• Admin

8 Strategi Memulai Bisnis Food Truck dengan Toyota Dyna

Updated: Dec 28, 2020



Semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki ide bisnis kreatif, salah satunya adalah bisnis kuliner. Di kota-kota besar, bisnis ini sangat diminati karena dianggap menguntungkan.


Mulai dari makanan pokok, kreasi makanan lain yang unik juga kerap diperjualbelikan. Biasanya, para pebisnis ini akan memanfaatkan sarana dan prasarana yang mereka miliki sebagai media utama dalam bisnis.


Food truck, ini bisa menjadi solusi bagi pebisnis kuliner masa kini. Biasanya orang-orang menggunakan alat transportasi pribadi untuk mendukung bisnis mereka, seperti MPV, mobil van, bahkan truk Dyna.


Jangan salah, Toyota Dyna dapat difungsikan sebagai media utama dalam bisnis food truck. Selain makanan yang lezat, Tunas Friends juga perlu memperlihatkan tampilan desain menarik pada eksterior truk Dyna dengan tujuan menarik pembeli.


Bisnis kuliner dengan Toyota Dyna juga dianggap praktis dan irit. Sebab, Tunas Friends tidak perlu lagi menyewa ruko atau lokasi untuk berjualan. Tunas Friends juga bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain untuk mendapatkan pembeli yang lebih banyak.



Ini jadi kesempatan emas bagi Tunas Friends untuk mencoba bisnis yang satu ini, mengingat food truck jarang sekali dijumpai di Indonesia. Tunas Friends bisa memilih menu makanan yang unik dan belum pernah ada di Indonesia, dijamin langsung viral!


Oh iya, sebelum itu, ketahui dulu beberapa strategi untuk memulai bisnis food truck dengan Toyota Dyna yuk! Simak ulasannya berikut ini.


Baca juga: Toyota CHR Hybrid, Lebih Irit dari LCGC dan Hemat Bensin Puluhan Juta!


1. Tentukan Jenis Makanan atau Minuman yang Akan Dijual

Pertama, Tunas Friends harus menentukan menunya terlebih dahulu. Mau bagaimana pun, produk adalah hal utama yang perlu dipikirkan secara matang ketika memulai sebuah bisnis.


Berhubung ini merupakan bisnis kuliner, maka jenis makanan atau minuman lah yang menjadi hal utama. Umumnya, menu yang dijual di dalam food truck yaitu jenis makanan atau minuman siap saji yang mudah diolah, mengingat tempatnya terbatas.


Jangan sampai menyulitkan diri sendiri karena terlalu memaksakan rencana yang tidak mungkin bisa diterapkan. Pikirkan sebaik mungkin tentang ini, mana yang cocok dan mana yang terbaik.


Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Liburan Offroad Bersama Toyota Hilux


2. Gunakan Kendaraan Food Truck Terbaik, Toyota Dyna

Sumber: Otoniaga

Kedua, memilih kendaraan food truck terbaik. Bila melihat spesifikasinya, truk Dyna adalah media terbaik yang bisa Tunas Friends gunakan. Sekarang, tinggal bagaimana Tunas Friends merancangnya agar terlihat lebih menarik di mata calon pembeli.


Rencanakan desain interior dan eksterior sedetil mungkin, termasuk tata letak perabotan yang dibutuhkan. Buat daftarnya, lalu sesuaikan dengan luas kabin.


Jika Tunas Friends menggunakan Toyota Dyna, sudah pasti luas kabinnya sangat mendukung kok! Tunas Friends bisa memasukkan perabotan-perabotan penting ke dalam modifikasi truk Dyna sesuai keinginan.


Pada bagian eksteriornya, buatlah semenarik mungkin. Cari inspirasi di internet dan lihat variasi desain food truck yang unik. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan jenis makanan atau minuman yang dijual.


Jika ragu mengerjakannya sendiri, gunakan jasa ahli desain food truck yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Walaupun biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal, tapi hasilnya akan lebih memuaskan.


Baca juga: Spesifikasi dan Harga Toyota CHR, serta 5 Keunggulannya


3. Tentukan Tempat Berjualan

Ketiga, menentukan tempat atau lokasi yang tepat untuk berjualan. Dalam memilih lokasi, tidak bisa sembarangan dan asal tunjuk. Buat daftar lokasi yang kira-kira cocok, kemudian lakukan survei dan observasi ke lapangan terlebih dahulu.


Semakin strategis dan ramai, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan. Siapkan biaya lebih untuk hal-hal tidak terduga ya, Tunas Friends. Menggunakan truk Dyna untuk berjualan, bukan berarti terbebas dari biaya ‘pajak’.


Usahakan selalu bertanya sebelum mengambil keputusan. Siapa tahu lahan yang Tunas Friends pilih adalah lahan milik orang lain atau sudah ditempati oleh penjual lain. Intinya, jangan sampai terjadi perselisihan, ya!


Baca juga: Estimasi Total Biaya Servis Rutin Toyota Vios Sampai 100.000 Km


4. Jangan Lupa Siapkan Perizinan Supaya Aman

Memperjelas poin sebelumnya, Tunas Friends perlu mengurus perizinan usaha dan perizinan lokasi usaha. Bisnis food truck di Indonesia masih belum terlalu jelas, sehingga Tunas Friends perlu melakukan hal ini.


Pastikan lokasi yang Tunas Friends singgahi aman dan mendapat izin resmi dari warga setempat. Misalnya, tanyakan pada RT setempat jika lokasinya di perumahan, tanyakan pada petugas jika lokasinya di daerah mall atau perkantoran, dan berlaku seterusnya.


Baca juga: Review dan Harga Toyota Corolla Cross Hybrid, Mobil Hybrid Termurah Toyota


5. Tentukan Supplier Terpercaya

Strategi selanjutnya adalah mencari pemasok bahan yang terpercaya. Ketika akan berbisnis kuliner, sangat penting untuk menentukan supplier mana yang akan Tunas Friends pilih. Carilah supplier yang menyediakan bahan-bahan berkualitas dengan harga terjangkau.


Semakin murah, maka semakin menguntungkan. Tapi, jangan sampai tergiur harga yang murah, padahal kualitasnya nol. Hal ini dapat mempengaruhi cita rasa makanan atau minuman yang Tunas Friends jajakan ke masyarakat.


Jika hasilnya tidak enak, siapa yang mau beli? Bukannya untung, malah buntung. Jangan sampai tertipu ya, Tunas Friends! Pilih supplier yang tepat untuk menunjang kualitas makanan dan minuman yang Tunas Friends jual ke pelanggan.


Baca juga: 11 Kelebihan Toyota Sienta yang Tidak Dimiliki Pesaingnya


6. Promosikan Lewat Media Sosial

Strategi keenam, melakukan teknik pemasaran melalui media sosial. Peran media sosial sangatlah besar dalam menunjang bisnis. Sebab, zaman sekarang, masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan media sosial sebagai sumber informasi.


Bisnis food truck Tunas Friends bisa cepat tersebar dan akhirnya diketahui oleh banyak orang. Selain mudah, promosi di media sosial tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis. Kecuali, Tunas Friends menggunakan layanan ads, paid promote, atau endorsement.


Baca juga: Perbedaan Toyota Corolla Cross Bensin dan Hybrid


7. Pastikan Pengolahan dan Penyimpanan Makanan Mudah Dilakukan

Salah satu tips yang bisa Tunas Friends terapkan ketika akan memulai bisnis food truck yaitu memilih menu makanan atau minuman dengan pengolahan yang mudah dilakukan. Ini dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana.


Walaupun kabin Toyota Dyna sangat luas dan mampu menampung berbagai perabotan, kegiatan memasak dan berjualan di dalam sebuah truk juga membutuhkan effort yang besar. Selain proses pengolahan, kapasitas penyimpanannya pun terbatas.


Oleh karena itu, pilihlah menu sederhana yang unik dan disukai banyak orang, serta tidak membutuhkan waktu penyajian yang lama. Ini akan memudahkan Tunas Friends dan para pegawai lainnya.


Baca juga: Perubahan Toyota Supra Terbaru dengan Pendahulunya MK4


8. Join dengan Grup Food Truck Lainnya

Strategi terakhir adalah bergabung dengan komunitas food truck. Ini bisa menjadi salah satu cara bagi Tunas Friends yang baru memulai bisnis food truck.


Adanya komunitas ini, Tunas Friends akan cepat mengetahui kabar terbaru mengenai bisnis food truck hingga penyelenggaraan acara festival yang akan berlangsung. Dengan begitu, Tunas Friends bisa ikut berpartisipasi bersama dengan pebisnis food truck lainnya.


Pada akhirnya, bisnis food truck yang Tunas Friends jalani bisa lebih berkembang dan dikenal masyarakat di seluruh Indonesia.


Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser, dari Mobil Militer hingga Mobil Presiden


Spesifikasi Truk Dyna


Kini, mari lihat spesifikasi singkatnya. Truk Dyna telah dibekali mesin khusus W04D-TP M153 (5 percepatan manual) pada tipe 110 dan W04D-TR M550 (5 percepatan manual) pada tipe 130.


Dipadu dengan teknologi Turbocharger with Intercooler berkapasitas 4.009 cc yang membuat performanya lebih andal dan bertenaga optimal, serta membuat konsumsi bahan bakar semakin efisien.


Tenaga yang dihasilkan oleh tipe 110 yaitu sebesar 110 PS per 2.800 RPM dengan torsi 29 Kgm per 1.800 RPM. Sementara tipe 130 mampu menghasilkan tenaga sebesar 130 PS per 2.700 RPM dengan torsi 38 Kgm per 1.800 RPM.


Dilengkapi pula dengan sistem Direct Injection pada bahan bakar diesel yang berkapasitas 100 liter. Juga, memiliki sasis yang kuat dengan inner frame dan suspensi yang tangguh sehingga mampu menopang beban yang sangat berat.


Menilik ukurannya, Toyota Dyna memiliki berbagai variasi truk Dyna 130 HT dengan dimensi yang berbeda-beda. Namun, dapat dipastikan bahwa truk Dyna ini mampu menampung banyak perabotan dan mampu menopang beban hingga 7.500 kg.


Maka dari itu, truk atau mobil besar ini sangat cocok dijadikan transportasi bisnis kuliner food truck. Modalnya juga tidak terlalu besar dibandingkan menyewa ruko. Persiapannya pun sangat mudah, Tunas Friends!


Baca juga: Ide Modifikasi Toyota 86 Seperti AE-86 Anime Initial D


Harga Toyota Dyna


Perhatikan daftar tabel harga Toyota Dyna (OTR DKI Jakarta, Desember 2020) dari Tunas Toyota berikut ini. Apakah sesuai dengan budget yang Tunas Friends miliki?



Baca juga: 5 Ide Bisnis dengan Toyota Hiace Premio


Bagaimana? Berminat untuk membelinya dan menjadikannya food truck? Jika Tunas Friends masih perlu mengetahui tentang spesifikasi dan harga Toyota Dyna secara lengkap, kunjungi situs web Tunas Toyota! Atau, klik di sini untuk melihat produk-produk Toyota lainnya!

13 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company