Cara Mengatasi Mobil Mogok Kebanjiran

Updated: Oct 2



Ada 8 titik di Jakarta yang tergenang banjir, itu artinya Tunas Friends harus berhati-hati berkendara saat banjir. Genangan air tentu bisa merusak mesin mobil tanpa disadari. Maka, Tunas Friends perlu segera mengetahui cara mengatasi mobil mogok karena banjir.


Sebisa mungkin, bacalah artikel tentang Tips Aman Menerjang Banjir terlebih dahulu agar tidak terkejut apabila terjadi sesuatu saat menerjang banjir. Jangan lupa juga untuk mempelajari tentang cara mengatasi mobil mogok akibat genangan air yang akan diulas pada artikel ini.


Bagi Tunas Friends yang sudah sangat paham cara mengatasi mobil mogok, pasti terbiasa menanganinya. Mari ketahui lebih dalam mengenai cara mengatasi mobil mogok berdasarkan penanganan awal dan penanganan lanjutan yang harus Tunas Friends lakukan nantinya.

Baca juga: 8 Tips Aman Menerjang Banjir dengan Mobil


Cara Mengatasi Mobil Mogok Kebanjiran: Penanganan Awal

Jangan Langsung Menyalakan Mesin Mobil

Mobil tidak boleh langsung dihidupkan saat keadaan mesin masih basah, apalagi posisi mobil masih terendam banjir. Lebih baik diderek dan periksa kondisi mesin mobil terlebih dahulu, serta membuatnya benar-benar kering.


Jika Tunas Friends memaksa menyalakan mesin mobil saat masih dalam kondisi basah atau terendam, kerusakan yang terjadi bisa semakin parah, bahkan bisa menyebabkan korsleting dan terbakar.


Melepas Aki

Penanganan awal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melepas aki mobil setelah posisi mobil sudah diamankan dari genangan air. Dengan melepas aki mobil, Tunas Friends bisa menghindari terjadinya korsleting dan kerusakan yang lebih parah.


Derek Mobil

Seperti yang sudah dikatakan pada poin pertama, langkah terbaik untuk menyelamatkan mobil yang terendam banjir dalam kondisi mesin mati adalah mendereknya.


Jangan bingung, langsung hubungi layanan derek Tunas Friend di nomor 1500-798 dan tunggu sampai pihak Tunas Friend datang untuk membantu. Pada intinya, jangan langsung menghidupkan mobil ya!


Segera Bawa ke Bengkel

Apabila mobil sudah diderek, Tunas Friends bisa menghubungi dan membawa mobil ke Bengkel Tunas Toyota dan melakukan booking melalui link ini.


Kebanyakan bengkel telah mengetahui cara mengatasi mobil mogok, termasuk Bengkel Tunas Toyota. Perlunya penanganan khusus pada mobil mogok supaya tidak terjadi water hammer. Teknisi akan langsung membuka mesin dan mengeringkannya, serta melakukan pertolongan pertama dengan cepat.


Segera Keringkan Mobil

Mengeringkan bagian yang terlihat merupakan penanganan awal dari cara mengatasi mobil mogok karena genangan air. Seperti, bagian bawah mesin, eksterior, dan interior mobil.


Gunakan alat-alat pengering yang mudah didapat di rumah. Namun, jika merasa kesulitan untuk melakukannya, Tunas Friends bisa langsung membawanya ke bengkel terdekat atau Bengkel Tunas Toyota.


Catat Ketinggian Banjir

Jangan lupa mencatat batas ketinggian air yang merendam bagian mobil. Dengan begitu, teknisi bengkel akan lebih mudah menindaklanjuti perbaikan yang kira-kira akan dilakukan.


Para teknisi akan memeriksa dengan saksama mengenai bagian mobil mana yang mengalami kerusakan dan bagaimana cara mengatasi mobil mogok akibat banjir dengan ketinggian air yang telah Tunas Friends catat.


Baca juga: PSBB Diperketat! Ini Peraturan Berkendara yang Baru di Jakarta


Cara Mengatasi Mobil Mogok Kebanjiran: Penanganan Lanjutan

Hubungi Asuransi

Apabila Tunas Friends masih memiliki asuransi mobil, segera hubungi pihak asuransi untuk mempercepat proses klaim jika memang diperlukan. Langsung saja laporkan kondisinya, misalnya mobil yang Tunas Friends kendarai telah terendam banjir dan mati di tengah perjalanan.


Keringkan Interior Mobil

Cara mengatasi mobil mogok lainnya adalah dengan mengeringkan bagian interior mobil yang terendam banjir. Tunas Friends bisa memakai penghisap debu atau handuk di rumah untuk membersihkan kotoran dan menyerap air pada interior mobil.


Jika perlu, lepas dahulu semua kursi mobil supaya lebih mudah dalam proses pengeringan. Gunakan juga kipas angin agar bisa kering dengan cepat.


Segera Ganti Beberapa Komponen

Setelah memeriksa berbagai komponen, terutama bagian mesin, kopling transmisi, rem, dan bahan bakar, baru bisa diketahui bagian mana yang perlu diganti dan tidak bisa diperbaiki.


Komponen utama yang mau tidak mau harus diganti adalah cairan oli dan pelumas. Filter dan gasket juga perlu diganti jika sudah terendam air. Sebab, bila didiamkan, kerusakan akan langsung mengarah pada mesin dan komponen lainnya menjadi lebih parah.


Segera Periksa Komponen Kelistrikan

Jangan lupa untuk memeriksa kabel dan komponen listrik yang saling terhubung. Pastikan tidak basah dan tidak ada air yang masih menggenangi bagian tersebut. Sangat bahaya jika dibiarkan, kondisi terparah bisa menyebabkan konsleting dan terjadi kebakaran.


Baca juga: Usulan Pajak Mobil Baru 0% dari Menperin


Setelah mempelajari bagaimana cara mengatasi mobil mogok di tengah-tengah banjir, diharapkan Tunas Friends bisa mengambil langkah lebih bijak supaya kerusakan mobil nantinya tidak bertambah parah. Jika Tunas Friends tidak yakin bisa melakukannya sendiri, jangan ragu menghubungi Bengkel Tunas Toyota, ya!


Selain mengatasi mobil mogok, Tunas Friends juga bisa melakukan servis lainnya seperti ganti oli, ganti aki, cek kondisi mobil, dan sebagainya #dirumahaja dengan menggunakan jasa Tunas Home Service.


Sebagai salah satu dealer Toyota resmi di Indonesia, Tunas Toyota juga melayani pembelian mobil baru sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Tunas Friends. Lebih lengkapnya, silakan cek produknya di sini.

45 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company