top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Seberapa Pentingnya kah Merotasi Ban?

Diperbarui: 11 Jan 2023


Ban Mobil Toyota
Ban Mobil Toyota

Tunas friend, salah satu langkah perawatan Ban mobil yang jarang sekali dilakukan adalah Melakukan Rotasi pada Ban. Padahal dengan melakukan rotasi Ban atau perpindahan Ban, banyak keuntungan yang didapat oleh pemilik kendaraan.


Rotasi Ban menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga keamanan sekaligus menghemat biaya loh Tunas Friends.



Melakukan rotasi Ban sama saja meratakan tingkat keausan, sehingga titik aus tidak hanya pada satu bagian saja. Misalkan depan atau belakang.


Namun umumnya bagian Ban depan lebih cepat aus dibandingkan dengan Ban belakang. Karena untuk pengereman dan lebih banyak terkena gesekan saat berbelok.



Salah satu faktor yang membuat rotasi Ban jarang dilakukan karena minimnya informasi yang didapat.


Maka wajar apabila sebagian besar pemilik kendaraan tidak mementingkan perawatan yang satu ini. Sebenarnya tidak ada patokan resmi kapan harus melakukan rotasi pada Ban. Namun biasanya disarankan setelah kendaraan menyentuh jarak pemakaian 10.000km.



Karena pada jarak tersebut tingkat keausan mulai terlihat. Sedangkan untuk metode perpindahan tidak boleh dilakukan sembarangan.


Tetap ada perhitungan dan tata caranya. Contoh : Saat akan memindahkan Ban depan dan belakang tidak boleh searah , biasanya akan dilakukan penyilangan. Rotasi menyilang, misal Ban belakang kanan pindah ke depan menjadi sebelah kiri begitupun sebaliknya.



Tapi biasanya akan dilihat dari kerataan Ban, karena selain untuk menyelaraskan juga untuk menjaga kondisi dinding Ban pada kedua sisinya.


Bagaimana Tunas Friends, kendaraannya saat ini sudah dirotasi belum? Segera ke bengkel Tunas Toyota yuk. Agar lebih cepat yuk booking service sekarang via website tunas toyota, klik link di bawah ini yah.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page