• Admin

Harga Toyota Calya Facelift dan 7 Perubahannya

Updated: Jun 4


toyota calya

Toyota Calya merupakan mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 7 penumpang yang hingga saat ini masih menjadi incaran keluarga muda di Indonesia.


Selain itu, Toyota Calya termasuk ke dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC) dengan tampilan eksterior dan interior yang menarik perhatian. Begitu pula dengan fitur-fitur yang terbilang canggih untuk seukuran mobil murah.


Kemudian, Toyota Calya facelift versi terbaru juga mengedepankan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Bahkan mengikuti tren masa kini yang cukup modern.


Tidak hanya kenyamanan berkonsep “Partner in Times”, Toyota Calya ini pun menyematkan beberapa fitur keamanan demi keselamatan pengguna. Aktivitas berkendara jadi lebih menyenangkan, bukan begitu Tunas Friends?


Tunas Friends berminat untuk membelinya? Kunjungi Tunas Toyota dan pilih mobil Calya dengan warna yang Tunas Friends sukai!



Tapi sebelum itu, mari simak ulasan lebih lengkap mengenai sejarah singkat, perubahan desain, spesifikasi, serta harga Calya berikut ini.


Baca juga: Spesfikasi Toyota Fortuner VRZ TRD Diesel dan Harga Fortuner 2020 Terlengkap


Sejarah Singkat Toyota Calya

Pada Juli 2016, mobil Calya pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor. Awal tahun 2017, Calya terbukti mampu memberi kontribusi di pasar otomotif MPV entry level.


Mobil ini mengalami peningkatan penjualan sebesar 4x lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yakni 20.731 unit di tahun 2015 dan 96.172 unit di tahun 2016. Hingga Agustus 2019, penjualan Calya mencapai 214.977 unit.


Sementara pada tahun 2020 ini, Tunas Friends bisa mengira-ngira sendiri berapa total penjualan unit mobil Calya setelah mengalami perubahan dan perkembangan fitur terbarunya. Pastinya minat belinya menjadi lebih banyak.


Baca juga: Spesifikasi Toyota Innova Diesel dan Harga Kijang Innova Terbaru 2020


7 Perubahan pada Mobil Calya

Sudah Menggunakan Headlamp LED

harga toyota calya

Perubahan pertama yang sangat terlihat adalah penggunaan headlamp LED. Dengan penerangan yang maksimal, desain headlamp pada versi terbaru Calya membuat desain eksteriornya tampak berkelas.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Venturer Diesel dan Harga Innova Venturer 2020


Desain Spion Baru dengan Lampu Sein

mobil calya

Perubahan selanjutnya ada fitur Retractable Outer Mirror. Terdapat fitur lampu sein yang melekat pada kedua spion untuk menunjang penampilan serta keamanan berkendara. Tampilan sein ini hanya ada pada Calya tipe G ya, Tunas Friends.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Grille Baru dengan Aksen Krom Gelap

harga mobil calya

Memiliki desain grille yang lebih modern. Adanya elemen krom bernuansa gelap menambah daya tarik mobil MPV ini. Desain grille pada versi terbaru Calya 2020, membuatnya tampak lebih elegan.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2020


Desain Velg Baru

harga calya

Mobil Toyota Calya juga memiliki velg yang didesain berbeda dengan versi sebelumnya. Terlihat detail di setiap palang yang dibuat lebih tegak, sehingga tidak lagi menyerupai bilah kipas. Tampak lebih trendi bukan?


Head Unit Touchscreen

mobil toyota calya

Beralih ke interior Calya, tersemat Head Unit dengan teknologi layar sentuh yang dapat Tunas Friends manfaatkan sebagai media hiburan saat di perjalanan. Namun perlu diketahui, fitur ini hanya terdapat pada interior Calya tipe G ya!


Baca juga: Fitur-Fitur Canggih pada Toyota Sienta Welcab


Sudah Dilengkapi Tombol Audio Steering

interior calya

Pada bagian setir kemudi Calya tipe G, Tunas Friends akan menemukan fitur Audio Steering Switch. Tunas Friends bisa mengoperasikan menu multimedia tanpa kehilangan fokus mengemudi. Dengan begitu, berkendara tetap nyaman dan aman.


Baca juga: Mengapa Wajib Pakai Masker Saat Nyetir Sendirian?


Tempat Penyimpanan di Bawah Jok Penumpang Depan

calya 2020

Fitur terbaru lainnya yaitu tersedianya Compartment Tray di bawah kursi penumpang bagian depan. Tunas Friends bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk menyimpan barang bawaan ekstra yang penting untuk selalu dibawa di setiap perjalanan.


Baca juga: Manfaat Servis Mobil Toyota secara Berkala


Spesifikasi Mobil Toyota Calya

Mobil berkapasitas tangki 36 liter ini memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm dengan jarak poros roda 2.525 mm. Di samping itu, Tunas Friends bisa memilih beberapa tipe yang tersedia, yakni tipe E M/T, tipe G M/T, atau tipe G A/T.


Dapur pacunya pun dibekali dengan mesin bertipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 88 PS per 6.000 RPM dan torsi mencapai 11 Kgm per 4.200 RPM.


Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis 4 percepatan. Sementara velg-nya menggunakan Two-Tone Machining Alloy bertipe 175/65 dengan diameter 14 inci.


Walaupun harga Toyota Calya dibanderol dengan harga yang terjangkau, fitur-fitur unggulan yang dimiliki mobil ini tergolong canggih dan modern untuk menunjang kenyamanan dan keamanan penggunanya.


Selain yang dijelaskan pada poin pembahasan sebelumnya, terdapat tambahan fitur Illumination pada indikator A/T, Driver Seat Back Pocket, Front Console Box, serta tampilan dasbor dan kursi penumpang bernuansa coklat yang didukung dengan bahan berkualitas.


Menariknya, Tunas Friends dapat memanfaatkan mobil Calya untuk berbisnis, mengingat harganya yang ekonomis dan fitur-fiturnya yang ergonomis. Misalnya, bisnis taksi online atau bisnis travel.


Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Baret Mobil


Selisih Harga Mobil Calya Facelift vs Lama

Membicarakan harga, terdapat kenaikan antara versi lama dan versi baru yaitu sekitar Rp 1,4 juta hingga Rp 2 juta. Berikut ini adalah perbedaan antara harga mobil Calya facelift dengan versi sebelumnya.


Harga Calya 2020:

  • Tipe E Non ABS Rp 137,46 juta

  • Tipe E M/T Rp 140,23 juta

  • Tipe G M/T Rp 146,4 juta

  • Tipe G A/T Rp 158,4 juta


Harga Calya lama:

  • Tipe E Non ABS Rp 136,05 juta

  • Tipe E M/T Rp 138,85 juta

  • Tipe G M/T Rp 144,4 juta

  • Tipe G A/T Rp 156,4 juta


Perubahan harga tidak terlalu besar, namun penambahan fitur-fitur barunya terbilang sangat banyak dan lebih canggih. Jika dilihat dengan saksama, Tunas Friends akan merasa beruntung memiliki mobil Calya versi terbaru ini.


Baca juga: Tanda-Tanda Sudah Harus Ganti Oli Mobil


Bagi Tunas Friends yang ingin mengetahui detil spesifikasi produk Toyota Calya, segera kunjungi Tunas Toyota. Klik di sini untuk melihat produk lainnya!

107 views0 comments