top of page
Search
  • Admin

Jangan Dilakukan! Inilah 3 Dampak Apabila Mobil Menerjang Banjir

Updated: Oct 25, 2022


Mobil Banjir
Mobil Banjir

Berkendara menggunakan mobil ketika musim hujan tidak sepenuhnya menyenangkan, salah satu hal yang tidak diinginkan apabila jalan yang dilalui mobil mengalami banjir.


Demi mempercepat sampai di tujuan tak jarang banyak pengemudi nekat menerjang banjir ketika berkendara menggunakan mobil. Hal ini tentu berbahaya dan merugikan, berikut ini kita akan mengulas 3 dampak yang bisa dialami ketika kita nekat menerjang banjir.


Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Kerugian pertama yang bisa kita alami ketika menerjang banjir adalah klaim asuransi mobil ditolak. Efek dari menerjang banjir tak jarang membuat mobil rusak atau bahkan mogok di jalan.


Baca juga: Cek 5 komponen ini ketika memasuki musim hujan


Dengan adanya asuransi tentu akan sangat membantu apabila kerusakan mobil terjadi, namun ternyata tidak semua kerusakan mobil bisa diklaim loh. Beberapa perusahaan asuransi bahkan sering menolak kerusakan akibat menerjang banjir ini.


Menerjang banjir bahkan bisa dikategorikan sebagai kelalaian pemilik kendaraan yang akan berakibat ditolaknya proses klaim asuransi mobil.


Baca juga: Mengenal apa itu aquaplaning dan penyebabnya


Namun memang saat ini ada beberapa perusahaan yang menawarkan asuransi perluasan yang juga memproteksi kerusakan yang diakibatkan banjir. Maka dari itu, sebelum nekat menerjang banjir silahkan dicek kembali perjanjian asuransi yang dimiliki.


Kecelakan Ketika Menerjang Banjir

Hal lain yang dapat merugikan adalah terkait dengan keselamatan berkendara. Menerjang banjir tentu akan membahayakan pengemudi, seperti kecelakaan mobil yang diakibatkan menabrak kendaraan lain yang tiba-tiba mogok.


Ataupun mobil yang terjeblos lobang besar yang tidak terlihat karena tertutup genang air yang tentu akan membahayakan pengemudi dan juga kendaraan di sekitarnya.


Baca juga: Apa penyebab mesin mobil mati di jalan? yuk kenali penyebabnya


Di Beberapa kesempatan bahkan mungkin kita pernah melihat mobil yang terbawa arus akibat volume banjir yang besar. Apabila hal ini terjadi tentu akan sangat membahayakan kondisi pengendara dan juga penumpang.


Kerusakan Pada Mobil

Meskipun sudah memiliki asuransi yang dapat mengklaim kerusakan yang diakibatkan banjir, mobil yang rusak akibat banjir tentu akan memberikan dampak kerugian yang cukup besar.


Terutama apabila mesin mobil rusak akibat air banjir yang masuk ke ruang bakar mesin. Hal ini sendiri sering disebut sebagai water Hammer, kerusakan yang diakibatkan kasus seperti ini biasanya akan membuat banyak komponen menjadi ikut rusak.


Baca juga: Toyota home service, solusi servis mobil toyota dimasa pandemi


Bila hal ini juga sudah terjadi, tentu akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk proses perbaikan mobil dan tentu akan sangat merugikan karena mobil tidak bisa digunakan.


Selain air yang masuk ke bagian mesin, air banjir yang masuk ke bagian kabin mobil juga tentu akan merugikan dan merepotkan ketika harus melakukan proses pembersihan yang akan membutuhkan waktu ekstra.


Itulah 3 dampak buruk yang akan kita alami apabila nekat menerjang banjir. Maka dari itu, saat musim hujan seperti ini memang membutuhkan kesabaran lebih ketika harus melewati jalanan yang terendam banjir.


Baca juga: Amankah mobil hybrid toyota melintasi banjir?


Sangat disarankan untuk tidak pernah menerjang banjir menggunakan mobil, namun bila hal tersebut sudah terjadi dan tunas friends membutuhkan servis mobil toyota yang rusak akibat banjir bisa langsung membawanya ke bengkel Tunas Toyota terdekat.


Untuk lebih mempercepat, tunas friends juga bisa langsung melakukan booking service via website tunas toyota, selain lebih cepat ada undian menarik yang berhadiah jutaan rupiah juga, loh. Yuk, klik link di bawah ini.



0 comments
bottom of page