top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Mengenal Apa Itu Immobilizer Mobil, Inilah Fungsi dan Pengertiannya

Diperbarui: 21 Mar 2023


immobilizer Mobil
immobilizer Mobil

Saat ini sistem keamanan mobil semakin canggih, salah satu yang saat ini banyak digunakan adalah mobil dengan sistem kunci immobilizer. Bagi sebagian orang mungkin kata tersebut sudah tidak asing, namun sebenarnya apakah itu immobilizer, dan seperti apa fungsinya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.


Pengertian immobilizer

immobilizer adalah fitur atau sistem anti maling yang terpasang pada kunci mobil, sistem ini memanfaatkan gelombang radio sebagai identitas dari kunci tersebut. Dengan adanya fitur ini akan semakin membuat mobil menjadi lebih aman dari pencurian.



Fungsi immobilizer

Seperti penjelasan di atas, dengan adanya teknologi gelombang radio tersebut, mobil hanya akan menyala apabila menggunakan kunci dengan gelombang radio yang sesuai. Meskipun lobang kunci dimasukan dengan kunci dengan bentuk yang sama, mobil tetap tidak akan menyala apabila tidak menggunakan kunci yang sesuai.


Maka dari itu, immobilizer saat ini banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru, bukan hanya mobil, saat ini sudah banyak juga motor yang menggunakan sistem keamanan yang satu ini pada bagian kuncinya.



Kekurangan immobilizer

Meskipun sistem keamanan ini terbilang aman, namun ternyata terdapat kekurangannya juga loh. Terutama apabila sistem tersebut sedang eror ataupun mengalami kerusakan. Apabila hal ini terjadi tentu akan merepotkan. lalu apa sajakah kekurangan immobilizer ini, yuk lanjut ikuti ulasannya.


Menggunakan Baterai

Seperti kita ketahui, kunci immobilizer menggunakan baterai sehingga apabila baterai tersebut mulai lemah atau habis, tentu fitur ini tidak akan bisa digunakan dan apabila hal tersebut terjadi kita tidak akan bisa membuka pintu dan juga menyalakan mobil. Kita juga perlu membawa kunci cadangan untuk menghindari hal tersebut terjadi.



Gangguan Gelombang Kunci

Karena sistem ini menggunakan gelombang untuk menggunakannya, tak jarang terjadi gangguan gelombang pada sistem ini. Terutama apabila berada di lokasi yang berdekatan dengan pemancar gelombang telepon seluler.


Perbaikan yang rumit

Apabila terjadi kerusakan pada sistem atau fitur immobilizer ini, kita tak bisa melakukan perbaikan secara mandiri. Tunas Friends perlu membawa kendaraan ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan servis pada bagian immobilizer.



Itulah beberapa ulasan singkat mengenai fungsi immobilizer dan beberapa kelebihan dan kekurangan dari fitur keamanan mobil yang satu ini.


Apabila tunas friends mengalami kendala pada mobil toyota yang menggunakan sistem immobilizer, bisa langsung membawa ke bengkel resmi tunas toyota untuk segera dilakukan pengecekan dan perbaikan agar mobil dapat digunakan dengan prima kembali. Klik tombol dibawah ini untuk melakukan booking service.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page