• Admin

Handling Lebih Mantap! Kelebihan Angin Nitrogen untuk Ban Mobil



Jika membicarakan tentang bagaimana supaya ban mobil tetap awet, salah satunya bisa dilakukan dengan menjaga tekanan angin. Baik mobil maupun motor, keduanya sama. Tekanan angin pada ban mobil yang sesuai akan mempengaruhi keseimbangan beban yang diangkut. Juga bisa membuat ban tetap awet dan tidak mudah botak.


Masih tentang angin, Tunas Friends biasa mengisi angin ban mobil dengan angin biasa atau angin nitrogen? Katanya, lebih baik menggunakan angin nitrogen daripada angin biasa. Benarkah begitu?


Mari kita telusuri, sebenarnya apa sih bedanya angin nitrogen dan angin biasa? Apa saja kelebihan yang membuat angin nitrogen ini dianggap lebih bagus untuk ban mobil?


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2020


Perbedaan Antara Angin Nitrogen dengan Angin Biasa

Nitrogen adalah gas murni yang sudah tersaring dan sama sekali tidak mengandung air. Memiliki suhu yang lebih dingin dan ringan, serta mampu mengisi ruang ban mobil dengan udara yang lebih optimal.


Beda sekali dengan angin biasa, Tunas Friends. Kandungan air yang ada di dalam angin biasa dapat menguap di suhu panas. Sehingga, udara dalam tekanan angin biasa akan berubah menjadi air yang membuat ban mobil menjadi lebih berat.


Inilah alasan sering terjadinya pecah ban. Ban mobil yang diisi dengan angin biasa akan mudah kempes, sobek, dan aus akibat tidak mampu menahan bobot yang terlalu berat.


Walaupun angin nitrogen terbilang agak mahal, tapi setidaknya ini bisa menguntungkan Tunas Friends agar tidak perlu lagi mengkhawatirkan ban mobil yang perlu ditambal dalam waktu singkat. Tentu saja, ini bisa mengurangi biaya perbaikannya juga kan, Tunas Friends?


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Kelebihan Mengisi Ban dengan Angin Nitrogen

Handling Mobil Lebih Mantap

Banyak pembalap yang sudah membuktikan bahwa angin nitrogen bisa membuat handling mobil menjadi lebih stabil. Ini dikarenakan sifat nitrogen yang tahan lama dan sangat mempengaruhi kondisi handling. Dengan begitu, berkendara menjadi lebih ringan dan nyaman. Mantap juga kan, Tunas Friends?


Tekanan Ban Jauh Lebih Stabil

Nitrogen akan membuat tekanan angin pada ban mobil lebih stabil. Walaupun suhu berubah, tekanan angin tidak akan ikut berubah. Ini dikarenakan nitrogen merupakan salah satu unsur yang tidak mudah terkontaminasi dan tidak mudah terpengaruh oleh unsur lainnya. Sehingga iklim tropis, seperti iklim Indonesia, tidak akan mempengaruhi tekanan angin ban mobil kesayangan Tunas Friends.


Lebih Awet dan Tahan Lama

Dikarenakan tekanan anginnya yang stabil, ban mobil pun jadi lebih awet dan tahan lama, lho! Sehingga Tunas Friends tidak perlu sedikit-sedikit mengisi angin karena ban mobil cepat kempes, repot juga kan kalau begitu? Masa baru sebentar pakai sudah harus kembali lagi ke bengkel, menyusahkan banget.


Tidak Menimbulkan Embun/Unsur Air pada Ban/Velg

Seperti yang telah dibahas di awal, bahwa angin nitrogen tidak mengandung air, sehingga tidak akan menguap dan berembun. Sehingga Tunas Friends tidak perlu khawatir terjadi korosi pada ban atau velg mobil (berbahan logam) karena tidak akan ada kandungan air yang menguap apabila Tunas Friends menggunakan angin nitrogen untuk mengisi ban mobil.


Menjaga Bentuk dan Ukuran Ban

Tunas Friends perlu tahu, bahwa angin yang digunakan untuk mengisi ban mobil dapat mempengaruhi bentuk dan ukuran ban mobil tersebut. Dengan angin nitrogen, tekanan di dalam ban cenderung lebih stabil dan tidak akan mengubah ukuran atau bentuknya. Berbeda dengan angin biasa yang bisa membuat ban mobil cepat kempes dan berujung rusak.


Grip/Daya Cengkram Ban Lebih Baik

Selain handling, daya cengkram ban terhadap aspal atau grip jauh lebih baik dan optimal saat dipakai berkendara. Dengan begitu, Tunas Friends akan lebih nyaman mengendarai mobil dalam waktu yang lama. Bahkan lebih aman walaupun jalannya naik turun dan berkelok-kelok.


Baca juga: Tips Memilih Rak Sepeda di Mobil untuk Anda yang Suka Bersepeda


Jangan Lupa! Isi Angin Nitrogen sesuai dengan Spesifikasi Ban

Angin nitrogen memang memiliki banyak kelebihan, namun Tunas Friends juga perlu berhati-hati. Ada beberapa ketentuan khusus yang harus diperhatikan dalam mengisi angin nitrogen untuk ban mobil Tunas Friends, yaitu:

  • Sesuaikan tekanan angin nitrogen yang digunakan dengan spesifikasi dan beban maksimum yang dianjurkan. Tunas Friends bisa melihat kode ban mobil yang tertera di buku petunjuk penggunaan mobil yang Tunas Friends beli.

  • Jika ukuran ban mobil depan dan belakangnya sama, maka Tunas Friends bisa membuat tekanan angin pada ban bagian depan lebih rendah daripada ban bagian belakang.

  • Usahakan untuk membuat tekanan angin yang seimbang pada setiap ban mobil. Setidaknya memiliki rasio tekanan angin yang sama dan sesuai.


Baca juga: Cara Mencuci Mobil ala Salon di Rumah aja


Nah, itu dia perbedaan antara angin nitrogen dan angin biasa, serta kelebihan-kelebihan angin nitrogen daripada angin biasa. Kesimpulannya, angin nitrogen jauh lebih mampu mengoptimalkan performa mobil dan membuat ban mobil menjadi lebih stabil.


Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Tunas Friends untuk mempertahankan kinerja mobil agar lebih optimal. Jangan sampai salah memilih jenis angin untuk mengisi ban mobil ya!


Bagi Tunas Friends yang ingin mengisi ban mobil dengan angin nitrogen supaya bisa berkendara dengan aman dan nyaman, ayo ke Bengkel Tunas Toyota terdekat dan booking sekarang!


Sumber: Carmudi, Otomaniac, & Planet Ban

22 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company