• Admin

Tips Memilih Rak Sepeda di Mobil untuk Anda yang Suka Bersepeda


Gambar: Rak Sepeda di Belakang Mobil Toyota C-HR


Bersepeda menjadi hobi baru bagi masyarakat Indonesia saat PSBB. Selain sebagai ajang olahraga, bersepeda dianggap mampu mengatasi rasa bosan di rumah saja. Olahraga ini juga masih aman dilakukan selama mengikuti protokol kesehatan.


Kini, banyak pengendara yang sengaja membuat rak sepeda di mobil. Tujuannya agar sepeda mudah dibawa ke area khusus olahraga yang diinginkan.


Jarak antara tempat tinggal dan area berolahraga yang cukup jauh sering dijadikan alasan mengapa rak sepeda di mobil sangat dibutuhkan. Dengan adanya rak sepeda di mobil, Tunas Friends bisa mengunjungi tempat favorit untuk bersepeda dengan nyaman.


Berikut ini ada beberapa tips memilih rak sepeda di mobil yang sesuai dan tentunya bisa Tunas Friends pahami lebih dalam lagi. Simak, yuk!


Baca juga: Spesifikasi Lengkap New Yaris 2020


Jenis-Jenis Rak Sepeda di Mobil

Rak Sepeda di Atas Mobil (Roof Mounted Bike Rack)

Jenis rak sepeda ada dua, salah satunya adalah rak yang terletak di atas mobil. Jika Tunas Friends ingin meletakkan sepeda di bagian atap mobil, maka Tunas Friends perlu menyiapkan roof rail. Setelahnya, baru bisa dipasang rak sepeda khusus untuk dipasang di atap mobil.


Jangan lupa untuk memperhatikan bobot dan ukuran rak sepeda, harus diperhitungkan dengan kemampuan atap mobil menahan beban. Tunas Friends juga perlu berhati-hati dan selalu waspada ketika berkendara dengan membawa sepeda di atas mobil, ya!


Rak Sepeda di Belakang Mobil (Rear Mounted Bike Rack)

Selanjutnya, bagian mobil lain yang menjadi favorit sebagai tempat rak sepeda yaitu di bagian belakang mobil. Terdapat dua versi, yaitu rear rack dan tow bar.


Model rear rack terbilang cukup populer dan bisa digunakan di segala jenis mobil. Sifatnya lebih praktis dan fleksibel, serta mampu mengangkut 2-3 sepeda sekaligus jika tali pengaitnya dipasang dengan tepat.


Sementara model tow bar memanfaatkan bagian bumper sebagai tempat dudukan rak sepeda. Pastikan dudukan rak sepeda sesuai dengan bumper mobil.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross 2020 Indonesia


Kelebihan Masing-Masing Rak Sepeda di Mobil

Kelebihan dari Rak Sepeda di Atas Mobil

Dengan memiliki rak sepeda di atas mobil, Tunas Friends akan lebih mudah memarkirkan mobil di lahan sempit sekalipun. Juga, tidak perlu khawatir membuat lecet mobil lain apabila tidak sengaja bertabrakan.


Selain itu, sepeda yang diletakkan di atas tidak akan menghalangi akses buka-tutup bagasi. Sehingga, jika Tunas Friends mau memasukkan atau mengeluarkan perlengkapan lain akan lebih mudah melalui pintu bagasi.


Kelebihan dari Rak Sepeda di Belakang Mobil

Bagi Tunas Friends yang berencana membuat rak sepeda di bagian belakang mobil, jangan khawatir. Dengan memiliki rak sepeda di belakang, Tunas Friends akan lebih mudah menaikkan dan menurunkan sepeda, serta membongkar-pasang rak sepeda karena masih terjangkau tanpa memerlukan alat bantu.


Selain itu, Tunas Friends juga tidak perlu khawatir ketika melewati jembatan beratap rendah, atap mobil Tunas Friends sudah pasti aman dari goresan. Beban sepeda cenderung lebih stabil daripada saat sepeda diletakkan di atas mobil.


Baca juga: Cara Mencuci Mobil ala Salon di Rumah aja


Kekurangan Masing-Masing Rak Sepeda di Mobil

Kekurangan dari Rak Sepeda di Atas Mobil

Tidak hanya kelebihan, memasang rak sepeda di atas mobil juga memiliki kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Tunas Friends harus berhati-hati ketika berkendara dan melewati gerbang atau jembatan beratap rendah. Jangan sampai lupa kalau ada sepeda yang diletakkan di atap mobil ya, Tunas Friends.


Juga, Tunas Friends akan lebih sulit meletakkan sepeda di rak yang dipasang di atap mobil. Tentu perlu waktu yang cukup lama, bahkan membutuhkan bantuan orang lain. Padahal meletakkan sepeda di atas mobil terbilang lebih aman daripada meletakkannya di bagian belakang mobil.


Kekurangan dari Rak Sepeda di Belakang Mobil

Rak sepeda di bagian belakang cenderung lebih mengganggu ketika Tunas Friends hendak memarkirkan mobil di lokasi yang sempit. Jangan sampai menggores mobil lain di parkiran ya!


Kelemahan lain dari memiliki rak sepeda di belakang mobil yaitu beban mobil menjadi kurang seimbang dan lebih berat di bagian belakang. Biasanya sangat terasa pada mobil sedan yang ukurannya kecil. Namun, jika tepat pemasangannya bisa dipastikan akan aman-aman saja, kok.


Baca juga: Tips Memilih Cover Mobil Terbaik


Kisaran Harga Rak Sepeda di Mobil

Kelebihan dan kelemahan memang penting untuk menjadi bahan pertimbangan, tapi Tunas Friends juga perlu mengetahui budget maksimal untuk membeli rak sepeda di mobil sesuai keinginan.


Harganya macam-macam, tergantung merek, jenis, dan kapasitas rak sepeda. Seperti, rak sepeda untuk bagian belakang tanpa merek berkisar di harga Rp 1-3 juta. Namun, merek terkenal bisa mematok harga hingga 8 juta, bahkan belasan juta.


Sementara rak sepeda untuk bagian atas tanpa merek ada di kisaran harga 2 juta, dan 4 juta untuk salah satu merek terkenal. Tunas Friends bisa membelinya di toko daring, akan lebih murah dibandingkan toko offline.


Baca juga: Amankah Mobil Hybrid Toyota Melintasi Banjir?


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membawa Rak Sepeda di Mobil

Pastikan Rak Sepeda Terpasang dengan Baik

Usahakan memasangnya dalam posisi lurus agar beban tumpuan stabil dan tidak berat sebelah, serta perhatikan tali pengencang yang terpasang.


Sepeda Terpasang dengan Benar

Posisikan sepeda dengan tepat di tempat seharusnya. Usahakan melepas ban roda bagian depan supaya sepeda bisa terpasang dengan sempurna di raknya.


Perhatikan Penempatan Sepeda Apabila Membawa Lebih dari 1 Sepeda

Letakkan sepeda paling berat di bagian terdalam rak dan sepeda paling ringan di bagian terluar. Tempatkan sepeda-sepeda secara menyilang supaya bebannya seimbang.


Perhatikan Cara Berkendara

Sebisa mungkin, berhati-hatilah berkendara ketika membawa sepeda (apalagi jika lebih dari satu). Bawa mobil dengan perlahan dan berbelok lah dengan santai agar tetap aman.


Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Mobil Hybrid Toyota


Itulah beberapa pertimbangan yang perlu banget diperhatikan bagi Tunas Friends yang tengah berencana untuk memasang rak sepeda di bagian atas atau belakang mobil. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Tunas Friends, ya!


Tunas Friends juga berencana membeli mobil? Kunjungi Tunas Toyota sekarang dan pilih produk yang sesuai kebutuhan! Atau, Tunas Friends sedang mencari layanan servis mobil yang bisa datang ke rumah? Booking di sini!


Sumber: Carmudi, GridOto, & Toyota

19 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company