Search
  • Admin

Merasa Mata Lelah Pada Saat Mengemudi? Lakukan Ini Untuk Mengatasinya


Mata lelah saat mengemudi
Mata lelah saat mengemudi

Tunas Friends, tahukah Anda bahwa mengemudi terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan tentu beresiko fatal apabila tidak ditangani dengan baik. Berikut adalah beberapa cara agar mata Anda tidak lelah pada saat mengemudi


Minum air putih

Konsumsi lah air putih sebanyak mungkin agar menambah asupan cairan dalam tubuh, namun ternyata masih banyak yang memilih untuk mengkonsumsi kopi sebelum berkemudi.


Baca juga: Tips cara mengemudikan mobil manual


Memang benar kopi dapat membangkitkan sel-sel otak namun kopi juga mempunyai efek samping lainnya seperti haus dan justru membuat Anda semakin lelah.


Makanan bervitamin

Konsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin karena zat-zat tersebut berfungsi untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Daya tahan tubuh yang baik dapat memberikan Anda fokus yang baik pada saat mengemudi. Konsumsilah makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, gandum dan biji-bijian.


Gunakan Obat mata

Mengemudi terlalu lama dan terkena AC dapat menyebabkan mata kering dan terkadang membuat mata perih.


Baca juga: Tips memilih leasing mobil yang tepat


Selalu sediakan obat mata agar mata menjadi lembab, atau Anda dapat mengedipkan mata berkali-kali untuk menjadi pelembab alami mata.


Istirahat

Pastikan anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum mengemudi karena kondisi badan yang letih/tidak fit berpotensi membuat Anda menjadi tidak fokus.


Angka kecelakaan yang disebabkan oleh kantuk dan kondisi badan yang tidak fit sangatlah besar, jadi istirahat bukanlah hal sepele yang bisa diabaikan ketika akan mengemudi.


Berhenti

Banyak orang yang ragu untuk menepi dan berhenti untuk istirahat sejenak agar cepat sampai tujuan. Namun hal tersebut dapat menyebabkan hal-hal yang fatal.


Baca juga: Tips memanaskan mesin mobil yang tepat


Apabila mata Anda sangat lelah, menepi lah sebentar di rest area atau convenience store terdekat untuk istirahat dan membeli perlengkapan yang Anda butuhkan untuk melanjutkan perjalanan. Tunas Friends pastikan Anda mengikuti tips-tips diatas untuk perjalanan yang aman!

14 views0 comments