top of page
Search
  • Admin

Cek 5 Komponen Ini Ketika Memasuki Musim Hujan

Updated: Nov 10, 2022


Mobil Hujan
Cek 5 Komponen Mobil Saat Hujan

Saat musim hujan tiba, pastinya Tunas Friends harus berkendara dengan lebih hati-hati lagi. Terlebih beberapa kota di Indonesia sedang sering sekali dilanda hujan deras dengan waktu yang cukup lama dan diberbagai lokasi.


Nah Tunas Friends, selain memperhatikan kondisi fisik kalian saat mengemudi, kalian juga harus sering cek beberapa komponen mobil yang akan digunakan agar bekerja secara optimal sehingga menjamin keamanan dan keselamatan pada saat hujan.


Baca juga: Mengenal cuci mobil hidrolik, inilah keunggulan dan kekurangannya


Lalu, apa saja sih komponen yang harus di cek? Yuk, Cek 5 Komponen Ini Ketika Memasuki Musim Hujan.


Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang paling penting karena ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan.


Baca juga: Berapa lama usia ban mobil harus diganti? inilah gejala yang muncul


Tunas Friends perlu memperhatikan bagian tapak ban, apakah tapak ban mobil masih memiliki kondisi yang baik atau tidak. Ketika tapak ban mobil terlihat sudah mulai menghilang atau aus, segera ganti ban mobil kalian karena dapat memberikan dampak mobil menjadi tidak memiliki grip lagi di aspal.


Hal tersebut sangat berbahaya karena pada saat melakukan pengereman atau belok, mobil menjadi mudah slip sehingga menyebabkan mobil kalian menjadi tergelincir.


Wiper Mobil

Wiper juga menjadi salah satu komponen yang penting di mobil. Wiper ini merupakan komponen yang membantu kita untuk menyapu air di kaca depan yang menghalangi pandangan kita pada saat berkendara.


Baca juga: Kenali ciri karet wiper calya yang mulai rusak


Maka dari itu karet disebut sebagai salah satu komponen penting. Kalian dapat cek karet wiper kalian masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak dengan melihat hasil dari sapuan wiper tersebut. Jika masih meninggalkan sisa air, mungkin karet wiper kalian sudah seharusnya diganti.


Karena wiper yang masih memiliki kondisi bagus pasti dapat menyapu seluruh air yang ada di kaca hingga tak menghalangi pandangan pengemudi.


Lampu Mobil

Lampu bukan hanya sebagai penerang jalan saja, melainkan bisa juga digunakan untuk berkomunikasi dengan pengendara lain. Lampu memang memiliki fungsi untuk membantu pengemudi saat kondisi langit sedang mendung atau malam.


Baca juga: Ingat! inilah pentingnya service lampu mobil


Jangan lupa juga untuk cek lampu depan, rem, senja, sein, dan hazard. Komponen ini juga menjadi salah satu yang paling penting untuk pengemudi. Banyak orang yang mengira bahwa pada saat hujan deras, lampu hazard dinyalakan.


Pernyataan itu salah karena fungsi yang sebenarnya dari lampu hazard yaitu untuk keadaan darurat saja. Jika kalian ingin menyalakan lampu depan sebaiknya saat pandangan kalian saat mengemudi mulai terbatas saja.


Defogger Mobil

Masih lumayan banyak orang yang belum mengetahui fungsi dari defogger. Defogger bukan hanya hiasan saja, melainkan fungsinya yaitu menghilangkan embun yang menghalangi pandangan kalian saat mengemudi dengan cara menghangatkan kaca sehingga embun hilang.


Baca juga: Sudah tau? Inilah penyebab dan cara mengatasi kaca mobil berembun


Fitur defogger ini merupakan teknologi yang sangat berguna pada saat hujan tiba. Jangan lupa cek mobil kalian yang memiliki defogger, apakah defogger tersebut masih berfungsi dengan baik atau harus dibawa ke bengkel.


Air Conditioner Mobil

Jika mobil kalian tidak memiliki defogger, alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan AC mobil. Saat hujan sering sekali terjadi embun pada kaca mobil. Hal itu disebabkan karena perbedaan suhu yang berada di luar kabin mobil dengan dalam kabin mobil.


Baca juga: 7 cara menghilangkan jamur pada kaca mobil


Hal tersebut mengakibatkan terjadinya embun pada kaca mobil, Pastikan kondisi AC mobil kalian menyala dengan suhu yang dingin sehingga suhu udara luar dan dalam kabin sama sehingga tidak muncul embun.


Untuk lebih memastikan kondisi mobil tetap prima ketika digunakan pada musim hujan, tunas friends bisa langsung mendatangi bengkel resmi tunas toyota untuk dilakukan pengeekan secara menyeluruh.


Baca juga: Ac mobil terasa bau? ternyata inilah 5 penyebabnya


Tunas Friends juga bisa memanfaatkan fitur booking servis via website tunas toyota, atau bisa juga dengan cara mengklik tombol di bawah ini.



0 comments
bottom of page