Cara Mencuci Mobil ala Salon di Rumah aja



Masa PSBB membuat kita terpaksa mengerjakan segala sesuatu di dalam rumah, termasuk bekerja. Bahkan, mau tidak mau, harus mengurangi kegiatan berkumpul bersama teman di tempat makan atau kafe. Bosan banget pasti ya, Tunas Friends?


Nah, daripada bosan, coba kegiatan baru yuk! Misalnya, mencuci mobil. Menjaga kebersihan mobil penting banget lho, Tunas Friends. Selain membuat nyaman bagian dalam dan luar mobil, dengan mencuci mobil, Tunas Friends bisa mempertahankan harga jual mobil tetap tinggi.


Memang, mencuci mobil di salon mobil dapat menghemat banyak waktu dan tenaga. Namun, Tunas Friends perlu menyisihkan uang lebih banyak. Dengan kata lain, mencuci mobil di rumah bisa meminimalisir pengeluaran, hitung-hitung sekalian berolahraga saat masa PSBB.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2020


Alat yang Dibutuhkan untuk Mencuci Mobil

Kegiatan mencuci mobil tidak bisa sembarang dilakukan karena bisa mempengaruhi interior dan eksterior mobil, baik karena goresan dan semacamnya. Oleh karena itu, Tunas Friends perlu mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci mobil supaya lebih aman dan bersih, di antara lain:

  • Lap plas chamois

  • Lap microfiber

  • Shampoo khusus untuk mobil

  • Spons bersih

  • Sikat kecil

  • Selang

  • Ember

  • Semir ban mobil


Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan air mengalir agar proses mencuci mobil selesai lebih cepat dan hasilnya juga lebih bersih maksimal.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Hal-Hal yang Harus Dihindari Ketika Mencuci Mobil

Cara Mencuci Mobil Bagian Eksterior

  • Pastikan jendela dan pintu mobil sudah tertutup rapat, Tunas Friends bisa mulai menyemprotkan air ke seluruh bagian mobil agar pasir atau debu yang menempel menghilang terlebih dulu.

  • Semprotkan air melalui selang selama 15 detik untuk meluruhkan kotoran seperti klorin dan bahan kimia lain yang berpotensi merusak body mobil.

  • Siapkan sabun pembersih, seperti shampoo khusus untuk mencuci mobil.

  • Gunakan spons bersih untuk menggosok body mobil. Gosok dan bersihkan bagian atap mobil terlebih dulu, kemudian ke bagian-bagian lain terutama bagian yang sulit dijangkau.

  • Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung, sebab tetesan air akan menjadi pantulan bagi matahari dan memfokuskannya pada cat mobil.

  • Usahakan mencucinya dengan bersih, jangan sampai ada sabun yang tertinggal karena bekas sabun yang terlanjur kering dapat merusak cat mobil.

  • Terakhir, keringkan dengan sempurna menggunakan lap microfiber atau lap plas chamois. Pastikan tidak ada bekas minyak atau kotoran lain yang melekat pada lap karena bisa menggores body mobil.


Cara Mencuci Mobil Bagian Interior

  • Siapkan sedikit air sabun untuk mencuci interior mobil, tidak perlu menggunakan semprotan air melalui selang.

  • Gunakan spons atau lap untuk membersihkan noda-noda yang menempel pada permukaan jok, dasbor, dan dasar mobil. Bersihkan juga karpet atau alas karet yang selalu kena injak.

  • Hindari penggunaan pemutih untuk membersihkan interior mobil dan biarkan pintu mobil terbuka karena akan ada proses penguapan yang terjadi.


Cara Mencuci Mesin Mobil

  • Pastikan untuk membersihkan bagian mesin mobil dengan aliran air yang tidak terlalu keras karena bisa terciprat bagian mesin lainnya yang tidak boleh terkena air, seperti accu, kabel, busi, dan sensor mobil.

  • Gunakan sabun cuci khusus atau minyak tanah untuk membersihkan kotoran minyak yang menempel pada mesin mobil.


Cara Mencuci Ban Mobil

  • Gunakan sabun yang sesuai untuk membersihkan kotoran membandel yang melekat pada ban mobil. Jika rim berbahan logam, gunakan sabun biasa.

  • Pakailah sikat yang bersabut untuk menghilangkan noda dan kotoran yang sulit dibersihkan.

  • Supaya ban mobil terlihat mengkilap dan terlihat seperti baru, Tunas Friends bisa mengembalikan warna ban mobil dengan semir ban khusus.


Baca juga: Tips Memilih Cover Mobil Terbaik


Hal-Hal yang Harus Dihindari Ketika Mencuci Mobil

Mencuci Mobil di Bawah Terik Matahari Langsung

Sebab, panasnya matahari akan cepat mengeringkan buih saat Tunas Friends sedang mencuci mobil, sehingga bisa meninggalkan noda bercak pada body mobil.


Langsung Menggosok Mobil

Sebisa mungkin, basahi dulu mobil dengan air mengalir untuk membersihkan kotoran-kotoran kecil yang menempel. Dengan membasahinya, mobil tidak akan mengalami goresan karena kain lap kering.


Hanya Menyediakan Satu Ember Air Sabun

Lebih baik gunakan air mengalir supaya kotoran bisa luruh sempurna dan tidak ada buih sabun yang tertinggal saat pembilasan.


Memakai Bahan Lap yang Kasar dan Kotor

Memakai bahan lap yang kasar dan kotor, seperti kain pel, spons bekas, atau lap dapur yang seharusnya tidak digunakan untuk mencuci mobil. Sebab, bisa menimbulkan banyak goresan halus pada body mobil.


Melewatkan Bagian Terpencil

Melewatkan bagian terpencil, seperti sela-sela pintu. Terkadang, bagian ini memang seling terlupakan. Padahal di sela pintu juga banyak debu dan kotoran yang menumpuk. Lebih teliti lagi ya, Tunas Friends!


Tidak Mengeringkan Mobil Setelah Mencucinya

Jangan menunggu mobil mengering dengan sendirinya karena bisa menimbulkan noda air kering pada body mobil. Tunas Friends bisa menggunakan lap khusus untuk mengeringkan mobil.


Melupakan Dasbor dan Karpet Mobil

Jangan hanya membersihkan jok mobil, dasbor dan alas karpet juga butuh dicuci dengan benar. Tunas Friends bisa menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat debu-debu halus pada karpet, lebih simpel ‘kan?


Baca juga: Amankah Mobil Hybrid Toyota Melintasi Banjir?


Mengajak Anak untuk Mencuci Mobil Bersama

Selain menghemat, mencuci mobil di rumah juga bisa digunakan sebagai momen quality time bersama anak. Tunas Friends perlu memanfaatkan momen kebersamaan ini untuk mempererat ikatan dengan si kecil.


Walaupun hanya mencuci mobil bersama, aktivitas ini dapat membangun hubungan emosional antara orangtua dan anak. Tunas Friends bisa sambil mengajari bagaimana cara mencuci mobil yang benar, serta alat-alat apa yang seharusnya digunakan. Menyenangkan banget!


Sebisa mungkin, manfaatkan masa PSBB dengan kegiatan-kegiatan yang tidak membosankan. Semangat, Tunas Friends!


Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Mobil Hybrid Toyota


Demikian ulasan mengenai cara mencuci mobil ala salon yang bisa Tunas Friends ikuti. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk menghabiskan waktu #dirumahaja selama masa PSBB berlangsung.


Bagi Tunas Friends yang sedang mencari mobil, segera kunjungi website Tunas Toyota dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Lalu, bagi Tunas Friends yang berminat untuk memperbaiki mobil kesayangannya, layanan Toyota Home Service akan selalu siap datang ke rumah Anda!


Sumber: Carmudi, Caroline, Semisena, Priceprice, & Kompas.

13 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company