• Jesanto

Apa itu Mobil Hybrid? Mengenal Lebih Dalam Mobil Hybrid Toyota

Updated: Oct 30


Sumber: Toyota


Tunas Friends, pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil hybrid Toyota. Mobil hybrid Toyota merupakan mobil yang memiliki dua jenis mesin. Secara sederhana, mobil hybrid Toyota memiliki dua buah mesin sistem penggerak, yaitu motor listrik yang mendapatkan sumber energi dari deselerasi dan mesin bensin yang menggunakan bahan bakar bensin. Dengan kedua mesin tersebut, mobil hybrid Toyota dapat membuat penggunaan bahan bakar yang lebih efisien daripada mobil konvensional dan rasa mengemudi yang mengasyikan.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Cara Kerja Mobil Hybrid Toyota

1. Apa itu Mobil Hybrid?

Mobil hybrid adalah mobil yang memiliki dua mesin penggerak, yakni mesin bensin konvensional dan motor listrik. Penggunaan mesin bensin konvensional dan motor listrik menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi.


Setiap mesin atau motor penggerak bekerja pada situasi tertentu, contohnya pada situasi mobil yang bergerak pelan, mobil akan menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Namun, apabila baterai yang digunakan untuk menggerakan motor listrik habis, sistem pada mobil hybrid akan mengubah secara otomatis menggunakan mesin bensin konvensional.


2. Sumber Daya Kendaraan Hybrid

Pertama, terdapat dua mesin, yakni mesin bensin & motor listrik yang keduanya merupakan sumber daya yang membawa tingkat efisiensi lebih tinggi.


3. Perbedaan Mobil Hybrid Toyota dengan Konvensional

Kedua, mobil hybrid Toyota memiliki unit drive yang unik. Tidak hanya menggunakan mesin bensin, mobil hybrid juga menggunakan motor listrik untuk menjalankannya. Dengan menggabungkan keduanya, menjadikan mobil hybrid yang ramah lingkungan dan rasa berkendara yang sangat baik.


4. Kolaborasi antara Mesin Bensin dan Mesin Listrik

Ketiga, apabila berkendara dalam mode kendaraan listrik, mobil hybrid tidak menghasilkan emisi gas buang. Hal tersebut dapat terjadi karena, saat berkendara dana mode EV (Electric Vehicle), mobil hybrid tidak menggunakan bahan bakar bensin. Hal tersebut yang menyebabkan mobil hybrid tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali.


5. Pengereman Regeneratif

Selanjutnya, penghematan energi dari proses pengereman. Disaat melakukan pengereman atau memperlambat kecepatan mobil, energi yang dihasilkan dari pengereman akan dialihkan pada baterai. Sehingga baterai terisi dan dapat digunakan untuk berakselerasi dengan menyalakan motor listrik. Jadi, energi yang yang dihasilkan dari pengereman tidak terbuang begitu saja.


6. Toyota Hybrid System (THS)

Lalu, terdapat dua motor listrik dalam Toyota Hybrid System. Kedua motor listrik tersebut dapat menghasilkan tenaga untuk penggerak dan menghasilkan energi listrik. Ketika mobil bergerak pada kecepatan rendah, THS akan menyuplai energi listrik ke baterai dan mesin dapat berjalan dengan motor listrik.


Saat berakselerasi pada kecepatan tinggi, THS menghubungkan motor listrik dan mesin bensin, sehingga dapat mencapai tenaga yang besar untuk berakselerasi. Apabila pengisian baterai tidak mencukupi, mesin bensin secara otomatis memutar generator listrik untuk menghasilkan listrik (MG1) dan menggunakan listrik tersebut untuk menggerakan roda kendaraan.


Ketika deselerasi atau melambatkan kecepatan dalam berkendara, motor listrik menggunakan energi pengereman dan dapat menghasilkan listrik yang dapat disimpan dalam baterai.


7. Jenis Sistem Hybrid

Terakhir, terdapat tiga jenis Sistem Hybrid Fundamental:

  • Sistem Hybrid Series

  • Secara umum, pada sistem ini, listrik dihasilkan dengan menggunakan mesin bensin dan roda digerakkan dengan menggunakan motor listrik.

  • Sistem Hybrid Paralel

  • Pada sistem ini, ketika mesin berjalan pada RPM yang rendah, sistem hybrid paralel akan menggunakan motor listrik untuk menunjang mesin bensin dalam menggerakkan roda ketika output yang dihasilkan oleh mesin bensin lemah.

  • Sistem Hybrid Series-Paralel

  • Sistem ini merupakan gabungan antara motor listrik dan mesin bensin dalam menggerakkan roda kendaraan. Motor listrik dapat menggerakkan roda kendaraan dengan mengandalkan dari listrik yang dihasilkan dari baterai hybrid maupun mesin bensin. Sistem ini juga dapat mengontrol sumber daya ganda agar dapat menghemat energi secara optimal di segala kondisi berkendara.

Baca juga: Rencana Ganjil Genap DKI Jakarta 24 Jam di Seluruh Ruas Jalan



Kelebihan Mobil Hybrid Toyota

1. Emisi Lebih Rendah

Pertama, mobil hybrid dilengkapi dengan mesin bensin yang memiliki teknologi terbaru. Teknologi tersebut dapat mengurangi zat beracun yang terkandung dalam emisi gas buang. Selain itu, mobil hybrid juga dilengkapi dengan motor listrik yang dapat mengurangi beban pada mesin bensin saat berkendara. Tentunya, dengan adanya motor listrik dapat mengurangi jumlah emisi yang dihasilkan. Saat berkendara dalam mode EV (Electric Vehicle), yang artinya mesin bensin dalam keadaan mati, emisi yang dihasilkan dengan menggunakan mode EV akan berkurang lebih banyak.


2. Suara Mobil Lebih Halus

Suara mobil yang lebih halus karena Toyota Hybrid System hanya bergantung pada motor listrik saat berkendara dalam kecepatan menengah. Hal tersebut yang menyebabkan tidak terdapat suara sama sekali dari mesin bensin. Saat akan beralih menggunakan mesin bensin, peralihannya pun berjalan dengan mulus, dan getaran dapat diminimalisasi sebaik mungkin.


3. Lebih Nyaman Berkendara

Saat mulai berkendara, kendaraan hybrid dapat bergerak dengan halus dengan menggunakan motor listrik. Saat mulai berakselerasi dengan menginjakkan kaki pada pedal gas, kendaraan hybrid dapat berakselerasi lebih baik ketimbang mobil konvensional.


4. Gabungan dari Efisiensi Bahan Bakar dan Kenikmatan Berkendara

Terdapatnya Toyota Hybrid System (THS) yang dapat menggabungkan antara mesin bensin dan motor listrik dapat menciptakan pengalaman berkendara yang asyik dibarengi dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi.


5. Jarak Tempuh yang Sama dengan Setengah Bahan Bakar

Saat mulai berkendara, kendaraan hybrid dapat berakselerasi dengan menggunakan motor listrik, sehingga dapat berjalan ke jarak tempuh yang sama dengan mobil konvensional dengan setengah bahan bakar dari mobil konvensional.


6. Mengurangi Emisi Secara Maksimal

Dengan cara berkendara yang menggabungkan antara motor listrik dan mesin bensin secara otomatis, dapat memberikan efisiensi bahan bakar yang maksimal.


Baca juga: Penjualan Mobil 2020, Ini Dia Mobil Terlaris Toyota di Semester I 2020



Prestasi dari Hybrid Toyota

Tunas Friends, mesin hybrid yang diproduksi oleh Toyota telah membuktikan kehebatannya di ajang lomba internasional. Berikut ini merupakan prestasi dari Toyota Hybrid:


1. TS040 Hybrid

Dengan mesin 3,7 liter V8 (naturally-aspirated) yang menghasilkan 520 tenaga kuda dan juga tenaga tambahan sebesar 480 tenaga kuda yang dihasilkan dari motor listrik di depan dan di as belakang membuat TS040 Hybrid merupakan mobil balap hybrid tercanggih di dunia. Total tenaga kuda yang dihasilkan dari TS040 Hybrid adalah 1000 tenaga kuda dengan penggerak empat roda.


2. World Endurance Championship (WEC)

Toyota ikut serta dalam World Endurance Championship (WEC) menggunakan TS040 Hybrid yang sudah dilengkapi dengan Toyota Hybrid System-Racing (THS-R). Ikut serta Toyota dalam WEC akan membantu percepatan inovasi teknologi hybrid dan akan berdampak positif bagi perkembangan kendaraan hybrid komersial. Persaingan dalam WEC akan berkontribusi terhadap kemajuan teknologi hybrid yang dimiliki oleh Toyota.


3. Toyota Memenangkan Kejuaraan Ketahanan Dunia

Pada tahun 2014, Toyota telah memenangkan Kejuaraan Ketahanan Dunia yang diselenggarakan oleh FIA dan Toyota juga menjadi juara dunia pada ajang bergengsi tersebut. Kemenangan Toyota pada ajang bergengsi tersebut telah menunjukkan pada dunia akan ketangguhan kinerja dari teknologi hybrid yang Toyota telah kembangkan.


Baca juga: Lihat Ambulans Gawat Darurat Lewat di Jalan, Begini Cara Respons yang Benar



Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Mengenai Mobil Hybrid Toyota

1. Apakah Mobil Toyota Hybrid Perlu Mengisi Baterai secara Eksternal?

Tidak perlu melakukan pengisian listrik secara eksternal, karena kendaraan dapat mengisi baterai secara otomatis saat kendaraan digunakan. Walaupun tidak mengisi baterai secara eksternal, baterai tidak akan habis saat digunakan dan tidak memerlukan perawatan khusus.


2. Apakah Toyota Hybrid System Menghasilkan Suara yang Berisik?

Mobil hybrid yang diproduksi Toyota menghasilkan suara yang lebih tenang ketimbang mobil konvensional pada umumnya, baik saat sedang dikemudikan maupun saat berhenti. Mobil hybrid yang diproduksi oleh Toyota juga sudah memiliki mode EV (Electric Vehicle), sehingga saat mode tersebut digunakan saat berkendara tidak akan menghasilkan kebisingan.


3. Apakah Bahan Bakar Tetap Efisien di Kemacetan Kota?

Mobil hybrid memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik ketimbang mobil konvensional. Saat terjebak macet, Toyota Hybrid System (THS) akan mengubah pengereman menjadi energi listrik yang disimpan dalam baterai dan saat macet kendaraan bergerak dengan menggunakan mesin listrik. Dengan begitu, bahan bakar bensin yang dikonsumsi lebih sedikit.


4. Apakah Kendaraan Hybrid dapat Menempuh Perjalanan Lebih Jauh Ketimbang Kendaraan Konvensional?

Dengan jumlah bahan bakar yang sama, mobil hybrid dapat melakukan perjalanan yang lebih panjang ketimbang mobil konvensional. Ketika dalam perjalanan panjang, mobil hybrid dapat menghemat waktu karena lebih jarang berhenti untuk mengisi bahan bakar.


5. Apakah Mobil Hybrid Toyota Membutuhkan Perawatan Khusus?

Meskipun dilengkapi dengan motor listrik, mobil hybrid tidak memerlukan perawatan khusus. Tidak ada perbedaan baik dalam pemeliharaan maupun mengemudi antara mobil hybrid dan mobil konvensional pada umumnya.


6. Apakah Mengendarai Mobil Hybrid Lebih Sulit?

Mengendarai mobil hybrid sama saja seperti mengendarai mobil konvensional pada umumnya.


7. Apakah Aman Mengendarai Mobil Hybrid?

Tingkat keamanan yang dimiliki oleh mobil hybrid tidak berbeda dengan tingkat keamanan pada kendaraan konvensional pada umumnya.

65 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company