top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Tips Memanaskan Mesin Mobil Yang Tepat

Diperbarui: 4 Apr 2023


Memanaskan mesin Mobil
Memanaskan mesin Mobil

Tunas Friends, Memanaskan mesin mobil salah satu cara untuk menjaga mobil agar tetap prima. Hanya dengan menyalakan mesin mobil selama beberapa saat, hal ini sudah dapat menjaga kondisi optimal mobil.


Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Tunas Friends perhatikan sebelum menyalakan mesin mobil. Beberapa hal yang dimaksud antara lain:


Perhatikan Durasi Memanaskan Mesin

Lama memanaskan mesin mobil sangat relatif. Ini disesuaikan dengan teknologi mesin masing-masing mobil. Ada yang cepat, ada pula yang membutuhkan waktu cukup lama.



Contohnya mobil yang sudah menggunakan teknologi mesin injeksi, Tunas Friends tak perlu terlalu lama memanaskannya. Hanya butuh waktu sekitar 30 detik hingga 1 menit. Jika terlalu lama, justru akan membuang bahan bakar sia-sia.


Tidak Perlu Injak Pedal Gas

Saat memanaskan mesin mobil, dianjurkan Tunas Friends tak menginjak gas. Ini dikarenakan sirkulasi oli di dalam mesin belum 100 persen melumasi semua komponen mesin.



Jika dipaksakan dengan menginjak gas, dikhawatirkan bagian mesin yang belum terlumasi oli secara maksimal akan mengalami gesekan dan berdampak pada rusaknya komponen dalam mesin. Untuk itu, cukup biarkan mesin mobil pada putaran idle.


Matikan AC

Ketika memanaskan mesin, usahakan AC mobil tidak dinyalakan. Sebab jika menyalakan AC saat suhu mobil belum mencapai titik normal, ini malah akan membebani atau memperberat performa mesin.


Ada baiknya, menyalakan AC ketika suhu mesin sudah mencapai titik normal. Dengan begitu, kinerja mesin terhadap kompresor AC tak terlalu berat.



Panaskan Mobil di Area Terbuka

Jika Tunas Friends memanaskan mobil di garasi, sebaiknya buka terlebih dulu garasi tersebut. Tujuannya agar ada sirkulasi udara untuk gas buang yang berasal dari knalpot mobil.


Perhatikan Rem Tangan

Pastikan rem tangan mobil Tunas Friends aktif. Ini bertujuan mencegah resiko mobil meluncur dengan sendirinya. Terutama bila posisi mobil berada di kontur jalan yang tidak rata.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page