Search
  • Admin

Jangan Salah Isi Angin, Inilah Tekanan Standar Ban Mobil!

Updated: Sep 19


Tekanan Angin Ban
Tekanan Angin Ban

Dapat dikatakan mungkin masih lumayan banyak pengemudi yang kurang peduli terhadap ukuran angin ban mobil yang mereka kendarai. Padahal, hal ini sangat penting untuk pengendara karena ukuran angin mobil dapat mempengaruhi performa dan kenyamanan untuk pengemudi maupun penumpang yang sedang berkendara.


Baca juga: Setir mobil terasa berat? Yuk, kenali 6 penyebab setir berat


Ban mobil yang kekurangan angin juga dapat memicu terjadinya kebocoran ban pada saat melintasi jalan yang berbatu sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Ban yang memiliki tekanan angin terlalu tinggi juga berbahaya. Mengapa? Karena, ban yang memiliki tekanan angin tinggi, pada saat mobil melintasi jalan berair dapat berpotensi terjadinya aquaplaning.


Nah, lalu bagaimana ukuran angin mobil yang ideal? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!


Cara Mengetahui Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal

Tiap jenis mobil yang berbeda pasti memiliki tekanan angin ban yang berbeda-beda. Mengapa? Karena tiap jenis mobil dan ban yang digunakan memiliki kapasitas yang telah ditentukan oleh pabrikan.


Agar kalian dapat memastikan tekanan angin ban yang cocok untuk mobil kalian, maka kalian dapat melihat informasi tersebut (Biasanya) pada frame pilar pintu depan sebelah kanan mobil.


Baca juga: Seberapa pentingnya kah merotasi ban mobil?


Nah Tunas Friends bisa membuka pintu bagian pengemudi. Setelah itu, bisa dilihat pada pilar bagian dalam yang lebih tepatnya berada di sebelah kanan bawah jok pengemudi.


Disitu kalian dapat menemukan stiker kotak yang memberi tahu kalian mengenai informasi tekanan ban. Misalkan, Tunas Friends saat ini sedang menggunakan Toyota All New Kijang Innova dengan ukuran ban standar 205/65 R16 dan tekanan angin ban depan dan belakang 33 psi.


Tetapi, tekanan angin ban juga bisa berubah-ubah loh yang mungkin dikarenakan oleh faktor dan situasi lainnya. Misalkan berat yang diangkut, hal tersebut merupakan salah satu faktor yang cukup penting yang dapat mempengaruhi tekanan angin ban yang ideal.


Baca juga: Mengulas ukuran ban mobil toyota rush


Jika beban yang kalian angkut semakin berat, maka tekanan pada angin ban juga harus ditingkatkan. Nah, jika Toyota All New Kijang Innova kalian diisi dengan 7 penumpang, maka tekanan ban belakang mobil tersebut yang idelanya yaitu menjadi 36 psi.


Pentingnya Mengecek Tekanan Ban Mobil Secara Rutin

Demi menjaga keselamatan dan kenyamanan kalian, kalian harus rutin mengecek tekanan ban mobil kalian.


Kalian tinggal melakukan pengecekan setiap sebulan sekali, bisa kalian cek di rumah menggunakan alat ukur tekanan angin ban mobil atau bisa juga kalian bawa ke bengkel saat kalian sedang melakukan servis rutin.


Baca juga: Sudah tau? inilah ukuran ban agya


Pastikan juga tekanan angin ban mobil kalian sesuai dengan kebutuhannya, tidak kurang maupun tidak lebih. Jika kondisi tekanan ban mobil kalian kurang atau lebih, itu bisa menimbulkan dampak negatif seperti di bawah ini.


Bahaya Tekanan Ban Mobil Kurang

Para pemilik mobil pasti sering menghadapi masalah kurangnya tekanan angin pada ban mobil. Masalah ini merupakan hal yang sangat wajar karena setiap bulannya tekanan angin pada ban mobil biasanya mengalami pengurangan atau penurunan.


Tetapi jika kalian tidak mengatasinya dengan cepat, hal tersebut dapat memberikan beberapa dampak negatif untuk mobil kalian.


Baca juga: Berapakah ukuran ban avanza? berikut ini ulasannya


Tekanan angin ban mobil yang kurang tidak hanya membahayakan keselamatan kalian saja, tetapi bisa juga membahayakan kendaraan lainnya pada saat di perjalanan.


Tumpuan pada ban mobil juga semakin meningkat apabila tekanan angin ban mobil kalian kurang. Akibatnya, akselerasi mobil kalian menjadi lebih berat sehingga mobil kalian bekerja lebih keras pada saat dikemudikan yang dapat membuat bahan bakar menjadi lebih boros.


Dampak negatif jika tekanan angin ban mobil kalian kurang yaitu:

  • Konsturksi ban menjadi cepat rusak

  • Keseimbangan kendaraan menjadi berkurang

  • Terkikisnya ban secara tidak merata

  • Dapat meledak sewaktu-waktu

  • Ban menjadi mudah tergelincir

  • Pengereman tidak bekerja secara optimal, apalagi pada jalanan yang basah

Bahaya Tekanan Ban Mobil Berlebihan

Kurangnya tekanan angin ban mobil bukan hanya hal yang dapat membahayakan keselamatan dan kenyamanan kalian, melainkan tekanan angin ban mobil yang berlebihan juga dapat memberikan dampak negatif loh Tunas Friends.


Baca juga: Memasuki musim hujan perhatikan 5 hal tentang ban mobil ini


Fungsi rem pada mobil juga tidak dapat bekerja secara maksimal, apalagi saat jalanan sedang basah dan licin. Hal tersebut sangat membahayakan kendaraan kalian dan juga kendaraan lainnya saat di jalan. Maka dari itu diusahakan untuk mengisi tekanan angin ban yang sesuai dengan kebutuhan mobil kalian.


Dampak negatif jika tekanan angin ban mobil kalian berlebihan yaitu:

  • Suspensi mobil menjadi lebih keras

  • Ban mobil memiliki potensi meledak

  • Mobil menjadi lebih mudah tergelincir

  • Memiliki risiko hilang kendali saat melaju pada kecepatan tinggi

  • Kestabilan mobil menjadi berkurang

Baca juga: Tips merawat ban toyota fortuner


Daftar Ukuran Angin Ban Mobil Standar

Salah satu faktor kenyamanan dan keselamatan berkendara merupakan tekanan angin ban mobil. Suhu udara pada lingkungan sekitar memiliki pengaruh besar terhadap tekanan angin ban.


Berikut ini merupakan informasi yang lebih detail mengenai ukuran angin ban standar pabrik yang direkomendasikan:

  • Mobil Sedan : 30 - 33 Psi

  • Mobil City Car : 30 - 36 Psi

  • Mobil MPV : 33 - 36 Psi

  • Mobil SUV : 35 - 40 Psi

Nah Tunas Friends, diatas merupakan beberapa penjelasan dan daftar mengenai ukuran angin ban mobil yang ideal untuk kalian berkendara. Tekanan angin ban yang memiliki model berbeda-beda pastinya sudah mempertimbangkan seluruh aspek keselamatan dan kenyamanan.


Tekanan angin ban di atas adalah tekanan angin rata-rata karena setiap mobil memiliki ukuran ban dan velg yang berbeda-beda, maka dari itu tekanan angin ban dari setiap tipe mobil juga berbeda-beda.


Baca juga: Berapakah ukuran ban dan velg toyota raize ? inilah informasinya


Untuk memastikan tekanan angin ban yang tepat, kalian cek informasi tekanan angin ban standar yang terdapat pada bagian pilar mobil Toyota kalian.


Maka dari itu, kalian wajib untuk merawat dan memperhatikan seluruh bagian mobil agar mobil kalian tetap dalam kondisi prima. Jangan lupa melakukan servis berkala di Tunas Toyota terdekat maupun bengkel terpercaya ya Tunas Friends! Klik link di bawah ini untuk booking service toyota.



43 views0 comments