top of page
Search
  • Admin

Mengenal Apa Itu Suspensi Mobil Serta Jenisnya


Suspensi Mobil
Suspensi Mobil

Suspensi mobil adalah salah satu komponen yang ada pada sebuah mobil yang berfungsi untuk meredam getaran pada mobil ketika sedang berjalan. Maka dari itu suspensi merupakan salah satu elemen penting untuk memberikan kenyamanan pada sebuah kendaraan.


Adapun beberapa fungsi lainnya dari suspensi mobil ini seperti untuk menambah kestabilan pada mobil. Tapi, tahukah tunas friends bahwa suspensi mobil ini juga terdapat beberapa jenis loh. Lalu apa saja jenis-jenis dari suspensi mobil ini, Yuk, ikuti ulasannya hingga akhir.


Suspensi Mobil MacPherson Strut

Jenis suspensi ini mungkin sering kita dengar, karena memang beberapa mobil di Indonesia menggunakan suspensi ini.


Baca juga: Berapa lama usia ban mobil harus diganti? inilah gejala yang muncul


Harganya yang tidak begitu mahal namun memberikan kenyamanan ekstra membuat banyak perusahaan mobil menggunakan suspensi macpherson ini. Salah satu mobil toyota yang menggunakan suspensi Macpherson ini adalah toyota calya dan Agya.


Suspensi Mobil Double Wishbone

Jika tadi kita berbicara mengenai harga atau biaya, sekarang beralih ke kualitas. Suspensi jenis satu ini dapat dikatakan merupakan suspensi yang memberikan kenyamanan paling baik.


Dengan desainnya yang sudah diatur sedemikian rupa membuat kondisi ban tetap lurus dengan permukaan jalan yang tentu pada akhirnya akan memberikan peredaman getaran yang sangat baik.


Baca juga: Jangan bingung! inilah daftar tipe toyota innova captain seat


Kita dapat menemukan jenis suspensi Double wishbone ini pada mobil toyota yaitu toyota innova dan juga fortuner pada suspensi bagian depannya.


Suspensi Mobil Torsion Beam

Suspensi jenis yang satu ini juga mungkin sering kita temukan di beberapa mobil di Indonesia, beberapa mobil compact dengan penggerak roda depan banyak menggunakan suspensi jenis ini.


Harganya yang ekonomis dengan kualitas yang dapat dikatakan memadai serta banyak ditemukan di pasaran menjadi salah satu keunggulan dari suspensi torsion beam.


Baca juga: Seperti apa tampilan dashboard rush? ini dia ulasannya


Suspensi Mobil Multilink

Pada jenis suspensi yang satu ini keunggulan utamanya adalah dari fleksibilitas yang baik, sehingga dapat menyesuaikan sudut posisi roda dengan jalanan. Sehingga dapat dikatakan bila menggunakan suspensi jenis ini memberikan kemudahan ekstra ketika berkendara.


Namun suspensi jenis ini juga memiliki kekurangan tersendiri salah satunya karena sistemnya yang terbilang cukup rumit, dan juga harganya yang cukup tinggi.


Baca juga: Perbandingan agya vs yaris! Mobil hatchback mana yang paling cocok untukmu


Suspensi Mobil Spring Leaf

Jenis yang satu ini juga sering kita temukan di beberapa mobil di Indonesia terutama pada mobil-mobil tipe lama banyak sekali menggunakan suspensi dengan jenis seperti ini.


Desainnya yang simple namun mampu menahan beban yang besar dan kokoh membuat suspensi jenis banyak digunakan pada mobil-mobil jaman dulu.


Namun terdapat satu kekurangan yaitu kurang memberikan kenyamanan yang baik pada pengguna mobil. Tak heran suspensi ini banyak juga digunakan pada mobil-mobil ataupun truk besar.


Baca juga: Tips sederhana modifikasi calya agar terlihat berbeda


Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu suspensi mobil dan seperti apa saja jenis-jenisnya, mamang masih banyak jenis-jenis suspensi lainnya, namun akan kita ulasan di artikel berikutnya yah.


Kami juga mau mengingatkan, jika tunas friends ada masalah dengan mobilnya terutama pada bagian suspensi, bisa langsung membawa mobil toyota kesayanganmu ke bengkel resmi toyota terdekat.


Baca juga: Daftar bengkel servis toyota daerah jakarta barat


Atau jika ingin lebih mudah dan cepat, bisa langsung melakukan booking service toyota via website resmi kami. klik tombol di bawah ini untuk informasi lebih detail.



0 comments
bottom of page