Search
  • Admin

Memahami Apa Itu Titik Blind Spot Ketika Berkendara


Blind Spot adalah
Titik Blind Spot

Jalanan perkotaan yang padat tentu memerlukan kemampuan berkendara yang baik agar terhindar dari kecelakaan yang dapat membahayakan dan merugikan. Tak jarang Blind spot menjadi salah satu penyebab terjadinya benturan antar pengendara.


Lalu, sebenarnya apa itu titik blind spot? untuk mengetahui seperti apa blind spot tersebut yuk simak ulasan di bawah ini.


Pengertian Blind Spot

Blind spot adalah titik dimana pengendara tidak bisa melihat sebuah area secara baik dan jelas. Karena posisi yang tidak terlihat tak jarang apabila ada kendaraan pada posisi tersebut sangatlah beresiko terjadi kecelakaan.


Baca juga: Mudah! inilah cara merawat aki kering mobil agar lebih awet


Mengingat blind spot ini menjadi titik yang cukup berbahaya, membuat pengendara seharusnya lebih waspada pada titik-titik tersebut ketika berkendara. Jangan sampai karena tidak waspada mengakibatkan benturan dengan pengendara disekitar.


Cara menghindari Blind Spot

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari titik blind spot ini. Pada dasarnya setiap kendaraan memiliki blind spot yang berbeda-beda, semakin besar ukuran kendaraan tentu akan membuat titik blind spot yang lebih besar.


salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengatur posisi spion semaksimal mungkin, usahakan mengatur spion mobil dengan benar dan sejajar dengan bodi kendaraan.


Baca juga: Jangan dilakukan! Inilah 3 dampak apabila mobil menerjang banjir


Penggunaan kaca spion standar bawaan pabrik menjadi hal yang sangat penting usahakan untuk tidak melakukan modifikasi pada spion mobil yang justru akan mengurangi efektifitas penggunaan kaca spion untuk melihat titik blind spot.


Menyalakan lampu sein dan klakson bisa menjadi salah satu hal yang penting ketika akan mendahului, dengan adanya sinyal atau tanda antar pengemudi akan mengurangi resiko terjadi benturan karena pengemudi akan lebih aware terhadap kendaraan lain di sekitarnya.


Baca juga: Mengenal apa itu suspensi mobil serta jenisnya


Selain kewaspadaan pengendara, teknologi yang tersedia pada mobil juga sangat membantu pengemudi untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan blind spot ini. Salah satunya adalah fitur yang ada pada mobil toyota berupa ​​blind spot monitoring.


Beberapa mobil toyota seperti Toyota Raize, Toyota Veloz, Toyota Fortuner dan yang lainnya bahkan sudah memiliki fitur khusus yang dapat mengurangi resiko benturan yang diakibatkan oleh blind spot ini dengan mengandalkan teknologi radar.


Baca juga: Berapa lama usia ban mobil harus diganti? inilah gejala yang muncul


Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai apa itu blind spot dan bagaimana cara untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan titik buta ini, semoga membantu.

0 comments