top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Ini Dia Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Diperbarui: 20 Jun 2023


Indikator mesin mobil menyala
Indikator mesin mobil menyala

Mungkin sebagian dari Tunas Friends sering melihat lampu indikator check engine di dashboard? Fungsi nya apa sih?


Lampu indikator check engine di dashboard berfungsi sebagai pemberi peringatan dini pada pengendara mobil bahwa telah terjadi sesuatu pada mesin. Peringatan ini biasanya membuat sebagian pengemudi panik.



Jangan panik Tunas Friends, pada kasus tertentu lampu indikator check engine menyala tak melulu berhubungan dengan mesin mobil Tunas Friends.


Lampu yang berkedip tersebut bisa saja dikarenakan soket kendor, kemasukan air, kebocoran pada radiator, atau lainnya. Bisa juga disebabkan oleh komponen yang tak terpasang dengan benar.


Lalu sebab nya apa lampu indikator check engine ini menyala? Simak ulasan di bawah ini hingga selesai yah.


Cek Aki

Apabila lampu check engine menyala, tak ada salahnya juga Tunas Friends memeriksa kondisi aki mobil. Caranya dengan mencabut kabel konektor negatif pada aki lalu tunggu selama tiga detik.



Jika sudah pasang kembali kabel konektor negatif pada kubunya. Jika sudah dilakukan tapi lampu indikator masih menyala, kemungkinan ada kerusakan pada sensor mobil Tunas Friends .


Sensor Oksigen

Penyebab lain lampu indikator check engine menyala adalah rusaknya sensor oksigen. Komponen ini berfungsi memonitor oksigen di knalpot dan menentukan banyaknya bahan bakar yang terbakar.


Jika sensor oksigen rusak atau tidak bekerja, maka bisa mengganggu kinerja mesin dan merusak catalytic converter.



Catalytic Converter

Salah satu tanda jika catalytic converter mengalami kerusakan adalah bahan bakar cepat habis atau mobil tak memiliki tenaga untuk melaju, bahkan pedal gas diinjak dalam-dalam.


Penyebab lainnya bisa dikarenakan sensor oksigen yang rusak catalytic converter tak bisa melakukan proses konversi.



Seperti diketahui, catalytic converter berfungsi mengubah karbon monoksida dan zat-zat berbahaya lainnya menjadi senyawa yang aman bagi lingkungan.


Untuk itu, perhatikan kinerja dari catalytic converter mobil Anda agar lampu tak menimbulkan munculnya lampu indikator check engine.


Filter Udara

Selain itu lampu indikator check engine menyala bisa dikarenakan filter udara kotor atau perlu diganti. Filter udara erat kaitannya dengan mass airflow sensor yang berfungsi menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan berdasarkan udara yang masuk ke mesin mobil.


Apabila filter udara sudah terlalu kotor, tentunya akan menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar.



Inilah yang menyebabkan mass airflow sensor rusak. Rusaknya komponen tersebut akan menyebabkan lampu indikator check engine menyala.


Tutup Bensin Tak Rapat

Hal ini bisa dibilang memang cukup sepele. Tapi akibatnya justru bisa fatal dan mengakibatkan kebakaran. Tutup bensin yang terbuka atau tidak rapat akan ‘dibaca’ sensor pada ECU dianggap berbahaya.


Kejadian ini bisa menyebabkan indikator check engine menyala. Segera berhenti menyetir dan eratkan penutup tangki bahan bakar. Selain itu, cek apakah ada kebocoran yang terjadi.



Itulah beberapa penyebab lampu indikator lampu check engine menyala. Jadi, jika saat menyetir tiba-tiba lampu indikator tersebut menyala, jangan panik dulu Tunas Friends.


Namun bila dirasa ada kerusakan, Tunas Friend bisa langsung membawa mobil toyota kesayangan ke bengkel toyota terdekat. Untuk lebih mudahnya tunas friends bisa melakukan booking service via website resmi Tunas Toyota. Klik link di bawah ini yah.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page