top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Kupas Tuntas Perbedaan Toyota Hilux Single Cabin dan Double Cabin

Diperbarui: 23 Mar 2023


toyota hilux

Kebanyakan masyarakat memanfaatkan Toyota Hilux sebagai kendaraan komersial. Tunas Friends akan lebih mengenalnya dengan sebutan mobil pick up. Hilux 2020 memiliki dua varian model yang cukup menarik perhatian.


Dua varian tersebut adalah Hilux Single Cabin dan Hilux Double Cabin. Di dalamnya pun dicabangkan menjadi beberapa tipe mesin dan performa berbeda yang bisa Tunas Friends sesuaikan dengan kebutuhan.



Toyota Hilux Single Cabin memiliki dua pilihan bahan bakar, yaitu bensin dan diesel dengan sistem penggerak 2WD dan juga 4WD. Selain itu, hanya tersedia satu sistem transmisi yaitu transmisi manual. Tunas Friends berencana membelinya? Intip spesifikasi di bawah ini.



Sementara Toyota Hilux Double Cabin menyediakan tiga pilihan tipe, yakni tipe E, tipe G, hingga tipe V. Setiap tipenya memiliki sistem transmisi yang berbeda-beda. Pilih model Hilux Double Cabin favorit Tunas Friends di sini:



Masih belum jelas mengenai perbedaannya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk! Terdapat beberapa spesifikasi yang membuat keduanya terlihat berbeda, sehingga bisa Tunas Friends jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya.



Spesifikasi Lengkap Hilux Pick Up (2.0 L Bensin M/T)

hilux pick up

Hilux pick up dengan bahan bakar bensin ini dibekali mesin 1TR-FE 4 silinder & 16 katup berkapasitas 1.998 cc dengan teknologi DOHC Dual VVT-i, ditambah sistem transmisi manual 5-percepatan. Mampu menghasilkan tenaga hingga 133 PS dengan torsi 183 Nm.


Melihat dimensinya, mobil Hilux tipe Single Cabin dengan penggerak 2WD ini memiliki panjang 4.935 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.685 mm, serta wheelbase 2.750 mm. Sementara deck-nya berukuran panjang 1.980 mm, lebar 1.575 mm, dan tinggi 480 mm.


Kapasitas tangkinya mencapai 65 liter dengan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI). Pada keempat rodanya didukung oleh tipe 205/70 R15. Selain itu, sudah menggunakan suspensi depan Double Wishbone dan suspensi belakang Leaf Spring.



Di samping mesin dan suspensi, Hilux pick up memiliki fitur-fitur mumpuni pada interior dan eksteriornya. Hilux pick up model Single Cabin mampu menampung kapasitas hingga 2 orang dengan ukuran kabin yang cukup luas.


Terdapat fitur Power Outlet dan Power Steering, hingga Adjustable Seats yang dapat disesuaikan kenyamanannya. Tersemat pula fitur Multi Information Display (MID) yang sangat informatif dan atraktif. Lalu, indikator bahan bakar sebagai pengingat ketika berkendara.


Kursi mobil juga dirancang senyaman mungkin dengan material kain berkualitas tinggi. Kemudian, ada Bottle Holder, Cup Holder, dan Vanity Mirror untuk memudahkan aktivitas Tunas Friends di dalam kabin. Juga, memiliki fitur Adjustable Headlights pada eksteriornya.


Adapun fitur keamanan yang tersemat di dalam kabin mobil pick up bergaya trendi ini. Seperti, fitur Airbags, pengingat sabuk pengaman, pengingat pintu terbuka, crash sensor, Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD).


Remnya sudah menggunakan Ventilated Disc (bagian depan) dan Drums (bagian belakang). Sementara untuk hiburan, Tunas Friends bisa menikmati musik dari fitur Radio AM/FM dengan didukung speaker berkualitas.


Fitur keamanan tambahan lainnya yang sangat penting yaitu Engine Check Warning. Fitur ini dapat memberi tahu Tunas Friends tentang kondisi mobil saat pemeriksaan menyeluruh sebelum digunakan untuk berkendara.



Spesifikasi Lengkap Hilux Single Cabin (2.4 Diesel M/T)

hilux single cabin

Kini, mari membahas spesifikasi Hilux Single Cabin versi diesel berkapasitas 2.393 cc. Dibekali mesin 2GD-FTV 4 silinder & 16 katup dengan teknologi DOHC VNT Intercooler. Sistem transmisi mobil dengan penggerak 2WD ini pun sama yaitu manual 5-percepatan.


Tenaga diesel yang dihasilkan mencapai 148 PS dengan torsi maksimum 343 Nm. Performa yang tangguh untuk sebuah mobil pick up.


Ukuran dimensinya sama dengan model Hilux 2020 pada poin sebelumnya. Kapasitas tangkinya sama-sama mampu menampung bahan bakar hingga 65 liter, namun dengan mengusung sistem yang berbeda yaitu Common Rail Direct Injection (CRDI).


Perbedaan lainnya terletak pada fitur hiburannya, yakni pada Toyota Hilux Single Cabin versi ini memiliki tambahan soket USB yang bisa disambungkan ke gadget dan dukungan fitur Audio 2DIN.



Spesifikasi Lengkap Toyota Hilux Single Cabin (2.4 Diesel 4x4 M/T)

toyota hilux single cabin

Selain Single Cabin dengan penggerak 2WD, terdapat pula versi lainnya yang telah menggunakan sistem penggerak 4WD. Dapur pacunya sama seperti model 4x2 (2WD) yaitu didukung mesin 2GD-FTV 4 silinder & 16 katup dengan teknologi DOHC VNT Intercooler.


Sistem transmisinya juga manual, tapi dengan 6-percepatan. Tenaga diesel yang dihasilkan juga sama. Perbedaan pertama, terletak pada dimensinya. Hilux versi 4WD memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.795 mm, dan wheelbase 3.085 mm.


Tangki bahan bakarnya mampu menampung hingga 80 liter dengan sistem Common Rail Direct Injection (CRDI). Perbedaan lain terletak pada tipe ban yang digunakan yaitu 225/70 R17.


Fitur interior, eksterior, dan keamanannya masih sama dengan model 2WD. Menggunakan sistem kemudi Power dan gear Rack & Pinion yang sama. Lampu depannya pun juga sama-sama menggunakan teknologi Halogen.



Spesifikasi Lengkap Toyota Hilux Double Cabin (2.4 V Diesel 4x4 A/T)

hilux double cabin

Terakhir, mari simak spesifikasi lengkap Toyota Hilux 2020 model Double Cabin. Pada model ini, terdapat banyak perbedaan dari model-model sebelumnya. Banyak perbaikan dan perubahan yang semakin canggih.


Model Hilux 2020 yang dibahas di poin ini adalah Hilux Double Cabin bertransmisi otomatis 6-percepatan dengan tenaga penggerak 4WD. Dibekali tipe mesin yang sama yaitu 2GD-FTV 4 silinder & 16 katup dengan teknologi DOHC VNT Intercooler.


Namun, torsi maksimumnya lebih besar yaitu mencapai 400 Nm. Dimensinya pun lebih besar karena memiliki 4 (empat) pintu dengan kapasitas penumpang hingga 5 (lima) orang. Dikatakan memiliki panjang 5.325 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.815 mm.


Mobil pick up berkapasitas tangki 80 liter ini ditopang oleh velg alloy bertipe 265/65 R17, serta memiliki fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki oleh Toyota Hilux varian sebelumnya.


Seperti, fitur keamanan yang meliputi Airbags tambahan sisi samping depan, sabuk pengaman untuk belakang, Brake Assist (BA), Child Safety Locks, Traction Control, hingga Vehicle Stability Control (VSC).


Pada sisi interiornya, terdapat Headrest dan Armrest pada kursi belakang. Lalu, setir kemudinya sudah dilengkapi dengan tombol multifungsi atau disebut dengan Steering Switch. Serta, terdapat fitur Power Window di bagian belakang.


Selain antena yang dimiliki model mobil Hilux lainnya, terdapat pula fog lamp di eksterior depan dan lampu sein yang melekat di kaca spion. Juga, terdapat pijakan samping untuk memudahkan para penumpang ketika naik dan turun mobil.


Melengkapi tampilan eksteriornya, lampu depan Toyota Hilux Double Cabin model ini telah dibekali dengan teknologi LED dengan penerangan yang sangat baik untuk memudahkan Tunas Friends ketika berkendara.


Fitur yang paling spesial adalah tersematnya Head Unit dengan pemutar CD/DVD, Radio AM/FM, Speaker depan & belakang, Audio 2DIN, soket USB, serta Bluetooth. Sehingga Tunas Friends tidak akan merasa bosan saat berada di perjalanan.


Di samping itu, kursi dan setir kemudinya pun berbalut material kulit berkualitas yang nyaman. Ditambah fitur Multi Information Display (MID) yang mudah dipahami karena sangat informatif.



Harga Toyota Hilux

Berikut ini merupakan daftar harga Hilux terbaru 2020, termasuk harga Toyota Hilux Single Cabin 4x4. Simak, yuk!




Bagaimana? Berminat membelinya untuk mendukung keperluan bisnis? Segera putuskan sekarang!


Jika penjelasan di atas masih kurang, Tunas Friends bisa mengulik lebih dalam mengenai spesifikasi dan harga mobil Toyota Hilux Single Cabin dan Toyota Hilux Double Cabin di situs web Tunas Toyota!

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page