top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Mengenal Arti Kode Oli Pada Kendaraan


arti kode oli
arti kode oli

Ketika datang ke pemeliharaan mobil, salah satu hal penting yang sering diabaikan adalah pemilihan oli mesin yang tepat. Kode-kode seperti SAE dan API pada kemasan oli mobil dan JASO pada oli motor mungkin terlihat rumit, tetapi sebenarnya memiliki arti tersendiri, loh. Kali ini, kita akan mengulas sedikit mengenai arti dari kode-kode oli serta memberikan tips praktis dalam memilih oli yang sesuai untuk kendaraan tunas friends.


Arit Kode Oli SAE

SAE (Society of Automotive Engineers) adalah organisasi teknik yang mengembangkan standar untuk berbagai industri, termasuk otomotif. Pada kemasan oli, tunas friends akan melihat angka-angka seperti 5W-30 atau 10W-40, yang mengacu pada viskositas oli. Arti viskositas adalah kemampuan oli untuk mengalir pada suhu tertentu.



Angka pertama (misalnya, 5W atau 10W) merujuk pada viskositas oli pada suhu rendah, sementara angka kedua (misalnya, 30 atau 40) merujuk pada viskositas oli pada suhu tinggi. Semakin rendah angka pertama, semakin mudah oli mengalir pada suhu rendah, yang baik untuk start dingin. Semakin tinggi angka kedua, semakin kental oli pada suhu tinggi, memberikan perlindungan yang baik pada kondisi panas.


Kode Oli API

API (American Petroleum Institute) merupakan lembaga yang menetapkan standar untuk kualitas dan kinerja oli mesin. Kode API pada kemasan oli terdiri dari dua bagian: huruf pertama dan angka. Huruf pertama bisa menjadi "S" (untuk mesin bensin) atau "C" (untuk mesin diesel), mengindikasikan jenis mesin yang direkomendasikan.



Angka yang mengikuti menunjukkan kinerja dan spesifikasi oli dalam hal pembersihan, perlindungan dari aus, dan kinerja pada suhu tinggi. Angka yang lebih tinggi menunjukkan kinerja yang lebih baik.


Kode Oli JASO

JASO (Japanese Automotive Standards Organization)adalah organisasi standar otomotif Jepang yang mengeluarkan standar kualitas dan performa untuk oli mesin motor, khususnya yang digunakan dalam sepeda motor. Kode JASO terdiri dari huruf "MA" atau "MB".


"MA" adalah standar tertinggi untuk oli mesin motor empat tak, memberikan perlindungan optimal terhadap kopling basah. "MB" umumnya ditemukan pada oli mesin motor dengan komponen kopling kering atau sepeda motor skuter.



Tips Memilih Oli yang Cocok untuk Mobil

Melihat buku manual kendaraan adalah panduan utama dalam memilih oli yang cocok. Produsen mobil umumnya merekomendasikan jenis oli, viskositas, dan standar yang sesuai dengan mesin kendaraan.


Selain itu lingkungan dan kondisi berkendara tunas friends juga mempengaruhi pilihan oli. Jika tunas friends sering berkendara dalam kondisi ekstrem, seperti cuaca panas atau dingin, pertimbangkan viskositas oli yang cocok untuk kondisi tersebut.


Tentu sebaiknya memilih oli berkualitas daripada hanya berdasarkan harga. Oli berkualitas lebih baik melindungi mesin dan mengoptimalkan performa kendaraan dalam jangka panjang.



Salah satu yang penting juga adalah untuk memastikan memilih oli yang sesuai dengan tipe mesin kendaraan (bensin atau diesel) sesuai dengan kode API.


Itulah beberapa ulasan singkat mengenai kode yang ada pada kemasan oli. Pemilihan oli yang tepat merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja kendaraan.


Dengan memahami kode-kode seperti SAE, API, dan JASO membantu tunas friends dalam memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Sebagai pengemudi yang bijak, mengikuti rekomendasi produsen dan memilih oli berkualitas adalah langkah pertama dalam menjaga mesin kendaraan berjalan lancar dan tahan lama.



Jika masih bingung dan tunas friends memiliki mobil toyota, tunas friends bisa langsung menghubungi dan datang langsung ke bengkel resmi tunas toyota yang tersebar di beberapa daerah. Untuk lebih mudah, tunas friends juga dapat melakukan booking servis dengan cara klik link di bawah ini.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commenti


bottom of page