Search
  • Admin

Sebelum Membeli, Ini Perbedaan Veloz dan Avanza


avanza veloz

Toyota Avanza dan Toyota Veloz adalah model yang serupa tapi sebenarnya berbeda. Jika dilakukan perbandingan, Veloz memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari Avanza.


Avanza Veloz dirancang untuk menarik konsumen yang menyukai mobil Avanza tetapi ingin fitur yang lebih lengkap dan berpenampilan elegan.


Cukup banyak fitur yang disajikan oleh Toyota Veloz terutama untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Bagi Tunas Friends yang ingin membeli, bisa cek harga dan spesifikasi Avanza veloz melalui website Tunas Toyota.



Sebelum memutuskan untuk membeli, alangkah lebih baiknya Tunas Friends ketahui terlebih dahulu mengenai persamaan dan perbedaan antara Toyota Avanza dan Veloz berikut ini, yuk!


Baca juga: Yuk, Kenali Perbedaan Toyota Avanza Tipe E dan G!


Persamaan Antara Veloz dan Avanza

veloz

Sebelum membahas perbedaannya, mari mengetahui persamaannya terlebih dahulu. Sebab, walaupun berbeda, dua varian mobil ini memiliki beberapa persamaan, termasuk dari segi fitur.


Baca juga: 10 Kelebihan Toyota Voxy yang Bikin Nyaman Perjalanan Keluarga


Platform yang Sama

Keluarga Avanza masih memakai platform yang sama yaitu Unibody Frame, begitu pula Veloz. Platform ini merupakan gabungan dari rangka Ladder Frame dan Monokok.


Dimensi kedua mobil ini juga masih sama, termasuk wheelbase-nya dan masih menggunakan penggerak roda belakang. Serta, jarak terendah mobil dari tanah masih berkisar 200 mm.


Detail spion yang lancip dengan hiasan reflektor dan tepian chrome yang dibuat memanjang di pintu bagian belakang masih sama antara Avanza dan Veloz.


Baca juga: Keunggulan, Spesifikasi, dan Harga Toyota Rush Terbaru


Beberapa Kesamaan Fitur

Dengan menggunakan platform yang sama, bisa dibilang bahwa kedua mobil ini mengusung konsep yang sama pula, yakni mobil keluarga masa kini. Untuk menambah kesan kekinian, juga ditambahkan LED pada headlamp pada mobil Avanza Veloz.


Pada interiornya terdapat beberapa perubahan yang sama antara Avanza dan Veloz. Mulai dari panel bagian tengah yang dibuat memanjang dari atas ke bawah dan menjadi housing panel control AC terbaru.


Perangkat-perangkatnya masih memiliki kesamaan. Tercermin dari keberadaan head unit berteknologi layar sentuh, speaker di enam titik, serta tombol pengatur audio (steering switch) di lingkar kemudi.


Fitur yang sama selanjutnya yaitu fitur keselamatan dual SRS Airbags. Lalu, sabuk pengaman yang menggunakan pretensioner, ABS, ISOFIX. Ditambah fitur peringatan untuk menggunakan sabuk pengaman.


Baca juga: Spesifikasi, Perubahan Fitur, dan Harga Mobil Toyota Agya 2020 Semua Tipe


Visibilitas yang Baik Saat Mengemudi

Jika Tunas Friends masuk ke dalam kabin dan duduk di bagian depan maka Tunas Friends akan merasa bahwa tempat duduknya terasa lebih tinggi. Ini dikarenakan rangka Unibody Frame yang digunakan oleh Avanza dan Veloz.


Sehingga membuat visibilitas kedua mobil ini lebih efektif ketika digunakan untuk berkendara.


Baca juga: Harga Toyota Calya Facelift dan 7 Perubahannya


Spesifikasi Mesin Mirip

Mesin Toyota Avanza dan Veloz sama-sama menggunakan mesin 1NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc dengan tenaga 96,6 PS dan torsi 121 Kgm. Pada bagian mekanikal Avanza dan Veloz juga mengalami beberapa perubahan.


Di bagian kaki-kakinya, pengaturan Electric Power Steering dibuat lebih ringan 7% di kecepatan rendah dan 5% lebih berat di kecepatan tinggi. Ini dilakukan agar manuver Avanza dan Veloz lebih mudah untuk dilakukan.


Di bagian shockbreaker dibuat lebih solid dan ulir per-nya dibuat lebih kecil dengan tujuan mengurangi berbagai efek pengereman yang berlebihan.


Terdapat fitur Noise Vibration Harshness yang berfungsi sebagai peredam aspal saat berkendara. Sementara pada panel dasbor dan shift floor diberikan bahan insulasi agar bagian dalam kabin lebih terasa senyap.


Baca juga: Spesfikasi Toyota Fortuner VRZ TRD Diesel dan Harga Fortuner 2020 Terlengkap


Perbedaan Eksterior Toyota Veloz dan Avanza

harga avanza veloz

Setelah melihat beberapa persamaannya, sekarang mari beralih ke perbedaan antara Toyota Veloz dan Avanza.


Kemewahan eksterior Veloz terasa lebih trendi dibandingkan dengan Avanza. Terlihat penggunaan grille lebar pada eksterior Veloz yang dilapisi hiasan dark chrome. Sedangkan pada Avanza hanya dilapisi dengan chrome biasa.


Bagian bumper depan Toyota Veloz memiliki lekukan yang lebih menonjol dibandingkan dengan Avanza yang memberikan kesan lebih sporty.


Lalu, pada Toyota Veloz diberikan sentuhan side body molding dengan side skirt terbaru dengan nuansa warna chrome di bagian samping. Sementara Avanza tidak ada perubahan yang terlihat berbeda pada body sampingnya.

Baca juga: Spesifikasi Toyota Innova Diesel dan Harga Kijang Innova Terbaru 2020


Perbedaan Interior Veloz dan Avanza

toyota veloz

Adapun perbedaan Interior mobil Avanza dan mobil Veloz paling terlihat, yakni terletak di nuansa warnanya.


Veloz menggunakan warna hitam gelap yang mendominasi interiornya. Mulai dari dasbor, door trim, hingga jok mobil. Sementara Avanza menggunakan warna yang lebih terang dengan menggunakan dual tone yaitu hitam dan abu-abu.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Venturer Diesel dan Harga Innova Venturer 2020


Perbedaan Fitur

toyota avanza veloz