• Admin

Ide Modifikasi Toyota 86 Seperti AE-86 Anime Initial D


Sumber: Toyota UK

Toyota 86 merupakan mobil berjenis coupé berdesain unik dan kekinian. Namun, tidak jarang masyarakat Indonesia melakukan perubahan demi tampilan yang tidak biasa. Baik dari warnanya, hingga motif yang melekat pada bodi mobil.


Biasanya, para pengguna Toyota 86 mengubah tampilan mobil sesuai dengan tren masa kini. Bahkan beberapa di antaranya mengikuti tren luar negeri atau tren yang ada di dalam film favoritnya.


Seperti, salah satu mobil AE-86 yang menjadi salah satu mobil ikonik dari serial anime Jepang yaitu Initial D, yang diilustrasikan oleh Shuichi Shigeno.


Ketertarikan mengubah tampilan Toyota 86 menjadi seperti AE-86 merupakan sebuah cara yang bisa Tunas Friends lakukan untuk menikmati versi Toyota 86 yang tidak diluncurkan di Indonesia ini.


Melihat sisi lainnya, sebenarnya Toyota GT-86 memiliki spesifikasi dan fitur yang mumpuni, baik dari segi eksterior maupun interiornya. Bahkan mesinnya pun memiliki performa yang cukup tangguh.



Lebih jelas mengenai modifikasi Toyota 86 2020 menjadi mobil AE-86 di anime Initial D, termasuk cerita singkat dan konsep desainnya, bisa Tunas Friends simak di ulasan berikut ini.


Baca juga: 5 Ide Bisnis dengan Toyota Hiace Premio


Cerita Singkat Anime Initial D

Sumber: Toyota UK

Pertama, mari ketahui dulu cerita singkat tentang serial anime berjudul Initial D yang hadir di tahun 1995 ini. Kisahnya menceritakan tentang mantan pembalap mobil, Bunta Fujiwara, yang beralih profesi menjadi penjual tahu.


Sebuah scene memperlihatkan saat Bunta menyuruh anaknya yaitu Takumi Fujiwara untuk mengantarkan tahu ke sebuah hotel di Gunung Akina. Takumi pergi ke lokasi tersebut menggunakan mobil AE-86 tanpa arahan dari ayahnya yang memiliki mobil.


Dengan cara otodidak, Takumi mengemudikan mobil AE-86 (Toyota Corolla Sprinter Trueno) kepunyaan Bunta yang sudah memiliki spesifikasi ‘mobil balap’ dengan suspensi dan weight balance yang cukup sempurna.


Walaupun otodidak, Takumi berhasil mengemudikannya sambil menggunakan teknik drifting yang luar biasa, ini dikarenakan cara mengemudi Takumi sangat dipengaruhi oleh mobil yang ia tumpangi. Tentunya, tanpa merusak box tahu yang ia bawa.


Sepenggal kisah inilah yang menjadikan mobil Toyota AE-86 fenomenal. Sejak saat itu pula, harga Toyota AE-86 melonjak drastis dan sering dicari oleh para kolektor mobil.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Camry Hybrid, Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga


Toyota 86 'Initial D’ Concept

Sumber: Toyota UK

Serial anime Initial D menceritakan aksi balap pada jalur berliku di pegunungan Jepang. Mobil ikonik yang digunakan adalah Toyota AE-86. Lalu, bagaimana dengan konsep desainnya yang dibuat kembali oleh Toyota Inggirs menggunakan Toyota GT 86?


Toyota GT 86 ‘Initial D’ mengusung konsep desain dengan gaya modern. Memakai serat karbon untuk kap mesin, handling, dan spion. Sisi mobil berkelir hitam dengan aksen matte yang juga berwarna hitam.


Pada kaki-kakinya, memiliki aksen kuno dengan velg RS Watanabe bernuansa hitam dan berdiameter 17 inci. Selain itu, dilengkapi dengan beberapa aksesoris klasik seperti mud-flap, fog lamp kuning, dan lampu belakang dengan lapisan mika yang lebih gelap.


Di bagian pembuangan, menggunakan sepasang knalpot Fujitsubo yang semakin memunculkan aura sporty. Disematkan pula suspensi TRD dan Cusco Front Strut Brace untuk menunjang kenyamanannya.


Tidak lupa, terdapat tulisan ‘Fujiwara Tofu Shop’ menggunakan kanji Jepang pada pintu mobil. Toyota GT 86 versi Initial D ini masih setia dengan mesin Boxer 4 silinder bernuansa silver.


Baca juga: 6 Kelebihan Toyota Corolla Altis Hybrid, Sedan Hybrid Termurah Toyota


Spesifikasi Toyota GT 86 ‘Initial D’

Sumber: Toyota UK

Mari lihat spesifikasi detil berdasarkan konsep desain yang ada pada poin sebelumnya. Seperti, tipe roda yang digunakan yaitu 8 x 17″ (ET40) RS Watanabe F8 berbahan alloy dengan finishing hitam.


Kemudian, sistem suspensi yang digunakan yaitu TRD Sportivo dengan Cusco Type OS front strut brace. Pada knalpotnya menggunakan sistem Fujitsubo Authorize S.


Sementara eksteriornya, pada bagian depan menggunakan kap mesin berbahan fiber karbon Seibon OEM-Style. Dengan tampilan bodi bergaya panda yaitu hitam-putih dengan metallic black vinyl graphics.


Fitur-fitur lainnya yaitu pemanfaatan fiber karbon Cusco sebagai pelindung handling pintu, serta fiber carbon OEM sebagai pelindung kaca mobil.


Lalu, penggunaan lampu kabut dan lampu belakang yang berwarna, dan juga OEM mud flaps. Digunakan pula sistem TRD pada tutup tangki, tutup radiator bertekanan tinggi, dan start button.


Baca juga: Inilah Spesifikasi Lengkap dan Harga Toyota Vellfire


Harga Toyota 86

Sumber: Toyota UK

Selanjutnya, harga Toyota 86 2020 mulai dari Rp 775.750.000 (Harga OTR DKI Jakarta, Desember 2020). Hal yang perlu Tunas Friends ketahui sebelum memutuskan untuk membeli dan memodifikasinya menjadi AE86 versi Initial D.


Sebab, di samping spesifikasinya, harga juga dijadikan pertimbangan ketika akan membeli sebuah mobil idaman. Baik itu mobil untuk kebutuhan pribadi, maupun untuk kebutuhan organisasi.


Nah, berikut ini adalah daftar harga Toyota 86 terbaru (Desember 2020) dari Tunas Toyota.



Baca juga: Sejarah Toyota Corolla dari Generasi Pertama Hingga Corolla Altis


Bagaimana? Semoga artikel ini bisa menginspirasi dalam memodifikasi mobil seperti yang ada di dalam kartun anime favorit Tunas Friends, ya!


Bagi Tunas Friends yang ingin mengetahui secara detail tentang spesifikasi dan harga Toyota 86 2020, bisa langsung mengunjungi website Tunas Toyota. Klik di sini untuk melihat produk-produk lainnya!

40 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company