Search
  • Admin

Berapa lama usia ban mobil harus diganti? Inilah gejala yang muncul

Updated: Oct 25


Usia Ban Mobil
Usia Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mobil. Karena ban mobil ini memiliki peran yang sangat krusial saat mobil melaju, selain itu kenyamanan penumpang juga juga bisa didapatkan dari faktor ban yang digunakan pada kendaraan anda loh, Tunas Friends.


Bahkan keiritan BBM dan ketahanan kaki-kaki mobil juga mendapat pengaruh dari ban kendaraan tersebut. Oleh karena itu usia ban harus mendapatkan perhatian lebih atau khusus dari pengguna mobil! Simak ulasan di bawah ini yuk Tunas Friends untuk mengetahui kapan ban mobil harus diganti?


Baca juga: Mengulas ukuran ban mobil toyota rush


Ban yang sudah berumur lebih dari 3 tahun

Ban memiliki bahan utama yang berasal dari karet yang sangat elastis. Kemudian kelenturan atau keelastisan ban itu akan berkurang seiring dengan berjalan nya waktu.


Oleh karena itu waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil itu ketika usia ban mobil tersebut sudah lebih dari 3 Tahun, karena walaupun mobil tersebut jarang dipakai tetapi usianya sudah lebih dari 3 tahun maka ban kendaraan tersebut akan menjadi keras atau kurang lentur, hal tersebut membuat ban mobil tidak lagi nyaman untuk digunakan.


Baca juga: Sudah tau? inilah cara mengecek ukuran ban mobil


Jika jarak tempuh sudah mencapai 40.000km

Walaupun umur ban belum sampai 3 tahun, ban juga disarankan untuk diganti jika sudah memasuki jarak tempuh sebesar 40 ribu kilometer. Karena jika mobil sering digunakan bepergian dengan jarak yang jauh akan cepat mengalami kehausan.


Ketebalan tapak ban sudah mencapai batas TWI

Tiap ban mobil akan diberikan indikasi Tread Wear Indicator atau yang biasa disingkat dengan TWI. TWI ini merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap digunakan, tetapi jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI ban sudah harus segera diganti.


Baca juga: Jangan salah isi angin, inilah tekanan standar ban mobil


Ban gundul

Selain itu salah satu faktor yang membuat ban harus diganti yaitu ban yang sudah gundul. Walaupun ban gundul hanya ditengah tetapi bagian tepi kembangnya masih bagus, sebaiknya ban harus diganti.


Tidak usah menunggu bagian ban yang lain nya gundul juga, karena itu akan berbahaya untuk keselamatan anda dalam berkendara.


Baca Juga: Mengenal apa itu suspensi mobil serta jenisnya


Ban yang memiliki benjolan

Benjolan yang dimiliki pada kendaraan Tunas Friends juga menjadi salah satu tanda bahwa ban tersebut harus segera diganti.


Benjolan pada ban adalah pertanda adanya anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ada yang putus, kalau sudah terjadi ada nya benjolan berarti ketahanan pada ban sudah tidak sama dan harus segera diganti.


Baca juga: Seberapa pentingnya kah merotasi ban?


Hal tersebut juga bisa berbahaya untuk keselamatan Tunas Friends dalam berkendara, karena jika ban memiliki benjolan, ban akan lebih mudah pecah sebab ada beberapa bagian ban yang tidak lagi kuat menahan tekanan udara.


Nah, Itulah beberapa hal yang mengharuskan penggantian pada ban. Jika mobil Tunas Friends mulai terdapat beberapa tanda-tanda di atas, mungkin itu pertanda harus segera melakukan penggantian ban.


Baca juga: Mengenal apa itu aquaplaning dan penyebabnya


Namun, untuk lebih jelas tunas friends bisa langsung membawa mobil toyota kesayangan ke bengkel toyota terdekat untuk memastikan kondisi ban.


Agar lebih mudah, tunas friends bisa juga memanfaatkan fitur booking service via website resmi tunas toyota, loh. Yuk tunggu apa lagi, segera bawa mobilmu ke bengkel resmi tunas toyota. Ada hadiah menarik juga, loh.


0 comments