Cara Ampuh Menghilangkan Baret Mobil

Updated: Oct 2



Mobil kesayangan Tunas Friends mengalami goresan? Terdapat baret mobil sana-sini karena gesekan benda kasar? Pasti menyebalkan sekali, ketika dilihat cat mobil sudah tidak semulus waktu pertama kali beli. Mau tidak mau, Tunas Friends harus memperbaikinya.


Baret mobil bisa ditimbulkan atas berbagai alasan, selain karena gesekan benda yang kasar, bisa juga karena kecelakaan ringan. Seperti, menabrak pembatas jalan atau tidak sengaja terserempet kendaraan lain ketika di perjalanan.


Tunas Friends tidak perlu khawatir, baret mobil bisa dihilangkan dengan berbagai cara, kok. Bahkan Tunas Friends bisa melakukannya dengan mudah #dirumahaja. Baret mobil yang halus, ringan, maupun dalam, semuanya masih bisa diperbaiki.


Jika Tunas Friends memiliki banyak waktu luang, lakukan saja di rumah. Namun, kalau memang tidak sempat dan merasa kesulitan, Tunas Friends bisa mengunjungi bengkel atau memanggil teknisi untuk datang ke rumah.


Sekarang, ayo ketahui dulu bagaimana cara mengetahui kondisi baret mobil dan cara menghilangkannya!


Baca juga: Fitur-Fitur Canggih pada Toyota Sienta Welcab


Periksa Kondisi Baret Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memeriksa kondisi goresan pada permukaan eksterior mobil. Apakah yang terlihat dan teraba benar-benar goresan yang sampai merusak cat mobil atau hanya bekas kotoran kering yang menempel?


Apabila Tunas Friends menemukan satu atau lebih garis yang sedikit menonjol, kemungkinan besar itu hanyalah debu yang mengering. Untuk membersihkannya, Tunas Friends bisa menggunakan kanebo basah sampai benar-benar hilang.


Namun, jika ternyata goresan tidak hilang setelah dibersihkan dengan kanebo basah, itu artinya mobil Tunas Friends sungguh mengalami baret.


Ketahui tingkat keparahan goresan tersebut dengan cara meraba dan melihatnya. Jika terlihat samar dan tidak ada perbedaan warna yang signifikan dengan cat mobil asli, maka goresan dianggap ‘halus’ atau ‘ringan’, dan cukup mudah dihilangkan.


Sementara itu, jika Tunas Friends sudah melihat warna goresan yang sangat kontras seperti warna perak khas logam atau besi, maka goresan tersebut masuk kategori ‘dalam’. Di mana kalau sudah separah itu, goresan sangat sulit dihilangkan tanpa bantuan teknisi bengkel yang sudah berpengalaman.


Nah, dengan memeriksa kondisi baret mobil, Tunas Friends baru bisa menentukan tingkat keparahan dan cara memperbaikinya dengan tepat.


Sebenarnya banyak sekali cara memperbaiki mobil yang tergores, seperti memakai wax, scratch remover, compound, hingga amplas. Semua tergantung pada kedalaman goresan yang dialami, jangan sampai salah penanganan ya!


Baca juga: Mengapa Wajib Pakai Masker Saat Nyetir Sendirian?


Baret Mobil Halus

Baret halus merupakan kategori paling ringan, bahkan hampir tidak terlihat secara kasat mata. Namun, tetap saja sedikit merusak estetika bukan?


Penyebabnya bisa karena keberadaan debu atau pasir yang menempel body mobil itu sendiri. Tidak jarang pemilik mobil lupa dan tidak sengaja mengelap dalam keadaan kering ketika akan mencuci mobil.


Cegah hal ini terjadi dengan:

  • Selalu memperhatikan kain lap yang dipakai dan keadaan body mobil ketika akan mencucinya.

  • Jangan gunakan lap kering dan kemoceng untuk membersihkan body mobil yang berdebu.

  • Sebelum mencuci, usahakan debu dan pasir yang menempel sudah terbasuh air terlebih dahulu.

  • Pakailah spons atau kain lap basah berbahan lembut dan bebas dari debu, pasir, dan semacamnya.


Baret mobil halus masih bisa ditutupi, yaitu dengan cara memolesnya (detailing atau coating) menggunakan scratch remover. Tunas Friends bisa menemukan scratch remover dengan mudah di toko aksesoris mobil dan tempat-tempat lain yang menjual kebutuhan mobil.


Baca juga: Tanda-Tanda Sudah Harus Ganti Oli Mobil


Baret Mobil Ringan

Tingkat keparahan yang kedua bisa disebabkan karena goresan benda-benda yang sifatnya lebih keras, seperti kerikil, ranting pohon, atau benda lain yang digunakan oleh pemilik mobil.


Selama masih belum terlalu dalam dan parah, baret mobil masih bisa dihilangkan. Caranya adalah menggunakan compound. Cairan ini berfungsi untuk mengikis cat di sekitar goresan sehingga goresan bisa tertutupi dengan baik.


Setelah membersihkan debu-debu yang menempel pada mobil dengan kain lap basah dan mengeringkannya, langsung oleskan compound/kompon putih di bagian yang tergores.


Poles menggunakan kain microfiber atau alat khusus sesegera mungkin, jangan sampai kompon mengering. Ketika memoles, jangan pula ditekan terlalu kuat supaya lapisan cat mobil tidak terkikis habis.


Jika dirasa sudah cukup, kembali bersihkan dengan kain lap bersih dan keringkan dengan tuntas. Voila, baret pada mobil sudah hilang!


Nah, selain kompon, Tunas Friends juga bisa menggunakan cairan ajaib scratch remover untuk baret mobil ringan. Namun, membutuhkan hingga lima kali poles untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Langkah terakhir adalah melakukan waxing agar mobil Tunas Friends terlihat semakin kinclong seperti baru.


Baca juga: PSBB Jakarta Diperpanjang Hingga 11 Oktober


Baret Mobil Dalam

Ketika mobil Tunas Friends sudah masuk di kategori ini, perlu ada penanganan lebih oleh tangan-tangan handal alias teknisi bengkel.


Penyebab baret mobil dalam bisa karena kecelakaan ringan, terserempet kendaraan lain atau fasilitas umum seperti tiang listrik, pohon, dan sebagainya. Tunas Friends yang mengalami ini, harus bersiap melihat goresan yang parah pada body mobil.


Baret mobil dalam biasanya sudah sampai merusak struktur cat, sehingga sulit untuk disamarkan atau ditutupi dengan cairan ajaib, termasuk scratch remover. Butuh ekstra perbaikan supaya goresan bisa tertutup dengan maksimal.


Langkah paling tepat adalah memperbaikinya langsung di bengkel dan biarkan teknisi bengkel yang bekerja untuk mobil Anda.


Baca juga: Cara Mengganti Filter AC Mobil agar Terhindar Corona


Bingung mencari bengkel terpercaya dengan pelayanan memuaskan? Bengkel Tunas Toyota bisa dijadikan pilihan terbaik sebagai solusi perbaikan mobil Anda. Booking segera di sini untuk pelayanan yang cepat dan mudah.


Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Tunas Friends dalam mengatasi masalah baret pada mobil!

19 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company