top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Sejarah Toyota Corolla dari Generasi Pertama Hingga Corolla Altis

Diperbarui: 9 Feb 2022


toyota corolla

Apakah Tunas Friends mengetahui bahwa Toyota Corolla sudah masuk ke pasar otomotif Indonesia sejak 1970 silam? Dalam kurun waktu 50 tahun, Corolla selalu meramaikan pasar otomotif Indonesia. Hanya generasi pertama Toyota Corolla yang tidak masuk ke Nusantara.


Toyota Corolla pernah memasuki masa keemasan di Indonesia pada tahun 1970-an hingga 1990-an. Corolla selalu hadir dengan desain, teknologi, dan juga fitur yang selalu up-to-date dengan apa yang dibutuhkan oleh para penggunanya.



Saat ini pun Toyota Corolla hadir dengan banyak pilihan varian. Bagi Tunas Friends yang tertarik dengan mobil ini, silakan klik link di bawah untuk melihat spesifikasi lengkapnya secara langsung.



Berikut ini akan dijelaskan mengenai sejarah Toyota Corolla mulai dari generasi pertama hingga generasi terbaru dan munculnya nama Corolla Altis. Simak yuk!


Generasi Pertama Toyota Corolla


Toyota Corolla generasi pertama diperkenalkan pertama kali di Jepang pada tahun 1966. Generasi pertamanya juga dipasarkan di Australia dan pada tahun 1968 mulai masuk ke pasar otomotif Amerika Serikat.


Desain awal yang diusung Toyota Corolla generasi pertama yaitu menggunakan lampu utama yang berbentuk bulat dan terdapat kaca spion di sebelah kap mesin.


Dibekali mesin 1.100 cc dengan tiga tipe. Setiap tipe diberi nama kode KE10 untuk Sedan, KE15 untuk Coupe, atau KE16 untuk Wagon.


Di masa-masa akhir dari Corolla generasi pertama pada tahun 1970, Toyota Corolla disematkan facelift dengan mesin 1.200 cc yang diberi kode KE11 untuk Sedan, KE18 untuk Wagon, dan KE17 untuk Sprinter.


Namun, sayang sekali, Toyota Corolla generasi pertama ini tidak dipasarkan di Indonesia lho Tunas Friends!

Generasi Ke-2 Corolla


Generasi kedua dari Corolla dihadirkan pada tahun 1970. Ini menjadi awal kiprah dari Corolla di pasar otomotif Indonesia. Saat itu, Corolla hadir dengan versi 4 pintu. Dibekali mesin 3K 1.200 cc dengan transmisi 4 percepatan manual dan diberikan kode KE20.


Pada tahun 1970 hingga 1974, Corolla generasi kedua ini dianggap sebagai mobil sedan yang tangguh. Sebab, tidak hanya digunakan sebagai mobil pribadi tetapi juga menjadi mobil taksi yang mengangkut penumpang di Indonesia.


Generasi Ke-3


Pada tahun 1975, Toyota Corolla memasuki generasi ketiga dan melanjutkan kiprahnya di Indonesia. Masih dibekali mesin yang sama dengan sebelumnya yaitu mesin 3K dengan kapasitas 1.200 cc.


Diberikan kode nama KE30 dengan desain yang berubah di bagian depan dan belakang mobil. Terutama di bagian lampu utama, bentuknya lebih lebar dibandingkan generasi sebelumnya.

Generasi Ke-4


Tahun 1979, pertama kali hadir generasi keempat di Indonesia yang dikenal dengan nama Toyota Corolla DX. Mobil ini dibekali mesin 4K berkapasitas 1.3 liter dengan sistem transmisi manual 4 percepatan dan penggerak belakang.


Memiliki kode bodi KE70 dan ditawarkan dalam varian 4 pintu. Pada generasi ke-4 ini, Toyota Corolla mengubah eksteriornya yang semula serba bulat menjadi desain yang serba kotak.


Generasi Ke-5


Di tahun 1983, muncul generasi baru yaitu generasi kelima. Pada generasi kelima, Toyota Corolla sudah mengalami perubahan yang cukup banyak. Mulai dari bentuk bodi yang semakin rapi dan cantik hingga performa mesin yang semakin tangguh.


Mobil yang diberi kode GL ini menggunakan penggerak depan agar lebih efisien, nyaman, dan dapat memperluas interior. Juga, dibekali mesin 2A kapasitas 1.300 cc dengan transmisi 5 percepatan manual.


Sementara itu, pada tahun 1985, mobil ini melakukan upgrade mesin baru dengan performa yang lebih mumpuni yaitu mesin 2E kapasitas 1.300 cc.

Generasi Ke-6


Tahun 1987 menjadi tahun untuk Corolla generasi keenam. Hadir dengan kode bodi AE92 dan teknologi camshaft ganda atau dikenal dengan TwinCam, serta bertransmisi otomatis. Corolla generasi keenam ini berhasil merebut hati para pecinta otomotif di Indonesia.


Pada saat itu, Corolla hadir dengan tiga pilihan mesin. Pertama, mesin 2E berkapasitas 1.3 liter, mesin 4A-FE berkapasitas 1.6 liter, lalu mesin 4A-GE dengan kapasitas 1.6 liter tetapi dengan power yang lebih besar.


Generasi Ke-7


Selanjutnya, muncul generasi ketujuh yang dirilis pada tahun 1993. Pada generasi ke-7, mobil ini mendapat julukan baru yaitu Greco, yang merupakan kependekan dari Great Corolla.


Greco hadir dengan desain bodi yang lebih aerodinamis dengan kode bodi AE101. Pilihan mesinnya masih sama dengan generasi sebelumnya, yakni mesin 2E berkapasitas 1.3 liter karburator dan mesin 4A-FE berkapasitas 1.6 liter dengan DOHC injeksi.


Generasi Ke-8


Setelah era Greco berakhir, mulai tahun 1996 Toyota Corolla berubah lagi dengan nama New Corolla dan All New Corolla yang memiliki kode bodi AE111. Desain yang digunakan All New Corolla memiliki perubahan di bagian stoplamp yang lebih berbentuk kotak.


All New Corolla dibekali mesin 4A-FE berkapasitas 1.6 liter dengan DOHC injeksi. Mendapat upgrade juga untuk versi facelift dengan mesin 7A-FE berkapasitas 1.800 cc dengan DOHC injeksi.


Kedua mesin ini memiliki dua pilihan untuk transmisinya, yaitu 5 percepatan manual dan 4 percepatan otomatis.


Generasi Ke-9 Corolla Altis


Di tahun 2001, All New Corolla mulai digantikan dengan Corolla Altis yang merupakan generasi kesembilan dari Corolla. Tampil dengan desain mewah dan elegan yang sangat cocok menjadi sedan keluarga yang lebih keren dari generasi sebelumnya.


Bagian eksterior dari Corolla Altis didesain lebih besar dan terlihat gagah, baik dimensi panjang maupun lebarnya. Desain eksteriornya juga lebih modern dan aerodinamis, sehingga membuat Toyota Corolla Altis terlihat lebih elegan.


Pada fitur keselamatan, Corolla Altis dibekali dengan Airbag System, Anti-Lock Braking System (ABS), dan rem cakram di masing-masing roda.


Corolla Altis generasi kesembilan ini menggunakan mesin 1ZZ-FE berkapasitas 1.8 liter dan sudah memakai teknologi VVT-i. Memiliki dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual dengan 5 percepatan dan transmisi otomatis dengan 4 percepatan.


Generasi ke-10 Toyota Altis


Corolla terus berevolusi hingga pada tahun 2006 kembali muncul Toyota Corolla generasi baru yaitu generasi kesepuluh.


Pada generasi ini, Toyota Altis hadir dengan dua pilihan mesin yaitu 2ZR-FE berkapasitas 1.800 cc DOHC dan mesin 3ZR-FE 2.000 cc DOHC berteknologi Dual VVT-i yang sudah didukung transmisi otomatis CVT.


Fitur-fitur keselamatan juga telah disematkan di dalam Toyota Altis, seperti Airbags, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Cruise Control, dan Audio Control.


Generasi ke-11 Altis


Pada generasi kesebelas di tahun 2014, nama Altis pada Corolla terus disematkan. Hadir dengan tampilan yang lebih tajam dan sporty dibandingkan generasi sebelumnya.


Dibekali juga dengan fitur keamanan seperti 7-Airbags, Anti-Lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), dan Emergency Brake Signal (EBS).


Sementara mesin yang digunakan adalah mesin 2ZR-FE berkapasitas 1.800 cc dengan teknologi Dual VVT-i dengan kelengkapan fitur Sport Drive Mode yang membuat Altis lebih bertenaga.


Generasi ke-12 Toyota Corolla Altis


Perjalanan panjang Toyota Corolla masih berlanjut hingga saat ini. Mulai tahun 2019, Corolla berevolusi lagi dengan Toyota Corolla Altis yang memiliki desain mewah disertai banyak fitur canggih.


Dibekali dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin hybrid dan mesin pembakaran internal. Pada varian hybrid, dibekali mesin 2ZR-FE berkapasitas 1.8 liter dengan perpaduan mesin bensin dan motor listrik. Sementara varian biasa dibekali mesin 2ZR-FBE berkapasitas 1.6 liter.


Kedua mesin tersebut memiliki sistem transmisi otomatis CVT dengan 7 percepatan. Tidak hanya itu, Toyota Corolla Altis juga dibekali dengan fitur Toyota Safety Sense.


Harga Corolla Altis

Harga Corolla Altis berkisar antara Rp 486.550.000 sampai Rp 586.250.000. Lebih jelasnya, Tunas Friends bisa melihat tabel yang berisi daftar harga Corolla Altis di bawah ini.


(Harga Corolla Altis Desember 2020)



Tunas Friends ingin mengetahui spesifikasi produk Toyota Corolla Altis secara lebih lengkap? Kunjungi situs web Tunas Toyota! Klik di sini untuk melihat produk Toyota Indonesia lainnya!

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page