Search
  • Admin

7 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Updated: Sep 22


Membersihkan Jamur Pada Kaca Mobil
Membersihkan Jamur Pada Kaca Mobil

Akhir-akhir ini cuaca tidak dapat diprediksi. Terkadang di pagi hari panas, siang hujan, dan sore menjelang malam kembali panas. Bahkan panas matahari pada siang hari terkadang timbul hujan gerimis ataupun cukup deras.


Hal tersebut dapat membuat kondisi kendaraan kalian menjadi terganggu loh, salah satunya bisa timbul jamur pada kaca mobil akibat dari air hujan yang sudah mengering terlebih dahulu sebelum dibersihkan dari kaca mobil.


Cara Membersihkan Jamur Pada Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting saat kita berkendara. Bila kaca kalian ada jamur yang membekas, itu akan sangat mengganggu visibilitas kalian dalam berkendara. Berikut merupakan 7 cara menghilangkan jamur pada kaca mobil!


Baca juga: 6 aturan penggunaan kaca film mobil


Menggunakan Baking Soda

Baking powder merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara ini merupakan cara yang tidak membahayakan manusia karena bahan ini tidak menggunakan racun.


Bahan ini tidak hanya menghilangkan jamur saja, tetapi juga dapat mengangkat sisa lembab yang dapat memicu adanya jamur pada kaca.


Baca juga: 3 tips memilih kaca film toyota yaris


Menggunakan Minuman Bersoda

Kalian juga dapat menggunakan minuman bersoda sebagai pengganti Baking Soda. Ternyata menggunakan minuman bersoda ini juga ampuh loh untuk membersihkan jamur dari kaca.


Pertama, kalian harus membersihkan kaca mobil sampai kering dengan kain, setelah itu basahi kain dengan air soda, lalu kalian gosokkan secara lembut kain yang sudah dibasahi dengan air soda ke kaca mobil kalian.


Baca juga: Tips membersihkan noda pada kaca spion toyota calya


Tetapi kain yang sudah kalian basahi dengan air soda jangan dicampurkan dengan air biasa, karena kandungan soda pada kain akan berkurang jika dicampur dengan air biasa sehingga dapat mengurangi keefektifan dalam menghilangkan jamur pada kaca.


Gunakan Pembersih Jamur Khusus Kaca Mobil

Jika jamur pada kaca kalian sudah sangat parah, pastinya kalian harus menggunakan pembersih khusus untuk menghilangkan jamur.


Apabila kalian ingin membersihkan sendiri tanpa membawa mobil ke salon, kalian harus memperhatikan bahan apa saja yang digunakan. Jangan sampai yang tadinya kalian ingin membebaskan kaca dari jamur malah membuat kaca menjadi baret karena salah menggunakan bahan pembersih.


Baca juga: Fungsi spoiler pada toyota agya GR Sport


Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa menghilangkan jamur pada kaca mobil. Menggunakan pasta gigi merupakan salah satu cara alami yang cukup manjur untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Mengapa? Karena kandungan yang ada pada pasta gigi mampu membasmi jamur.


Caranya yaitu, kalian oleskan pasta gigi pada bagian kaca yang terkena jamur, setelah itu diamkan pasta gigi sampai mengering. Setelah pasta gigi mulai mengering, kalian bilas pasta gigi menggunakan kain yang lembut ditambah dengan air. Setelah itu keringkan kaca dengan kain yang lebih bersih lainnya.


Baca juga: Cara membersihkan lampu mobil


Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakain bukan hanya untuk membersihkan noda pada pakaian aja loh, melainkan bisa juga untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil kalian.


Caranya, ambil kain yang memiliki tekstur lembut, lalu basahi kain tersebut dengan cairan pemutih secukupnya, setelah itu gosokan secara perlahan pada bagian kaca yang ternodai oleh jamur sampai benar benar bersih. Jangan lupa! Gunakan kain bertekstur lembut agar tidak menimbulkan goresan pada kaca mobil.


Menggunakan Cuka Apel

Cara menggunakan cuka apel sebagai pembersih jamur pada kaca yaitu, mencampurkan 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air.


Lalu, celupkan kain bertekstur lembut ke dalam campuran itu. Setelah dicelupkan, gosokkan kain tersebut ke bagian kaca yang terkena jamur sampai jamur benar-benar bersih.


Baca juga: Kaca mobil baret? simak 5 cara efektif menghilangkan baret pada kaca mobil


Setelah noda jamur hilang dari kaca, segera keringkan kaca dengan kertas koran. Setelah itu langsung terlihat hasilnya, tidak ada lagi noda jamur yang menempel pada kaca mobil kalian.


Menggunakan Air Tembakau

Cara yang terakhir ini memiliki beberapa langkah yang harus kalian lakukan terlebih dahulu. Pertama, tembakau yang sudah kering harus direndam selama 15 menit dengan air bersih.


Setelah itu bersihkan terlebih dahulu kaca mobil yang terkena noda jamur menggunakan air dingin. Setelah air tersebut kering, langsung siramkan air rendaman tembakau tersebut ke kaca mobil yang terkena jamur.


Baca juga: Kenali ciri karet wiper calya yang mulai rusak


Kalian bisa menyiram air rendaman tembakau beberapa kali sampai jamur di kaca tersebut hilang. Setelah jamur pada kaca sudah mulai hilang, bilas lagi kaca mobil dengan air bersih dan lap sampai kering.


Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil, semoga membantu.

28 views0 comments