• Admin

Inilah Perbedaan Toyota Camry Tipe G dan V, Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

Updated: 2 days ago


toyota camry

Toyota Camry memiliki tampilan lebih agresif dan mewah dibandingkan generasi Toyota Camry sebelumnya. Dengan konsep Outclass Elegance, Toyota Camry hadir dalam tiga varian yaitu tipe G, V, dan Hybrid.


Ketiga tipe Camry tersebut sama-sama didukung oleh platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Toyota Camry versi terbaru ini memiliki dimensi yang lebih besar dengan konstruksi yang lebih kokoh.


Toyota Camry 2020 mengedepankan sisi keseimbangan yang optimal, meliputi agility, stability, dan juga visibility. Terlihat dari tampilan eksterior dan interior Camry, termasuk fitur-fiturnya yang canggih dan ramah pengguna.


Pada artikel kali ini, akan diulas mengenai perbedaan antara mobil Camry tipe V dan tipe G. termasuk spesifikasi lengkapnya dan kisaran harga. Apabila Tunas Friends berniat untuk membeli mobil berjenis sedan ini, silakan klik tombol di bawah ini.



Namun, alangkah lebih baiknya, Tunas Friends simak dahulu beberapa poin penting di bawah ini yang perlu diketahui sebelum membeli Camry 2020.


Baca juga: Sebelum Membeli, Ini Perbedaan Veloz dan Avanza


Spesifikasi Toyota Camry



Antara tipe V dan tipe G, keduanya memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama. Mulai dari performa mesin hingga sistem kemudinya.


Toyota Camry 2020 menggunakan bahan bakar bensin berkapasitas 60 liter bertenaga 180 hp dan torsi 239 Kgm. Memiliki kapasitas penumpang hingga lima orang dan memiliki dimensi panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.445 mm.


Mobil dengan kapasitas mesin 2.494 cc ini memiliki transmisi 6-percepatan otomatis, baik pada tipe V maupun tipe G. Dibekali dengan mesin DOHC 4 silinder dan 16 katup yang sudah memanfaatkan sistem Electronic Fuel Injection (EFI).


Suspensinya menggunakan MacPherson Strut pada bagian depan dan Double Wishbone pada bagian belakang. Bila melihat kaki-kakinya, mobil Camry memakai tipe ban 215/55 berukuran 17 inci.


Sementara di bagian kemudi, mobil ini menggunakan setir kemudi tipe Rack & Pinion berteknologi tilt dan telescopic.


Baca juga: 10 Kelebihan Toyota Voxy yang Bikin Nyaman Perjalanan Keluarga


Fitur Eksterior Camry



Selain dapur pacu, adapun fitur eksterior yang sama-sama dimiliki oleh mobil Camry tipe V dan juga tipe G, seperti tuas pembuka tutup bensin, serta jenis rem depan (ventilated disc) dan rem belakang (disc).


Tersemat pula Adjustable Headlights. Ada juga lampu bagian depan yang sudah menggunakan LED dan lampu kabut (fog lamp) yang akan memudahkan Tunas Friends ketika berkendara di tengah hujan deras.


Sebagai penunjang keamanan, Toyota Camry 2020 memiliki kaca spion elektrik dan lampu sein yang melekat padanya. Terdapat antena elektrik dan fitur Tinted Glass pada setiap kaca mobil untuk menjaga privasi di dalam kabin.


Pada bagian kakinya, mobil ini sudah memakai velg berbahan alloy dengan ukuran 17 inci yang mampu menopang bobot mobil beserta penumpangnya dengan sangat baik. Serta, keduanya mempunyai tangki bahan bakar yang diletakkan di tengah.


Baca juga: Keunggulan, Spesifikasi, dan Harga Toyota Rush Terbaru


Perbedaan Eksterior Tipe G dan V

Di balik persamaan fitur eksteriornya, kedua tipe ini juga memiliki fitur yang berbeda dan fitur ini pun hanya dimiliki oleh salah satu tipe Camry 2020.


Seperti, wiper otomatis. Fitur ini hanya dimiliki oleh mobil Camry tipe V, di mana fitur ini menjadi daya tarik utama yang menjadi incaran masyarakat. Karena fitur ini juga, harga Toyota Camry bertipe V cenderung lebih tinggi dibandingkan tipe G.


Baca juga: Spesifikasi, Perubahan Fitur, dan Harga Mobil Toyota Agya 2020 Semua Tipe


Fitur Kenyamanan Mobil Camry



Beralih pada interior, terdapat beberapa kesamaan fitur antara tipe V dan tipe G. Tentunya, fitur-fitur ini bertujuan untuk menunjang kenyamanan pengguna saat berkendara.


Di dalam ruang kabin yang luas, ada fitur-fitur canggih yang melekat, seperti pemanas dan pendingin ruangan (AC) disertai ventilasi AC belakang dan Air Quality Control.


Kursi penumpangnya merupakan adjustable seats yang fleksibel dengan dukungan material kulit yang berkualitas. Sehingga Tunas Friends dapat menyesuaikan posisinya senyaman mungkin.


Terdapat headrest pada kursi bagian belakang. Tunas Friends juga bisa melipat kursi belakang tersebut jika tidak diperlukan dan menjadikannya bagasi tambahan untuk menampung barang bawaan lebih banyak.


Pada ruang kemudinya, sudah mendukung Power Steering Switch yang akan memudahkan Tunas Friends melakukan pengaturan audio tanpa kehilangan fokus berkendara. Kemudian, ada fitur Electronic Multi Tripmeter, Odometer, dan Tachometer yang sangat informatif.


Pada beberapa sisi kabin, terdapat cup holder di bagian depan dan bottle holder yang dapat dimanfaatkan untuk meletakkan gelas atau botol minum tanpa khawatir tumpah ketika di perjalanan.


Tunas Friends juga bisa berkendara dalam mode Eco, di mana mode ini mampu menghemat bahan bakar. Di sisi lain, ada fitur Power Window dengan pengaturan yang ramah pengguna.


Baca juga: Harga Toyota Calya Facelift dan 7 Perubahannya


Perbedaan Tipe G dan V

Di samping kesamaan fitur pada interiornya, ada satu fitur yang hanya dimiliki oleh mobil Camry tipe V.


Fitur tersebut adalah Engine Start/Stop Button. Fitur ini sangat memudahkan Tunas Friends ketika akan menyalakan atau mematikan mesin. Tidak butuh banyak tenaga, cukup tekan tombol start/stop yang tersedia.


Baca juga: Spesfikasi Toyota Fortuner VRZ TRD Diesel dan Harga Fortuner 2020 Terlengkap


Fitur Entertainment dan Komunikasi



Menariknya, di dalam mobil berjenis sedan ini terdapat fitur hiburan berupa Head Unit berteknologi layar sentuh dengan beberapa menu multimedia yang sangat fungsional.


Head Unit ini mendukung pemutar audio 2DIN, CD/DVD, Radio AM/FM, dan juga sistem navigasi, sambungan bluetooth, serta USB. Dilengkapi pula dengan speaker berkualitas di bagian depan dan belakang.


Baca juga: Spesifikasi Toyota Innova Diesel dan Harga Kijang Innova Terbaru 2020


Fitur Keamanan dan Keselamatan



Terdapat fitur keselamatan Anti-Lock Braking System (ABS) pada kedua tipe Toyota Camry. Selain itu, ada fitur Airbags di baris pertama yang berfungsi untuk meminimalisir cedera parah ketika terjadi kecelakaan.


Tentunya, mobil Camry ini memiliki sabuk pengaman di seluruh kursi penumpang yang dilengkapi dengan alarm pemakaian sabuk pengaman. Serta, dilengkapi pula dengan alarm pintu terbuka sebagai pengingat apabila penumpang lupa mengencangkan pintu mobil.


Tersemat pula fitur Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), serta crash sensor yang dapat menjaga kondisi kendaraan Tunas Friends tetap dalam keadaan aman dan terjaga dari benturan. Ditambah fitur pelindung benturan di bagian depan dan samping.


Lalu, adanya fitur Child Safety Locks yang akan menjaga anak-anak agar selalu dalam posisi aman saat duduk di kursi penumpang.


Tunas Friends juga tidak perlu khawatir terjadi pencurian, Toyota Camry 2020 sudah dilengkapi dengan Engine Immobilizer, Anti Theft Device, dan alarm mobil. Sehingga dapat mencegah pencurian mobil oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.


Terakhir, ada fitur penting untuk menjaga keamanan Tunas Friends ketika akan berkendara, yaitu fitur Engine Check Warning. Dengan adanya fitur ini, Tunas Friends bisa melakukan langkah awal apabila ada mesin yang tidak berfungsi ketika akan dipakai berkendara.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Venturer Diesel dan Harga Innova Venturer 2020


Perbedaan Tipe G dan V

Ada beberapa fitur keamanan dan keselamatan yang berbeda antara mobil Camry tipe V dan tipe G.


Pertama adalah fitur Traction Control System yang hanya dimiliki tipe G. Fitur ini mirip seperti Anti-Lock Braking System (ABS). Katakan saja, fitur Traction Control System merupakan fitur pelindung ekstra setelah Anti-Lock Braking System (ABS).


Kedua, fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang hanya dimiliki tipe V. Fitur ini berfungsi untuk menjaga stabilitas kendaraan saat bermanuver di tikungan. Sehingga mencegah terjadinya slip yang dapat menyebabkan kecelakaan.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Harga Toyota Camry

Melihat fitur-fitur dan teknologinya yang canggih dan mumpuni, harga Toyota Camry mulai dari Rp 641.900.000 (Desember 2020). Tunas Friends bisa mengadopsinya apabila harga Camry ini masuk ke dalam budget yang Tunas Friends miliki.


Harga Toyota Camry 2020:


Baca juga: Fitur-Fitur Canggih pada Toyota Sienta Welcab


Bagi Tunas Friends yang ingin mengetahui detil spesifikasi produk Toyota Camry secara lebih lengkap, segera kunjungi Tunas Toyota. Klik di sini untuk melihat produk Toyota Indonesia lainnya!


Namun, jika Tunas Friends sedang mencari jasa servis dengan pelayanan terbaik dan memuaskan, mari booking service Toyota Anda sekarang dan kunjungi Bengkel Tunas Toyota!

554 views1 comment