top of page
Search
  • Admin

Sudah Tau? Inilah Fungsi Oli Gardan Pada Mobil


Fungsi Oli gardan Mobil
Fungsi Oli gardan Mobil

Oli merupakan salah satu bagian penting pada sebuah mobil. Tapi tahukah tunas friends bahwa mobil tidak hanya menggunakan oli mesin saja, terdapat juga yang namanya oli gardan.


Oli gardan ini juga memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah mobil, lalu sebenarnya apa sajakah fungsi dari oli gardan mobil ini? Yuk, simak ulasan mengenai fungsi oli gardan di bawah ini.


3 Fungsi Oli Gardan Mobil

Secara umum fungsi oli gardan mobil adalah untuk melumasi beberapa bagian pada komponen-komponen mobil agar bagian tersebut terlumasi dan membuat komponen tersebut dapat bekerja dengan baik dan membuat komponen menjadi lebih awet.


Baca juga: Tanda sudah harus ganti oli mobil


Selain itu, ternyata ada 5 fungsi utama dari oli gardan mobil, seperti apa saja fungsi tersebut yuk lanjut ikuti ulasannya.


Melumasi Komponen Gear

Gear ratio merupakan salah satu komponen yang vital pada sebuah mobil, hal ini membuat perawatan bagian ini harus selalu terjaga. Pada mobil dengan transmisi otomatis bagian gear ini menjadi sangat penting, bila terjadi kerusakan tentu akan berakibat rusaknya komponen lainnya.


Dengan adanya oli gardan bagian gear akan terlumasi dan membuat gear bekerja lebih lancar dan terhindar dari gesekan yang dapat merusak komponen lainnya. Maka dari itu, mengganti oli gardan haruslah tepat waktu.


Baca juga: Kapan harus ganti oli mobil toyota agya matic? berikut ulasannya


Mencegah Mobil Overheat

Overheat pada mobil tunas friends ternyata bisa juga dipengaruhi oleh oli gardan, loh. Bagian gardan mobil yang tidak terlumasi oli dengan baik akan menimbulkan overheat pada bagian tersebut. Bila hal ini terjadi tentu akan membahayakan dan membuat bagian gardan menjadi cepat rusak.


Mengurangi Suara Bising Pada Mobil

Pernah mendengar adanya suara bising pada sebuah mobil? hal tersebut bisa juga berasal dari gear atau bagian gardan dari mobil. Gesekan antar gear yang tidak terlumasi oli dengan baik akan membuat gesekan menjadi lebih kasar dan menimbulkan suara bising pada mobil.


Baca juga: Simak! kelebihan servis di bengkel resmi toyota


Ada beberapa tanda yang dapat kita rasakan bila kondisi oli gardan mobil perlu diganti. Bila kita merasa mobil bergetar ketika sedang dikendarai terutama ketika sedang menanjak ataupun berbelok, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa ada permasalahan pada bagian gardan yang tidak terlumasi dengan baik oleh oli gardan.


Bila belum yakin mengenai kondisi oli gardan, tunas friends bisa mendatangi bengkel toyota terdekat untuk melakukan pengecekan kualitas oli gardan. Biasanya bila kondisi oli gardan sudah tidak layak akan mengalami perubahan warna, selain itu tingkat kekentalan dari oli akan berkurang.


Baca juga: Penting! Cek filter oli mobil setelah melakukan perjalanan jauh


Bila beberapa hal diatas sudah terlihat, segeralah untuk membawa mobil toyota tunas friends ke bengkel toyota agar segera dilakukan pergantian oli gardan mobil. Tunas Friends bisa melakukan booking service via website tunas toyota bila ingin melakukan service. Klik tombol di bawah ini.

Itulah beberapa info mengenai fungsi dari oli gardan mobil dan beberapa tanda oli gardan perlu diganti, semoga membantu.

0 comments
bottom of page