Tips Memilih Cover Mobil Terbaik



Tunas Friends punya mobil kesayangan? Tentunya, Anda selalu ingin menjaga agar mobil kesayangan Anda tidak kotor apalagi rusak kan? Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu melindungi mobil dengan sarung atau cover mobil terbaik yang Tunas Friends punya. Tujuannya agar mobil tidak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan sekitar.


Tapi, dalam memilih cover mobil, Tunas Friends juga harus berhati-hati karena ada beberapa cover mobil yang bukannya menjaga dan melindungi body mobil, eh, malah menimbulkan jamur dan bikin cat luntur akibat bahannya yang tidak sesuai. 


Oleh karena itu, ketahui lebih dulu yuk, bagaimana cara menentukan cover mobil terbaik dan jenis cover mobil seperti apa yang bisa dipilih untuk melindungi mobil kesayangan Tunas Friends.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2020


Cara Memilih Cover Mobil Terbaik

Pilih Produk yang Sesuai dengan Bentuk Mobil Anda

Pertama, pahami bagaimana bentuk mobil Tunas Friends dan seberapa besar ukurannya. Apakah mobil Tunas Friends berjenis SUV, MPV, atau sedan? Hal ini penting karena cover mobil ada yang berukuran kecil, medium, dan besar.


Jika ukuran cover mobil terlalu kecil, akan ada area yang tidak tertutup dengan baik. Sehingga di bagian tersebut menjadi rentan terkena goresan akibat debu, serta cat yang menjadi kusam akibat hujan atau sinar matahari langsung.


Sebaliknya, jika terlalu besar, cover mobil bisa terbuka atau terlepas dengan mudah ketika angin bertiup kencang. Dimana kondisi ini akan membuat banyak celah untuk debu menyelinap masuk, juga dapat berpotensi menyebabkan goresan-goresan kecil pada body mobil.


Oleh karena itu, pilihlah cover mobil terbaik yang ukurannya sedikit lebih besar daripada mobil kesayangan Tunas Friends.


Penggunaan Indoor atau Outdoor?

Kedua, Tunas Friends juga perlu memperhatikan lokasi penggunaannya. Perlu diketahui bahwa bahan cover mobil untuk indoor dan outdoor tidaklah sama.


Cover mobil indoor tidak harus memiliki ketahanan air sampai 90% atau 100%, biasanya hanya berfungsi untuk melindungi mobil dari debu dan goresan.


Sebaliknya, cover mobil outdoor minimal harus tahan air 85% dan juga tahan panas, sehingga tidak meninggalkan bekas noda luntur dari bahan cover itu sendiri atau bahkan meleleh karena akan merusak body mobil.


Maka, gunakanlah cover mobil terbaik yang sesuai dengan lokasi mobil Tunas Friends ketika parkir ya!


Full Cover atau Half Cover?

Selanjutnya, tentukan tipe cover mobilnya. Jika ada di dalam garasi tertutup atau hanya sebagian body mobil yang keluar dari garasi, tipe half cover bisa jadi pilihan. Selain harganya lebih terjangkau, cover mobil tipe ini mudah dilepas pasang.


Namun, jika Tunas Friends biasa memarkirkan mobil di luar ruangan, tipe full cover cocok banget untuk dipilih. Tipe ini mampu melindungi seluruh bagian mobil dari debu, sinar matahari, kotoran burung, cap kaki dan cakaran kucing, serta segala kemungkinan lainnya.


Walaupun tipe full cover lebih sulit dipasang dan cenderung lebih mahal, namun penggunaannya akan lebih aman serta mampu meminimalisir terjadinya kerusakan hingga pencurian.


Pilih Produk yang Berbahan Halus agar Tidak Tergores

Gunakan cover mobil yang sisi dalamnya halus ya, Tunas Friends. Meskipun terlindungi sempurna, tidak menutup kemungkinan mobil akan tergores akibat cover mobil itu sendiri.


Pilih cover mobil terbaik dengan bahan kain yang telah melalui proses brushed atau proses sejenis lainnya yang membuat permukaan bagian dalamnya menjadi sangat halus.


Harganya memang lebih mahal dari tipe cover mobil biasa, tapi ini bisa menjadi alternatif bagi Tunas Friends yang ingin meminimalisir biaya kerusakan pada mobil.


Pilih Produk yang Memiliki Tali Pengencang agar Tidak Terlepas

Cover mobil terbaik adalah tipe cover yang memiliki tali pengencang, seperti strap atau belt. Dengan begitu, Tunas Friends tidak perlu khawatir lagi cover mobil mendadak terlepas saat tertiup angin. Sebab, fungsi dari strap atau belt itu sendiri akan membuat cover mobil terikat kuat ke velg roda.


Dibandingkan karet yang mudah mengendur, pilihlah strap, belt, atau tali serut sebagai pendukung cover agar terus melekat pada mobil. Dijamin, angin beserta debu tidak akan menyelinap masuk ke dalam cover mobil terbaik yang bisa Tunas Friends pilih.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Jenis-Jenis Cover Mobil Terbaik

Bahan Parasut

Parasut adalah bahan yang paling terjangkau. Cenderung tipis dan tidak mampu menahan air. Fungsinya hanya sebatas melindungi mobil dari debu di dalam ruangan dan tentunya tidak disarankan untuk mobil yang terparkir di luar ruangan ya, Tunas Friends!


Kenapa? Selain tidak waterproof, bahan parasut yang terguyur air bisa menempel pada mobil dan berpotensi merusak cat mobil. Bahannya juga ringan dan mudah tertiup angin.


Bahan PVC

PVC merupakan bahan yang lebih berkualitas dibandingkan parasut. Cover mobil berbahan PVC juga aman digunakan di outdoor karena tahan air dan tahan panas. Umumnya, cover mobil jenis ini memiliki sisi dalam yang agak kasar dan bisa merusak body mobil.


Oleh karena itu, sebaiknya Tunas Friends memilih bahan PVC yang bagian dalamnya halus, walaupun harganya sedikit lebih mahal. Tapi, apa salahnya jika memang berkualitas dan mampu melindungi body mobil dengan sempurna?


Bahan Milky

Kualitas cover mobil berbahan milky terbilang cukup baik. Pasalnya, Tunas Friends bisa menggunakannya di dalam atau luar ruangan. Meskipun begitu, cover mobil jenis ini tidak disarankan untuk dipakai saat musim hujan karena tidak memiliki sifat waterproof yang kuat.


Warnanya juga lebih bervariasi dan menarik, namun Tunas Friends tetap harus berhati-hati karena warnanya bisa saja luntur apabila terkena hujan.


Bahan Taslan

Cover mobil terbaik lainnya yaitu cover mobil berbahan taslan. Meskipun bahan taslan sama-sama merupakan produk industri rumahan dan memiliki berbagai variasi warna & motif seperti milky, namun cenderung lebih tebal dan lebih tahan terhadap air.


Sehingga, cover mobil bahan taslan ini cocok banget buat Tunas Friends yang mau pakai di outdoor.


Baca juga: Jakarta PSBB Total Kembali, Ini Panduan Lengkapnya!


Jadi, cover mobil mana yang mau Tunas Friends pilih? Penting banget nih untuk mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum membeli ya, Tunas Friends!


Bagi Tunas Friends yang masih mencari mobil dengan harga terbaik, kunjungi dealer Tunas Toyota atau klik di sini. Selain itu, kita juga menyediakan jasa servis kendaraan dengan fasilitas terbaik. Yuk, booking service di Bengkel Tunas Toyota sekarang!


Sumber: MyBest, GridOto, & BukaLapak

25 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company