• Admin

Perubahan Toyota Supra Terbaru dengan Pendahulunya MK4

Updated: Dec 21, 2020



Toyota Supra merupakan mobil berjenis coupe sporty yang menjadi incaran masyarakat untuk memenuhi hasrat berkendara dalam kecepatan. Dari waktu ke waktu, Toyota Supra mengalami beberapa perubahan fitur interior dan eksterior.


Pada tahun 2019, Toyota Supra mulai mengubah dirinya dengan mengusung konsep desain dari FT-1, bukan MK4. Perubahan terbarunya ini diharapkan bisa menjadi daya tarik utama yang membuat masyarakat semakin jatuh cinta dengan Supra Toyota.


Tidak hanya desainnya, fitur Supra 2020 pun kian berubah menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Begitu pula dengan performanya yang semakin lama semakin patut diacungi jempol.


Tunas Friends penasaran dengan spesifikasinya? Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai perubahan-perubahan spesifikasi mesin dan juga fitur dari Toyota GR Supra. Jika sudah yakin untuk membelinya, Tunas Friends bisa klik tombol di bawah ini ya!



Sekarang, mari simak artikel ini sampai habis supaya Tunas Friends tidak penasaran lagi tentang perubahan mobil Supra versi terbaru dengan versi MK4.


Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser, dari Mobil Militer hingga Mobil Presiden


Sejarah Toyota Supra

Sumber: Wikipedia

Mobil Supra generasi pertama diluncurkan dan diperkenalkan pada tahun 1978, sementara generasi kedua di tahun 1981, generasi ketiga di tahun 1986, dan generasi keempat di tahun 1993.


Kemudian, Toyota menghadirkan divisi sport internal yaitu Gazoo Racing. Mulai saat itu, Supra Toyota mengembangkan dirinya kembali atas kerja sama dengan BMW untuk bagian mekaniknya.


“Kini kita bawa untuk dinikmati konsumen Indonesia. Di sisi lain, kami ingin menunjukkan perkembangan Toyota sport semakin baik dan menghadirkan produk fun to drive,” kata Kazuki Minamide, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Toyota GR Supra yang hadir di Indonesia ini sudah sempat menjejakkan diri di berbagai sirkuit di dunia, seperti Nurburgring dan Miramas, hingga pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.


Tiga komponen yang membuat Toyota Supra dianggap sebagai mobil sport terbaik di kelasnya, yaitu wheel thread, wheelbase (jarak sumbu roda), dan titik pusat gravitasi.


Baca juga: Ide Modifikasi Toyota 86 Seperti AE-86 Anime Initial D


Perubahan Eksterior Mobil Supra


Mulai dari bagian depan, Supra 2020 memiliki tampilan ‘hidung’ yang runcing dan terlihat agresif. Perbedaan utamanya terdapat pada grille ekstra yang ada di bawahnya.


Dengan tampilan barunya sekarang, Supra Toyota terlihat lebih garang dengan tatapan headlamp yang menyipit tajam. Lalu, diffuser depan dengan serat karbon dibuat lebih rendah dan juga atap gelembung ganda yang dimilikinya.


Sementara pada bagian belakang, alih-alih menjadikan pendahulunya (MK4) sebagai sumber inspirasi, Toyota Supra mengusung konsep mirip FT-1 dengan pengurangan desain ‘sayap’ di kedua sisinya.


Menggunakan bentuk spoiler yang tajam dan lampu belakang LED, serta terdapat fitur lampu rem bawah yang dipasang di tengah-tengah.


Mobil ini memiliki panjang sumbu roda 2.470 mm. Pusat gravitasinya pun diletakkan lebih rendah agar tetap stabil saat berkendara, terutama ketika berada di tikungan.


Distribusi beban juga dibuat 50 di depan dan 50 di belakang. Konsep ini dibuat dengan tujuan untuk membuat bodi Toyota GR Supra terlihat menempel dengan aspal. Keren ya, Tunas Friends!


Baca juga: 5 Ide Bisnis dengan Toyota Hiace Premio


Perubahan Interior Toyota GR Supra


Selain eksteriornya, interior mobil Supra juga turut mengesankan. Dibandingkan dengan pendahulunya, interior Supra 2020 tampil lebih minimalis.


Walaupun begitu, antara MK4 dan Toyota Supra Indonesia generasi terbaru 2020 masih terdapat kesamaan yaitu setir kemudi tiga spoke yang digunakan. Namun, tampilannya tetap memiliki kesan modern, sama sekali tidak kuno.


Terdapat fitur yang paling menarik pada interiornya, yakni sistem infotainment. Dengan menggunakan gaya pengontrol iDrive. Tentu saja, fitur ini jauh berbeda dari Toyota Supra yang dulu.


Panel instrumen digital telah terintegrasi dengan sangat baik, sehingga dapat mendukung performa kenyamanan para penggunanya.


Terlebih lagi, ruang kabinnya yang terasa nyaman dengan kursi mobil yang terbuat dari material kulit warna hitam dengan potongan serat karbon. Kualitasnya cukup mumpuni untuk seukuran mobil balap.


Itulah mengapa, Supra Toyota bisa dimanfaatkan sebagai mobil pribadi yang akan menemani Tunas Friends kemana pun.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Camry Hybrid, Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga


Perubahan Mesin


Toyota Supra 2020 dilengkapi dengan mesin Turbocharged 6 silinder inline berkapasitas 3.0 liter yang dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatan.


Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghasilkan 335 tenaga kuda dengan torsi maksimum 500 Kgm. Memiliki kecepatan tertinggi hingga 155 mil per jam.


Bisa dikatakan Supra 2020 mengalami perubahan menjadi lebih baik dan lebih cepat daripada versi MK4. Di mana Supra MK4 hanya dapat melaju sampai 96 km per jam dalam waktu 4,9 detik, dengan kecepatan tertinggi sekitar 180 mph.


Di samping itu, model Toyota GR Supra ini hadir dengan fitur Limited Slip Differential (LSD) yang membuat tenaga mesin tidak terbuang secara percuma dan sia-sia. Tunas Friends bisa memilih mode berkendara sesuai kebutuhan, yakni Normal atau Sport.


Baca juga: 6 Kelebihan Toyota Corolla Altis Hybrid, Sedan Hybrid Termurah Toyota


Harga Toyota Supra

Setelah membahas spesifikasi singkatnya, ini saatnya membahas harga Toyota Supra 2020. Berikut adalah daftar harga Toyota Supra versi Tunas Toyota.



Baca juga: Inilah Spesifikasi Lengkap dan Harga Toyota Vellfire


Bagaimana? Setelah membaca ulasan artikel ini sampai selesai, apakah Tunas Friends ingin langsung membelinya dan mengendarainya?


Sebelumnya, ketahui dulu tentang spesifikasi dan harga Toyota Supra secara lebih lengkapnya di website Tunas Toyota. Klik di sini untuk melihat produk-produk Toyota lainnya!

2 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company