Search
  • Admin

Sudah Tau? Inilah Cara Mengecek Ukuran Ban Mobil

Updated: 2 days ago


Ukuran Ban Mobil
Ukuran Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu elemen terpenting, namun tidak semua orang paham mengenai ukuran ban, lalu bagaimanakah kita mengetahui dan membaca ukuran ban mobil? berikut ini adalah cara mengecek ukuran ban mobil.


Setiap mobil memiliki ukuran bannya masing-masing sesuai dengan spesifikasinya, ukuran tersebut sudah diatur sedemikian rupa agar performa mobil berjalan dengan baik, bila menggunakan ukuran ban mobil yang salah tentu akan menimbulkan beberapa permasalahan.


Baca juga: Seberapa pentingnya kah merotasi ban?


Maka dari itulah kita perlu mengetahui ukuran ban yang sesuai, cara paling mudah adalah dengan melihat kode yang tertera pada ban bawaan dari mobil tersebut. Tapi sudah taukah arti kode yang ada pada ban tersebut? jika belum, yuk disimak ulasan berikut ini.


3 Kode angka paling depan

Untuk melihat ukuran dari ban mobil kita dapat melihatnya pada 3 kode angka yang terdapat pada bagian depan.


Baca juga: Tips merawat ban toyota fortuner


Contohnya seperti ukuran ban avanza yaitu 195/60 R16, dari kode tersebut kita dapat melihat bahwa ukuran ban avanza adalah 195 atau tingkat ketebalan dengan velgnya.


2 angka setelah garis miring

Setelah mengetahui 3 angka yang ada paling depan menunjukan ketebalan ban, selanjutnya adalah kode 2 angka yang berada setelah tanda garis miring. 2 angka ini menunjukan rasio tinggi ban terhadap ketebalannya.


Pada ukuran avanza tertera 195/60 R16 yang menunjukan angka 60 merupakan rasio tersebut yang dimaksud.


Huruf setelah 2 angka

Untuk lebih mudahnya kita kembali dapat melihat dari kode ban mobil avanza yaitu R16. Huruf R yang tertera tersebut menunjukan jenis atau konstruksi dari ban itu sendiri. Huruf R sendiri berarti adalah radial.


Baca juga: Tips pentingnya menjaga tekanan angin ban


2 Angka setelah huruf

Ingin mengetahui diameter dari ban mobil? tunas friends tinggal melihat 2 angka setelah huruf. Contoh seperti 195/60 R16, kode tersebut menunjukan bahwa diameter dari ukuran ban mobil tersebut adalah 16.


2 Angka terakhir dan huruf di belakangnya

Kita juga dapat mengetahui kode indeks dari ban mobil, dengan melihat 2 angka terakhir pada kode tersebut. Maksud dari dua angka ini adalah menunjukan kemampuan menahan beban tumpuan dari mobil.


Biasanya dua angka ini juga diikuti dengan satu huruf pada bagian paling belakang suatu kode ban mobil. Contohnya seperti kode dengan huruf H yang menunjukan kode reting kecepatan dari ban tersebut.


Baca juga: Ban toyota avanza cepat aus? ini dia penyebabnya


Itulah beberapa cara untuk mengecek ukuran ban mobil, cukup mudah kan tunas friends? jika masih ragu, tunas friends bisa langsung membawa kendaraan ke bengkel mobil toyota terdekat.


Tunas friends juga bisa mengunjungi bengkel resmi tunas toyota untuk melakukan penggantian ban mobil. Apabila ban mobil dirasa sudah perlu diganti segeralah melakukan servis dan penggantian agar performa mobil tetap prima.


Bila tunas friends butuh informasi mengenai servis mobil toyota dan penggantian ban mobil bisa langsung mengklik link dibawah ini untuk informasi dan booking service. Semoga membantu.


33 views0 comments