top of page
Search
  • Admin

Ketahui Komponen Kaki Kaki Mobil dan Tanda Kerusakan


Kaki kaki mobil
Kaki kaki mobil

Kaki kaki mobil merupakan bagian yang penting pada sebuah mobil, letaknya yang berada di bawah dan menopang beban mobil membuat komponen yang satu ini menjadi rentan rusak.


Namun, sudah taukah tunas friends komponen-komponen apa saja yang ada pada bagian kaki kaki mobil ini? dan seperti apa tanda tanda yang muncul apabila bagian ini mengalami kerusakan? yuk, simak ulasan di bawah ini.


Komponen Kaki Kaki Mobil

Seperti penjelasan di awal, kaki kaki mobil ini terdiri dari beberapa bagian komponen, setidaknya kita dapat perlu mengetahui 6 komponen kaki-kaki mobil yang penting. Berikut ini beberapa bagiannya.


Baca juga: Ketahui apa itu fungsi kopling mobil dan ciri-ciri kerusakannya


Suspensi / Shockbreaker mobil

Pertama, yang mungkin cukup familiar di telinga tunas friends adalah suspensi atau Shockbreaker mobil. Bagian ini menjadi salah satu penentu kenyamanan berkendara. Letaknya komponen satu ini berada di antara rangka mobil dan roda.


Fungsi suspensi ini akan sangat terasa ketika kita sedang berkendara melewati jalanan yang tidak rata ataupun berlubang, kondisi suspensi yang baik akan memberikan kondisi yang stabil pada kabin mobil dan membuat perjalanan tentu menjadi lebih nyaman.


Baca juga: Mengenal apa itu suspensi mobil serta jenisnya


Kondisi suspensi atau shockbreaker yang sudah mengalami kerusakan salah satunya adalah munculnya suara pada bagian ini, selain itu juga biasanya akan terjadi kebocoran pelumas pada bagian ini.


Apabila beberapa tanda di atas mulai terlihat, segeralah membawa mobil toyota tunas friends ke bengkel resmi toyota untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Tie Rod Mobil

Komponen satu ini berada pada bagian kaki kaki mobil, fungsi tie rod ini sendiri adalah sebagai penghubung antara stir mobil dengan bagian roda. Bagian tie rod ini juga menjadi kesatuan dengan komponen lainnya seperti rack end dan rack steering.


Tie rod ini memiliki fungsi yang terbilang penting karena sangat mempengaruhi kestabilan kendaraan ketika sedang dikemudikan, kondisi yang rusak tentu akan membahayakan karena kestabilan mobil menjadi berkurang.


Baca juga: Sudah tau? inilah fungsi oli gardan pada mobil


Bila bagian ini mengalami kerusakan, biasanya hal pertama yang dirasakan adalah kondisi kestabilan mobil ketika dikendarai menjadi berkurang.


Ball Joint Mobil

Letak bagian ini tak jauh dari tie rod, ball joint memiliki fungsi sebagai pengikat atau menghubungkan antara roda dengan rangka mobil atau lower arm. Bentuk komponen ini berbentuk seperti bola.


Pada bagian ini perlu dilakukan pengecekan pada kondisi karet, bila kondisi karet robek itu tandanya harus segera dilakukan pengecekan lebih lanjut dan di bawa ke bengkel terdekat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.


Baca juga: Penasaran dengan stir yaris? berikut ini tampilan dan fiturnya


Bushing Mobil

Bagian yang satu ini memiliki fungsi sebagai peredam getaran pada bagian komponen kaki kaki mobil lainnya. Bushing ini terbagi kembali kedalam dua bagian yaitu bushing stabilizer dan swing arm.


Hampir sama dengan beberapa bagian lainya, apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan akan sangat mempengaruhi kestabilan dari mobil ketika dikendarai.


Bearing Mobil

Selain komponen di atas, terdapat juga komponen bearing yang memiliki peran yang sama pentingnya. Bagian bearing mobil ini sendiri sangat berperan dalam menjadi bantalan roda mobil. Yang tentu apabila terjadi kerusakan akan mempengaruhi kestabilan mobil ketika dikendarai.


Baca juga: Simak! kelebihan servis di bengkel resmi toyota


Roda Atau Ban Mobil

Yang terakhir tentu adalah roda atau ban mobil. Bagian ini terbilang sangat vital pada sebuah kendaran. Perannya yang besar ini membuat bagian roda atau ban ini perlu mendapatkan perhatian khusus.


Letaknya yang berada di paling bawah dan berhadapan langsung dengan permukaan jalanan membuat ban cepat mengalami kerusakan. Ban ini juga menjadi penting karena kondisi ban akan langsung mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara.


Baca juga: Mengenal apa itu aquaplaning dan penyebabnya


itulah beberapa informasi singkat mengenai komponen kaki kaki mobil serta beberapa tanda kerusakan. Apabila mobil tunas friends terasa beberapa permasalahan diatas, segeralah membawa mobil ke bengkel toyota terdekat.


Untuk lebih mudah, tunas friends bisa melakukan booking service via website resmi kami agar dapat lebih menghemat waktu. klik tombol di bawah ini untuk melakukan booking servis di bengkel resmi toyota kami. Yuk, servis mobil toyota mu sekarang.



0 comments
bottom of page