top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Mengenal Apa Itu Aquaplaning dan Penyebabnya

Diperbarui: 3 Nov 2022


Aquaplaning
Aquaplaning

Bagi sebagian orang mungkin istilah aquaplaning masih sangat asing di telinga. Secara sederhana aquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan cengkraman pada permukaan jalan yang terdapat genang air.


Kondisi aquaplaning juga sering disebut sebagai hydroplaning, pada dasarnya kondisi ini sangatlah membahayakan pengemudi ketika berkendara karena daya cengkram ban yang berkurang atau hilang akan mengakibatkan mobil menjadi tergelincir ataupun kehilangan kendali.



Lalu sebenarnya apa saja penyebab terjadinya aquaplaning atau hydroplaning ini? dan apa yang dapat kita lakukan untuk menghindari terjadinya masalah ini? Yuk, simak ulasan di bawah ini.


Penyebab Aquaplaning

Aquaplaning ini sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor utama penyebab terjadinya aquaplaning adalah kondisi jalanan. Kondisi jalanan saat hujan menjadi penyebab utama terjadinya masalah satu ini.


Terutama apabila kondisi jalanan memiliki drainase yang buruk, hal ini akan mengakibatkan kondisi jalan tergenang air dan jalanan menjadi licin yang disebabkan cengkraman ban yang tidak maksimal.



Waspada dan tetap fokus ketika berkendara menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari terjadinya aquaplaning. Menurunkan kecepatan berkendara ketika kondisi hujan bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari hal ini terjadi.


Dengan kecepatan kendaraan yang menurun tentu akan membuat kinerja ban menjadi lebih optimal ketika harus melewati jalan dengan genangan air yang dapat mengakibatkan mobil menjadi tergelincir.


Faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya aquaplaning adalah kondisi ban mobil. Ban yang memiliki kualitas yang masih baik tentu akan memiliki daya cengkram yang kuat pada permukaan jalan meskipun jalanan dalam kondisi hujan.



Maka dari itu, tingkat keausan dari ban mobil perlulah sangat diperhatikan. Kondisi permukaan ban yang mulai menipis tentu sangat beresiko mengakibatkan mobil tidak stabil atau bahkan tergelincir karena kurangnya kemampuan kerja dari ban.


Hal lainnya yang dapat menyebabkan kondisi aquaplaning adalah kemampuan dan cara mengemudi. Kejadian aquaplaning dapat saja terjadi karena cara mengemudi pengendara. Bila dalam kondisi hujan usahakan untuk menerapkan mengemudi dengan aman.


Melakukan manuver atau belok secara mendadak dapat juga menjadi faktor yang dapat menimbulkan terjadinya aquaplaning. Usahakan membawa kendaraan dengan aman dan nyaman untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang diakibatkan aquaplaning.



Mengingat saat ini sedang musim hujan, salah satu bagian penting yang berkaitan dengan aquaplaning adalah kondisi ban. Pastikan tunas friends melakukan pemeriksaan pada ban mobil.


Jangan sampai kualitas ban mobil yang sudah buruk dan perlu diganti dibiarkan. Karena tentu dapat membahayakan tunas friends ketika sedang berkendara. Tunas Friends bisa melakukan pengecekan ban mobil ketika sedang melakukan servis mobil di bengkel tunas toyota, loh.



Bila kondisi ban dirasa sudah tidak memungkinkan dan perlu melakukan pergantian ban, tunas friends juga bisa langsung melakukan penggantian ban mobil di bengkel resmi kami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai service toyota yuk klik tombol di bawah ini. Semoga informasi yang kami ulas dapat membantu.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page