Search
  • Admin

Memasuki Musim Hujan, Perhatikan 5 Hal Tentang Ban Mobil Ini


Ban mobil hujan
Ban mobil hujan

Ketika memasuki musim hujan, ada beberapa bagian dari kendaraan yang wajib diperhatikan agar tidak terjadi masalah ketika sedang berkendara. Salah satunya adalah kondisi ban mobil.


Pada saat kondisi jalanan hujan dan licin tentu kondisi ban menjadi sesuatu yang penting, tak jarang kondisi ban yang mulai rusak dapat menimbulkan kecelakaan seperti ban tergelincir dan lainnya.


Baca juga: Mengulas ukuran ban mobil toyota rush


Berikut ini adalah 5 hal yang wajib tunas friends perhatikan pada ban mobil ketika sedang memasuki musim hujan, yuk disimak hingga akhir.


Cek Telapak Ban Mobil

Kondisi baik atau buruknya sebuah ban mobil dapat kita ketahui dari kondisi telapak ban. Bila kondisi alur pada telapak ban mulai tipis bahkan sejajar dengan permukaan dalam ban, hal ini tentu membahayakan dan menjadi salah satu penyebab mobil tergelincir saat hujan.


Biasanya, kondisi telapak yang sudah tipis ini akibat penggunaan mobil yang sudah lama dan memerlukan penggantian parts ban luar mobil. Maka dari itu, segeralah mengecek bagian alur telapak ban, apabila sudah terlihat sangat tipis segerakan untuk menggantinya di bengkel resmi.


Baca juga: Sudah tau? inilah cara mengecek ukuran ban mobil


Cek Tekanan Angin Ban Mobil

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memasuki musim hujan adalah kondisi tekanan angin ban. Sebenarnya, baik dalam kondisi musim hujan atau tidak mengecek tekanan angin menjadi hal yang harus dilakukan.


Terlebih ketika musim hujan, kondisi ban yang kekurangan angin atau bahkan terlalu berlebih tentu akan mengganggu kerja dari ban mobil itu sendiri. Beberapa orang menganggap, apabila musim hujan perlu mengurangi tekanan angin ban, namun ternyata hal itu kurang tepat.


Jumlah tekanan angin yang benar adalah mengikuti standar yang sudah ditentukan. Bila kondisinya kurang atau berlebih justru akan membuat grip atau cengkraman dari ban menjadi tidak optimal dan tidak jarang mengakibatkan kerusakan pada ban.


Baca juga: Jangan salah isi angin! inilah tekanan standar ban mobil


Lakukan Rotasi Ban Mobil

Melakukan rotasi ban terkadang sangat diperlukan pada sebuah mobil, hal ini untuk menyeimbangkan kinerja dari seluruh ban. Sehingga tingkat tipis permukaan antara satu ban dengan yang lainnya bisa lebih seimbang.


Selain itu dapat juga melakukan spooring dan balancing pada mobil agar pergerakan dan kondisi ban tetap stabil dan bekerja lebih baik.


Perhatikan Kondisi Jalanan

Selain memperhatikan kondisi ban, memperhatikan kondisi jalanan ketika hujan juga menjadi sebuah hal yang sangat penting. Tak jarang kita sering menemukan kondisi jalanan yang berlubang tidak terlihat akibat tergenang air.

Gambar Jalan Berlubang
Jalan berlubang

Baca juga: Kelebihan isi angin dengan nitrogen


Bila kita tidak berkendara dengan hati-hati dan memperhatikan kondisi jalan bukan tidak mungkin ban mobil akan terperosok kedalam lobang jalan tersebut, dan tentunya bisa mengakibatkan kerusakan pada ban dan bukan tidak mungkin membahayakan ketika berkendara.


Berkendara Dengan Kecepatan Aman

Kecepatan ketika berkendara dalam kondisi hujan menjadi hal yang sangat penting juga untuk diperhatikan. Salah satu masalh utama terjadinya ban mobil tergelincir adalah kecepatan mobil yang tinggi.


Sehingga ketika kondisi ban tidak prima bahkan sudah aus ditambah dengan kecepatan yang tinggi mengakibatkan mobil tergelincir dan sangat membahayakan pengemudi, penumpang bahkan pengendara lainnya.


Baca juga: Berapakah ukuran ban avanza? berikut ini ulasannya


Dengan memperhatikan kecepatan mobil ketika hujan kita juga bisa menjadi lebih waspada dan dapat memperhatikan kondisi jalanan.


Itulah beberapa hal yang bisa kita perhatikan ketika berkendara dalam kondisi hujan terutama terkait dengan kondisi ban mobil. Jika tunas friends mengalami masalah dengan ban mobil toyota, bisa langsung mengunjungi bengkel resmi kami untuk melakukan servis mobil toyota. Klik link di bawah ini untuk booking service.



21 views0 comments