Search
  • Admin

Perbedaan Salon Mobil dengan Auto Detailing Yang Harus Kamu Ketahui!


Detailing Mobil
Detailing Mobil

Perawatan mobil itu sebenarnya banyak jenisnya dan banyak pula tingkatannya. Biasanya, hal termudah yang bisa dilakukan pengguna mobil adalah memoles dengan wax setelah mencuci body kendaraan, itu pun di bagian luar saja.


Berkaitan dengan perawatan mobil, ada pula yang dikenal dengan salon mobil dan juga auto detailing. Beda nama, beda pula cara pekerjaan nya, alat dan bahan yang digunakan. Selain itu hasil dan daya tahannya pun berbeda dan juga biayanya.


Baca juga: Apa fungsi body paint mobil? ini ulasannya


Pengerjaan awal memang mencuci mobilnya terlebih dahulu, kemudian memoles body. Nah disini mulainya pengerjaan perawatan body. Pengerjaan salon mobil hanya membutuhkan 3 layer/lapisan untuk body kendaraan.


Pengerjaan salon mobil pun hanya memoles bagian eksterior yang terlihat secara kasat mata. Otomatis, hal hal lainnya seperti sisi-sisi lampu bisa jadi luput dari pemolesan.


Hal demikian juga terjadi untuk sisi interiornya, yang hanya dibersihkan dengan penyedot debu. Velg hanya sebatas memoles velg dan ban dengan wax saja.


Baca juga: Kenali proses dan manfaat body repair mobil


Waktu pengerjaannya terbilang singkat, dengan 2-3 jam saja dan masa tahannya pun juga hanya beberapa bulan saja.


Lain hal nya dengan Auto Detailing, yang memiliki banyak tingkatan pekerjaan. Untuk hal awalnya memang tetap mencuci mobil dengan air mengalir.


Setelah itu, mulailah body repairing, yang memeriksa seluruh goresan body kendaraan yang ada di badan mobil.


Baca juga: Ingin cat ulang mobil? inilah daftar bengkel cat mobil tunas toyota


Pengerjaannya pun benar-benar detail dengan peneraman banyak layer. Bahkan, untuk sela-sela lampu dan baut roda pun tak luput dari pemeriksaan.


Interiornya pun dikerjakan secara detail, dan bangku kendaraan, sarung jok juga dicopot untuk dibersihkan. Waktu pengerjaan paling cepat 7 jam.


Baca juga: Simak! inilah promo service toyota terbaru


Hasilnya memang untuk ketahanan auto detailing lebih lama dibandingkan dengan salon mobil, yang bisa bertahan hingga 1 tahun dengan perawatan rutin.


Harga memang berbeda karena ada harga, ada kualitas. Untuk salon mobil bisa dipatok harga ratusan ribu sedangkan auto detailing bisa mencapai jutaan rupiah.


Baca juga: Mobil rusak saat mudik? inilah cara claim asuransi mobil

0 comments