Cara Mengganti Filter AC Mobil agar Terhindar Corona

Updated: Oct 2



COVID-19 memang mudah ditularkan, terutama dari benda-benda di sekitar. Mirip seperti influenza yang terhirup dan tertular lewat udara dari seseorang yang terinfeksi virus tersebut. Pemicunya juga banyak, seperti filter AC mobil yang kotor dan menyebabkan kontaminasi bakteri lainnya.


Virus COVID-19 akan mudah berkembang saat imunitas tidak dalam kondisi yang baik. Sebaliknya, jika Tunas Friends selalu menjaga kesehatan, termasuk menjaga filter AC mobil agar tetap bersih, maka Tunas Friends memiliki peluang lebih besar untuk terbebas dari virus tersebut.


Kebersihan filter AC mobil tentu sangat berpengaruh terhadap kondisi udara yang Tunas Friends hirup ketika menyalakan AC di dalam mobil. Oleh karena itu, filter AC mobil perlu dibersihkan secara rutin supaya virus dan bakteri tidak masuk dan mengganggu sistem pernapasan.


Lebih jelasnya, mari simak ulasan tentang cara penggantian filter AC mobil #dirumahsaja dengan benar, serta kapan sebaiknya Tunas Friends membersihkan dan menggantinya.


Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Mogok Kebanjiran


Kapan Harus Ganti Filter AC Mobil?

Jika Tunas Friends bertanya, kapan waktu yang tepat untuk membersihkan bagian evaporator dan filter AC? Idealnya yaitu satu bulan sekali. Namun, Tunas Friends juga boleh membersihkannya setiap 2-3 bulan sekali.


Lakukan pengecekan filter dan evaporator secara berkala, supaya jika ada kerusakan, Tunas Friends bisa segera memperbaikinya. Ingat, kebersihan udara dari AC mobil sangatlah penting, sebab virus dan bakteri berada di mana-mana.


Selain dibersihkan, Tunas Friends juga harus melakukan penggantian filter AC mobil setiap mencapai 10.000 KM atau 6-12 bulan sekali. Walaupun diketahui filter dan evaporator tidak mengalami kerusakan, itu harus tetap diganti supaya kinerja AC berjalan dengan normal dan optimal.


Apa akibatnya bila jarang dibersihkan dan lupa diganti? Kebanyakan pemilik mobil lupa untuk melakukan maintenance karena masih merasa AC di mobilnya tidak mengalami masalah dan kondisinya pun masih dingin, sehingga tidak perlu dibersihkan dan diganti.


Hal tersebut perlu diperhatikan. Sebab, debu tak terlihat yang mengendap pada filter AC mobil lama kelamaan akan membuat evaporator menjadi korosi, lalu bocor. Akhirnya senyawa kimia akan ikut keluar dan membuatnya tidak sengaja terhirup, tentunya ini tidak baik bagi kesehatan karena cukup berbahaya.


Tunas Friends juga harus rutin membersihkan bagian dalam atau interior mobil. Debu yang ada pada jok mobil, serta karpet yang ada di dalam mobil bisa mempengaruhi kinerja filter dan evaporator. Semakin banyak debu yang tersaring dan menempel, maka komponen tersebut akan bekerja semakin berat.


Bagaimana, Tunas Friends? Masih malas membersihkan dan menggantinya? Yuk, belajar dari pengalaman!


Baca juga: 8 Tips Aman Menerjang Banjir dengan Mobil


Cara Mengganti Filter AC Mobil #DiRumahAja

Temukan Letak Filter AC Mobil Anda

Biasanya filter AC terletak pada area dasbor sebelah kiri. Jika Tunas Friends melihat ventilasi bergaris pada bagian dalam AC, itulah yang filter AC.


Buka dan Lepas Laci Mobil Anda

Selanjutnya, Tunas Friends bisa memulainya dengan membuka laci yang ada pada dasbor mobil. Usahakan untuk memindahkan barang-barang yang ada di sekitar dasbor, serta mengeluarkan benda-benda yang tersimpan di dalam laci terlebih dahulu. Ini dilakukan agar proses pembokaran AC lebih mudah.


Cara melepasnya yaitu dengan menarik kuncian dari pengait yang ada pada kanan dan kiri laci. Tarik dengan perlahan agar terlepas dengan sempurna tanpa ada yang patah.


Apabila Laci Mobil Sudah Terlepas

Setelah laci berhasil terlepas, letakkan dulu di tempat lain. Tunas Friends bisa menemukan tempat penutup filter AC yang ada di dekat laci yang sudah terlepas. Mulai buka bagian tersebut dengan cara menggeser kunci ke arah kanan, maka penutup filter AC mobil akan terbuka secara otomatis.


Angkat Filter AC Mobil

Saat ini, Tunas Friends sudah bisa melihat bagaimana bentuknya dan di mana letaknya. Pada umumnya, filter AC memiliki bentuk persegi berjaring yang  terbuat dari serat fiber tipis seperti kertas. Fungsi filter ini sendiri adalah sebagai penyaring udara dingin yang akan dikeluarkan.


Selanjutnya, Tunas Friends bisa langsung mengambilnya secara perlahan dan berhati-hati karena bahannya mudah rusak. Jika dibandingkan dengan tissue, filter ini lebih tebal dan kaku, namun sangat tipis.


Lakukan Pembersihan Secara Menyeluruh

Sangat tidak disarankan untuk membersihkan filter AC mobil dengan cara yang kasar dan sembarangan karena bisa merusak serat fiber. Maka dari itu, bersihkan debu yang menempel dengan kuas halus atau kompresor. Tapi ingat, harus hati-hati dan perlahan.


Setelahnya, Tunas Friends bisa menggunakan kanebo yang sedikit lembap untuk mengangkat sisa-sisa debu yang masih menempel dan lap kering untuk menghilangkan kelembapannya.


Pasang Kembali Filter AC Mobil yang Baru

Apabila Tunas Friends sudah yakin bahwa filter AC mobil dan area sekitarnya sudah bersih, kini saatnya melakukan proses pemasangan kembali. Kembalikan filter AC di posisi semula, lalu letakkan penutupnya.


Biasanya, pada bagian penutup filter AC terdapat tulisan ‘UP’. Tulisan tersebut berfungsi untuk menandakan mana bagian atas dan bawah penutup, sehingga risiko peletakkan yang terbalik bisa dihindari.


Baca juga: PSBB Diperketat! Ini Peraturan Berkendara yang Baru di Jakarta


Cukup mudah bukan untuk melakukan pembersihan dan penggantian filter AC mobil sendiri #dirumahaja? Hal-hal sederhana seperti sangat perlu untuk Tunas Friends pelajari, ditambah lagi adanya virus corona atau COVID-19.


Tetap jaga kesehatan dan jaga kebersihan area sekitar Anda ya, Tunas Friends! Jika tidak memiliki banyak waktu senggang untuk membersihkan atau mengganti filter AC mobil di rumah, hubungi Bengkel Tunas Toyota dan lakukan booking di sini supaya lebih mudah!

24 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company