakangnya, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp20 juta. Namun, jika ada tambahan huruf di belakang 1 digit angka, maka dikenakan biaya Rp15 juta.


Plat Mobil 2 Digit

Plat nomor terdiri dari 2 digit angka tanpa tambahan huruf satupun di belakangnya, akan dikenakan biaya sekitar Rp15 juta. Sedangkan apabila terdapat penambahan huruf di belakang 2 digit angka, biayanya sekitar Rp10 juta.



Plat Nomor Kendaraan 3 Digit

Jika menginginkan plat mobil dengan 3 digit angka tanpa penambahan huruf setelahnya, maka dikenakan biaya Rp10 juta. Namun, jika setelah 3 digit angka terdapat penambahan huruf, harganya hanya sekitar Rp7,5 juta.


4 Digit

Pilihan plat dengan 4 digit angka ini kurang lebih sama seperti yang dimiliki oleh sebagian besar pengendara kendaraan bermotor.


Apabila Tunas Friends tidak ingin ada tambahan huruf setelahnya, akan dikenakan biaya senilai Rp7,5 juta. Dan, jika setelah 4 digit angka terdapat tambahan huruf, harganya menjadi Rp 5 juta saja.



Masa Berlaku Plat Nomor Cantik

Lamanya masa berlaku plat atas permintaan khusus ini adalah 5 (lima) tahun. Tunas Friends perlu melakukan perpanjangan apabila masih ingin menggunakan plat nomor cantik yang sama.


Jika tidak, plat mobil dengan nomor cantik yang Tunas Friends miliki akan hangus dan tidak berlaku lagi. Solusinya hanya dua, perpanjang sebelum jatuh tempo atau membuat plat nomor baru.



Cara Perpanjang Plat Nomor Cantik

Tahapan memperpanjang plat mobil hampir sama dengan cara mengurusnya pertama kali, biayanya pun tidak jauh berbeda. Apabila Tunas Friends memutuskan untuk tidak memperpanjang, silakan menggunakan formulir TNKB biasa.


Dengan formulir umum TNKB, maka Tunas Friends tidak dapat memilih nomor sesuai dengan keinginan. Melainkan, mengikuti nomor plat yang tersedia saja.



Penyebab Plat Nomor Cantik Tidak Berlaku

Tunas Friends perlu mengetahui bahwa plat nomor mobil cantik yang Tunas Friends buat, sewaktu-waktu bisa hangus dan tidak berlaku lagi karena beberapa kondisi. Seperti, ketika melakukan perubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.


Jadi, jangan sampai lupa bahwa hal-hal tersebut bisa menghanguskan masa berlaku plat nomor kendaraan Tunas Friends. Walaupun tidak disengaja, peraturan tetaplah menjadi peraturan yang harus ditaati.



Nah, bagaimana Tunas Friends? Sudah memahami caranya mengurus plat nomor kendaraan dan mengetahui berapa harga pembuatan plat nomor mobil?


Bagi Tunas Friends yang masih mencari mobil yang tepat dengan spesifikasi dan harga yang sesuai, Tunas Friends bisa mengunjungi situs web Tunas Toyota.



Terdapat banyak pilihan produk Toyota yang akan memuaskan keinginan Tunas Friends! Jangan lupa juga cek harga mobil Toyota terbaik hanya di Tunas Toyota! Ayo, cek sekarang!

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page