Search
  • Admin

6 Aturan Penggunaan Kaca Film Mobil

Updated: Nov 18


Pemasangan Kaca Film Mobil
Pemasangan Kaca Film Mobil

Setiap mobil tentu dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi para pemiliknya. Namun untuk menambah kenyamanan tersebut banyak yang melakukan pergantian kaca film mobil dengan tingkat gelap yang lebih tinggi untuk memberikan kenyamanan secara privasi, namun sudah sesuaikan penggunaan kaca film yang terlalu gelap ini? berikut ulasan mengenai aturannya.


Aturan Kaca Film Mobil

Sudah tahukan Tunas Friend ternyata penggunaan kaca film itu ada aturannya loh, salah satunya berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 mengenai penggunaan kaca pada Kendaraan, aturan tersebut berisi:


Baca juga: Kaca mobil baret? simak 5 cara efektif menghilangkan baret pada kaca mobil

  1. Kendaraan-kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan kaca depan, belakang, dan samping, kaca yang digunakan harus mengikuti beberapa persyaratan. Beberapa syarat tersebut adalah kaca terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah, harus tembus pandang dua arah, dan dilarang mengubah serta mengganggu bentuk-bentuk orang atau benda-benda yang terlihat melalui kaca tersebut.

  2. Penggunaan kaca berwarna atau kaca berlapis pewarna (film coating) diperbolehkan untuk kendaraan bermotor, asalkan kaca tersebut dapat tembus cahaya dengan persentase penembusan tidak boleh kurang dari 70%.

  3. Terdapat pengecualian untuk kaca bagian depan dan belakang. Khusus untuk kedua kaca ini, bahan yang digunakan harus memiliki persentase penembusan cahaya tidak kurang dari 40% sepanjang sisi atas (bagian kaca), yang lebarnya tidak lebih dari sepertiga tinggi kaca yang bersangkutan.

Baca juga: Cara mudah melepas stiker yang sudah lama pada kaca mobil


Seperti dimaksud pada poin sebelumnya, Kaca film diharuskan agar tidak menimbulkan pemantulan-pemantulan cahaya baru selain pantulan yang biasa terjadi pada kaca-kaca bening.

  1. Dilarang menempatkan sesuatu pada kaca-kaca kendaraan bermotor. Seperti stiker dan tempelan, terkecuali untuk demi pemerintah yang penempatannya tidak mengganggu kebebasan dan jarak pandang pengemudi. Hal ini berlaku untuk seluruh bagian kaca.

  2. Persentase visibilitas cahaya yang disebutkan pada poin sebelumnya merupakan angka yang menunjukkan perbandingan antara jumlah cahaya setelah menembus kaca tembus pandang dan jumlah cahaya sebelum menembus kaca yang bersangkutan.


Aturan tersebut dibuat tentu untuk memberikan keamanan namun juga tetap mempertimbangkan kenyamanan pemilik kendaraan. jika sudah mengetahui aturannya, kita akan membahas sedikit mengenai tips memilih kaca film mobil untuk Toyota Venturer.


Baca juga: 7 cara menghilangkan jamur pada kaca mobil


Tips memilih Kaca Film Mobil Toyota Venturer

Toyota Venturer memang dikenal sebagai mobil keluarga yang tergolong mewah dan sangat memperhatikan kenyamanan bagi pemiliknya. Tipe tertinggi dari Toyota Innova ini juga memberikan tampilan yang yang elegan dan modern, untuk menambah kenyamanan dan tampilan yang lebih menarik berikut ini tips memilih kaca film mobil venturer 2021.

Sesuaikan Dengan Budget

Saat ini dipasaran banyak tersedia berbagai jenis serta merek dari kaca film, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam memilih kaca film adalah menyesuaikan dengan budget serta kebutuhan.


Baca juga: 3 tips memilih kaca film toyota yaris 2021


Ketika Budget dan kebutuhan sudah disesuaikan barulah kita bisa menentukan jenis dan merek yang kita inginkan.

Mampu menolak sinar matahari

Setelah menentukan budget, saatnya menentukan jenis kaca film. Hal yang perlu diperhatikan pada dasarnya adalah kemampuan dari kaca film untuk menolak sinar matahari yang masuk ke kabin mobil venturer ini.


Baca juga: 5 kelebihan toyota innova venturer


Selain menghalangi sinar matahari yang mengganggu pengemudi ketika berkendara, kemampuan menolak sinar matahari ini juga sangat berguna untuk mengurangi suhu panas pada bagian kabin yang diakibatkan sinar matahari yang masuk.

Kaca Film dengan Visibilitas Sesuai Aturan

Ketika aspek budget dan kemampuan kaca film dalam menahan sinar matahari, barulah kita dapat menentukan visibilitas kaca film mobil yang diinginkan. perlu diingat kembali dalam memilih visibilitas perlu juga memperhatikan aturan yang sudah ditentukan.


Jangan sampai visibilitas yang terlalu gelap justru membahayakan pengemudi maupun penumpang ketika berkendara. Perhatikan juga kondisi kaca film saat digunakan pada malam hari dan juga situasi jalanan hujan.


Baca juga: Spesifikasi lengkap toyota venturer diesel dan harga innova venturer


Visibilitas kaca film dengan persentase diatas 70 mungkin memang kana memberikan kenyamanan secara privasi, namun perlu dipertimbangkan juga aspek keamanan dan keselamatan yang dijelaskan diatas tadi.


Pilih juga jasa penjualan dan pemasangan kaca film mobil yang sudah terpercaya dan memberikan kualitas yang baik, agar proses pemasangan memberikan hasil yang maksimal. Selain itu juga selalu perhatikan kondisi kaca film salah satunya dengan melakukan perawatan yang baik.


Baca juga: Inilah penyebab dan cara mengatasi kaca mobil berembun


Itulah informasi mengenai aturan serta tips pemilihan kaca film mobil Toyota Venturer. Sedikit info bagi yang masih menjadikan venturer sebagai mobil impiannya, Harga mobil Toyota Venturer dibanderol mulai dari 419.700.000 hingga 468.500.000.


Sedangkan harga Toyota Innova 2021 dibanderol mulai dari ​​326.400.000 hingga 417.200.000.


Apabila Tunas Friend membutuhkan informasi lainnya bisa langsung mengklik link dibawah ini untuk informasi seputar mobil venturer maupun mobil innova.


0 comments