top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Sudah Tau? Inilah Macam-Macam Kunci Bengkel Yang Perlu Diketahui

Diperbarui: 20 Mar 2023


Macam macam kunci Bengkel
Macam macam kunci Bengkel

Bagi tunas friends yang sering ke bengkel mungkin sudah tak asing dengan jenis jenis kunci bengkel yang digunakan untuk memperbaiki kendaraan. Namun, ternyata bagi sebagian orang masih sulit membedakan macam-macam kunci bengkel ini, loh.


Agar tidak bingung, yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui macam macam kunci bengkel beserta fungsinya.


Macam macam kunci bengkel

Seperti kita ketahui, kunci bengkel ini memiliki beragam jenis serta kegunaan. Setiap kunci memiliki fungsinya tersendiri. Bukan hanya jenisnya, setiap kunci bengkel ini bahkan ada ukurannya tersendiri.



Sebenarnya, untuk mendapatkan kunci bengkel ini tidaklah sulit. Kita dapat menemukan dan membeli berbagai kunci ini untuk berbagai kebutuhan bukan hanya keperluan memperbaiki kendaraan. Saat ini sudah banyak alat toko kunci yang menjual barang-barangnya secara online. Untuk lebih jelasnya, yuk kita ulas satu per satu.


Kunci Ring

Yang pertama adalah kunci ring. Kunci bengkel yang satu ini memiliki fungsi sebagai alat untuk membuka baut atau mur. Pada bagian ujung memiliki bentuk bulat dengan gerigi pada bagian dalam.

Kunci ring
Kunci ring

Kunci ring ini memiliki ukuran batang yang terbilang cukup panjang, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan menjangkau bagian baut atau mur yang sulit terjangkau. Dengan bentuknya yang bulat tentu akan memudahkan ketika membuka baut.


Kunci Pas

Kunci yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan kunci ring. Fungsi utama kunci pas ini adalah untuk membuka baut ataupun mur. Yang membedakan adalah pada bagian ujung kunci ini tidak berbentuk bulat dan memiliki sisi yang terbuka.



Pada bagian ujung ini juga memiliki bentuk yang disesuaikan dengan bentuk baut agar lebih memudahkan ketika akan membuka. Selain itu, kunci pas ini memiliki ukuran atau dimensi yang berbeda pada setiap ujungnya.

Kunci Pas
Kunci Pas

Ukuran kunci pas ini biasanya tersedia pada ukuran mulai dari 4mm hingga 80mm. Namun biasanya untuk keperluan bengkel kunci ini memiliki ukuran mulai dari 8mm hingga 32mm.



Obeng

Benda yang satu ini mungkin yang paling umum untuk diketahui. Fungsi utama obeng adalah membuka ataupun menutup baut. Berbeda dengan kunci pas dan ring, obeng ini memiliki bentuk tersendiri. Pada bagian ujung obeng memiliki bentuk menyerupai + atau -.

Obeng
Obeng

Obeng ini bukan hanya digunakan untuk keperluan bengkel. Banyak kebutuhan perbaikan lain seperti elektronik, perbaikan rumah ataupun yang lainnya menggunakan benda yang satu ini. Bahkan, benda satu ini dapat dikatakan menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan kendaraan atau elektronik.



Kunci Busi

Berbeda dengan obeng yang digunakan untuk berbagai kebutuhan, kunci busi ini dapat dikatakan khusus digunakan untuk keperluan bengkel kendaraan. Seperti namanya fungsi kunci busi ini adalah untuk membuka dan memasang busi kendaraan.


Kunci Roda

Sama seperti kunci busi, kunci roda ini juga dikhususkan untuk keperluan kendaraan. Fungsi utamanya sudah tentu untuk membuka dan memasang baut roda kendaraan. Bentuk kunci roda ini sendiri terdapat beberapa jenis. Namun umumnya memiliki bentuk yang menyerupai huruf X ataupun L.

Kunci Roda L
Kunci Roda L

Kunci L

Seperti namanya, kunci L ini memiliki bentuk menyerupai huruf L. Kunci ini digunakan juga untuk membuka baut. Pada bagian ujung, kunci L ini memiliki bentuk berupa segi 6 dan digunakan untuk jenis baut tertentu.


Kunci Nepel

Kunci yang satu ini menyerupai kunci pas, namun ternyata fungsinya berbeda loh. Dan secara bentuk pun kunci nepel ini memiliki perbedaan pada bagian ujungnya. Bentuknya menyerupai huruf C dengan 6 sisi.


Kunci Inggris

Yang satu ini sangat berfungsi ketika tunas friends tidak mengetahui ukuran dari baut ataupun mur yang ingin dibuka atau dikencangkan. Bentuknya menyerupai kunci pas, namun memiliki dimensi yang lebih besar.

Kunci Inggris
Kunci Inggris

Pembeda utamanya adalah pada bagian sisi yang berfungsi untuk membuka baut dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran baut yang ingin dilepas ataupun dikencangkan.


Kunci Shock

Kunci yang satu ini dapat dikatakan sering ditemukan pada bengkel-bengkel. bentuknya yang beragam membuat kunci ini banyak digunakan oleh mekanik. Selain itu kunci ini juga lebih mudah digunakan terutama untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau.



Itulah beberapa nama nama kunci bengkel yang sering digunakan untuk keperluan perbaikan kendaraan seperti mobil. Meskipun kita mempercayakan kendaraan ke mekanik yang sudah berpengalaman rasanya tak salah untuk mengetahui jenis jenis kunci bengkel ini.


Jadi, selain beberapa kunci bengkel di atas, kunci apa lagi yang sering tunas friends gunakan atau ketahui? jangan lupa komen di bawah ini yah. Semoga membantu.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page